Ilustrasi wanita sedang make up

Urutan Make Up yang Benar Untuk Remaja

Sondang | Hiburan | 25-02-2022

PARBOABOA, Siantar - Semua wanita tentu ingin terlihat cantik setiap saat. Selain melakukan oplas (operasi plastik), wajah cantik bisa didapatkan hanya dengan memakai make up.

Sebenarnya, make up merupakan bagian dari seni, di mana prosesnya dapat mengubah penampilan dari bentuk asli ke tampilan lain dengan bantuan alat dan kosmetik.

Tak hanya skincare, dalam dunia make up juga memiliki urutan agar hasilnya seperti yang diinginkan. Bagi yang belum tahu, yuk simak urutan make up yang benar untuk remaja!

Urutan Make Up yang benar untuk remaja:

1. Membersihkan wajah

Sudah pasti hal yang pertama adalah membersihkan wajah. Langkah ini sangat perlu untuk melunturkan kotoran, sebum, dan sel kulit mati pada wajah agar tidak menyumbat pada pori-pori wajah dan menimbulkan jerawat setelah make up diaplikasikan.

2. Menggunakan skincare

Menggunakan skincare juga akan mengurangi risiko wajah dari kerusakan seperti minyak, jerawat, dan lainnya. Mengaplikasikan skincare wajah harus dilakukan secara berurutan. Diawali dengan toner, lotion, eye cream, serum, pelembab hingga sunscreen. Untuk urutan skincare bisa dilihat di sini!

3. Base make up

Demi menunjang tampilan makeup yang sempurna, kamu bisa menggunakan base makeup yang ringan seperti Beauty Balm alias BB cream. Formula yang terdapat pada BB cream serupa dengan tinted moisturizer atau pelembab, hanya saja BB cream memiliki warna-warna kulit. Bagi pemilik jenis kulit cenderung normal disarankan untuk menggunakan BB cream karena dapat mencerahkan dan melembabkan kulit.

Sedangkan, bagi remaja yang memiliki jenis kulit berminyak dan kombinasi ada baiknya memilih menggunakan CC cream. Karena CC cream mengandung vitamin C dan E sehingga membantu meratakan kulit dan sedikit mengandung minyak.

4. Loose powder (Bedak tabur)

Ada berbagai macam powder atau bedak yang mudah kita temukan. Misalnya seperti loose powder, compact powder, dan two way cake. Dari ketiga jenis bedak tersebut, untuk look yang natural, pilihlah loose powder. Teksurnya yang ringan akan membantu mengunci makeupmu agar tidak mudah luntur dan awet. Loose powder juga bisa menyerap minyak, sehingga wajahmu bebas kilap. Untuk hasil yang lebih baik, kamu bisa menggunakan brush.

5. Blush On (Perona pipi)

Setelah menggunakan bedak, urutan make up yang benar untuk pemula adalah mengaplikasikan blush on. Blush on merupakan pewarna pipi yang digunakan untuk menambah rona warna pada wajah, khususnya daerah pipi.

Blush on memiliki beberapa tekstur yang dipilih, seperti padat, krim, dan juga cair. Sesuaikan tekstur blush on dengan kondisi kulit agar menunjang riasan wajah lebih baik.

6. Pensil alis

Memberi warna dan bentuk untuk mempertegas alis adalah hal penting yang harus dilakukan dalam urutan make up yang benar.

Ada beberapa bentuk pewarna alis, misalnya pensil, powder, dan gel. Berlatihlah mewarnai alis dengan senatural mungkin, tidak terlalu tebal, dan ikuti bentuk alami alis.

7. Eye shadow

Gunakan eyeshadow untuk pewarnaan pada kelopak mata. Ada berbagai macam pilihan warna eyeshadow yang bisa kamu padu padankan supaya terlihat lebih menarik.

Agar lebih tahan lama dan warna eye shadow lebih keluar, gunakan eyeshadow primer atau concealer terlebih dahulu sebelum memakainya.

8. Eyeliner

eyeliner dapat membantu mempertegas bentuk mata dan membuatnya terlihat tajam serta menarik secara instan. Untuk hasil yang natural, kamu cukup buat garis di atas bulu mata.

9. Maskara

Sebelum menggunakan maskara, kamu wajib menjepit bulu mata dengan penjepit agar lebih mudah ketika mengaplikasikan maskara. Sapukan maskara mulai dari pangkal bulu dengan gerakan zig-zag dan arahkan naik. Selain melentikkan, maskara juga membuat bulu mata terlihat bervolume dan lebih tebal.

10. Perona bibir

Untuk sentuhan terakhir, kamu harus menggunakan perona bibir seperti menggunakan lipstik, lipcream, liptint, lipmatte dan sebagainya. Untuk hasil natural, disarankan menggunakan perona bibir warna nude.

Itulah seputar urutan make up yang benar untuk remaja. Selamat mencoba!

Tag : #make up    #tata rias wajah    #tutorial   

Baca Juga