Urutan Pangkat Polisi dari Tertinggi sampai Terendah (Dok:Parboaboa)

Calon Polisi? Simak Urutan Pangkat Polisi dari Tertinggi sampai Terendah

Ester | Pendidikan | 14-07-2022

PARBOABOA – Polisi adalah salah satu profesi di Indonesia yang memiliki banyak tingkatan dan cukup disegani oleh masyarakat. Untuk mengetahui tingkatan apa sajakah itu, di bawah ini Parboaboa sudah memberikan ulasan mengenai urutan pangkat Polisi dari tertinggi sampai terendah.

Memiliki profesi layak dan sesuai dengan keinginan kita sendiri adalah salah satu cita-cita banyak orang saat ini. Terlebih di era modern sekarang, ada banyak sekali pekerjaan baru yang sudah lahir di Indonesia dengan berbagai macam keahlian yang berbeda-beda.

Untuk mendapatkan pekerjaan yang layak, tentu setiap orang perlu mengemban pendidikan terlebih dahulu, baik itu lulus dari SMA/SMK, kuliah, dan lain sebagainya. Tidak bisa dipungkuri, seseorang yang lulus dari jurusan kuliah yang mudah mendapatkan pekerjaan akan lebih mudah untuk memiliki pekerjaan yang layak untuk dirinya sendiri.

Akan tetapi, tidak semua orang memiliki nasib serupa. Di beberapa kejadian, ada sejumlah orang yang baru saja lulus SMA/SMK sudah mendapatkan pekerjaan yang layak dibandingkan harus berkuliah terlebih dahulu. Salah satunya adalah dengan menjadi seorang Polisi.

Seperti yang kita ketahui, salah satu diantara banyaknya profesi yang diidamkan banyak orang terlebih masyarakat Indonesia adalah menjadi bagian dari Kepolisian Nasional Indonesia (Polri) atau yang sering kita sebut Polisi.

Kepolisian Republik Indonesia atau Polri adalah Kepolisian Nasional di Indonesia yang bertugas di bawah naungan Presiden. Polri memiliki moto yakni Rastra Sewakotama yang memiliki arti Abdi Utama bagi Nusa Bangsa.

Tugas utama Polisi adalah memelihara keamanan, menertibkan masyarakat, menegakkan hukum, memberikan perlindungan, memberikan pelayanan kepada masyarakat, dan masih banyak lagi. Saat ini, Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia (Mabes Polri) berada di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Melihat pentingnya dari tugas seorang Polisi dalam masyarakat, tidak heran mengapa banyak sekali orang-orang diluar sana terkhusus para pelajar yang bercita-cita menjadi seorang Polisi. Mungkin salah satunya adalah kamu?

Nah, jika kamu adalah salah satu diantara ribuan orang yang ingin menjadi seorang Polisi maka kamu perlu membaca ulasan kami di bawah ini. Selain belajar akademik, fisik, dan persiapan lain untuk tahap ujian Polri, kamu perlu mengetahui seluk beluk mengenai Kepolisian Indonesia.

Salah satunya adalah urutan pangkat Polisi. Polisi memiliki beberapa tingkatan yang berbeda jenis. Semua tingkatan pangkat Polisi itu mempunyai masa dan porsi pendidikan yang berbeda. Penetapan tingaktan pangkat dari seorang Polisi sudah diatur dalam Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia (PERKAP).

Struktur jabatan dan pangkat Polisi ini diberlakukan sejak 1 Januari 2001 lalu. Saat itu, TNI dan Polri dipisahkan dan memiliki tanda kepangkatannya sendiri. Menurut Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2016 tentang Administrasi Kepangkatan Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam BAB II tentang Golongan Kepangkatan apsal 3, golongan tingkatan Polisi adalah:

  1. Perwira
  2. Bintara
  3. Tamtama

Urutan Pangkat Polisi Perwira

Berdasarkan Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2016 Pasal 4, pangkat Polisi yang paling tinggi adalah Golongan Perwira. Golongan ini memiliki beberapa bagian lagi yakni:

  • Jenderal Polisi lambangnya 4 bintang emas.
  • Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol) lambangnya 3 bintang emas.
  • Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) lambangnya 2 bintang emas.
  • Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol) lambangnya 1 bintnag emas.
  • Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) lambangnya 3 diamond emas.
  • Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) lambangnya 2 diamond emas.
  • Komisaris Polisi (Kompol) lambangnya 1 diamond emas.
  • Ajun Komisaris Polisi (AKP) lambangnya 3 balok berwarna emas.
  • Inspektur Polisi Satu (Iptu) lambangnya 2 balok berwarna emas.
  • Inspektur Polisi Dua (Ipda) lambangnya 1 balok berwarna emas.

Urutan Pangkat Polisi Bintara

Berdasarkan Kepangkatan Bintara menurut Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2016 Pasal 5, Bintara memiliki 2 tingkatan berbeda dan di dalamnya masih dibagi kedalam beberapa golongan yakni:

  • Ajun Inspektur Polisi Satu (Aiptu) lambangnya adalah 2 balok bergelombang warna perak.
  • Ajun Inspektur Polisi Dua (Aipda) lambangnya adalah 1 balok bergelombang warna perak.
  • Brigadir Polisi Kepala (Bripka) lambangnya 4 balok panah warna perak.
  • Brigadir Polisi (Brigpol) lambangnya 3 balok panah warna perak.
  • Brigadir Polisi Satu (Briptu) lambangnya 2 balok panah warna perak.
  • Brigadir Polisi Dua (Bripda) lambagnnya 1 balok panah warna perak.

Urutan Pangkat Polisi Tamtama

Terakhir adalah, urutan pangkat polisi Tamtama di dalam Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2016 Pasal 6 adalah:

  • Ajun Brigadir Polisi (Abrip) lambangnya adalah 3 balok panah warna merah.
  • Ajun Brigadir Polisi Satu (Abriptu) lambangnya 2 balok panah warna merah.
  • Ajun Brigadir Polisi Dua (Abripda) lambangnya 1 balok panah warna merah.
  • Bhayangkara Kepala (Bharaka) lambangnya 3 balok miring warna merah.
  • Bhayangkara Satu (Bharatu) lambangnya 2 balok miring warna merah.
  • Bhayangkara Dua (Bharada) lambangnya 1 balok miring warna merah.

Nah, itulah urutan pangkat Polisi dari tertinggi hingga terendah. Setiap tingkatan yang ada di dalam Kepolisan Indonesia memiliki tugas yang berbeda-beda. Jadi, tidak semua Polisi yang sering kamu temui di lapangan atau di kantor Kepolisian memiliki peran yang sama.

Sekarang sudah pahamkan pangkat Polisi di Indonesia? Semoga ulasan kami dapat bermanfaat dan menambahwa ilmu pengetahuan kamu. Selamat membaca!

Tag : #polisi    #polri    #pendidikan    #pangkat    #pekerjaan    #mabes    #pangkat polisi    #sma   

Baca Juga