Proses evakuasi korban gempa di Cianjur, Jawa Barat, Selasa (22/11/2022). (Foto: Parboaboa/Andre Simanungkalit)

Update Gempa Cianjur, BNPB: 107 Korban Meninggal Dunia Belum Teridentifikasi

Maesa | Nasional | 24-11-2022

PARBOABOA, Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, dari 272 korban meninggal dunia akibat gempa bumi yang terjadi di Cianjur, Jawa Barat, 107 diantaranya belum teridentifikasi.

"Dari 272 ini yang sudah dapat diidentifikasi by name by address-nya ada 165 orang, sementara yang masih kita cari terus siapa ini jenazahnya identitasnya masih ada 107 jenazah," kata Letjen TNI Suharyanto dalam konferensi pers, Kamis (24/11/2022) sore.

Suharyanto mengimbau kepada warga Cianjur yang merasa kehilangan anggota keluarga untuk melapor ke petugas di posko dengan memberikan informasi berupa nama, tempat tinggal, ciri-ciri, serta jenis kelamin korban. Kemudian, lanjut Suharyanto, untuk masyarakat yang anggota keluarganya telah meninggal dunia dan sudah teridentifikasi agar segera mengurus surat keterangan kematian di fasilitas kesehatan setempat dengan meminta bantuan kepada kepala desa.

“Ini mohon kepala desa membantu, kenapa ini perlu (surat keterangan kematian)? Karena ini terkait bantuan dan santunan atau asuransi jiwa misalnya itu semuanya salah satu syaratnya adalah surat kematian yang dikeluarkan dari fasilitas kesehatan setempat,” tutur Suharyanto.

BNPB juga mencatat, terdapat sebanyak 56.331 rumah yang rusak akibat gempa yang terjadi pada Senin (21/11/2022) siang. Jumlah itu terdiri dari 22.267 rumah rusak berat, 11.836 rumah rusak sedang, dan 22.208 rumah rusak ringan.

Tag : #gempa cianjur    #bnpb    #nasional    #gempa    #jawa barat    #letjen tni    #surat keterangan kematian   

Baca Juga