Urutan susunan planet terbesar sampai terkecil dalam tata surya(by brgfx/Freepik)

Urutan Planet Terkecil sampai Terbesar dalam Susunan Tata Surya

Wulan | Pendidikan | 14-05-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar – Ada banyak sekali fakta-fakta menarik seputar luar angkasa yang akan membuat kita semua takjub sekaligus merasa bingung.

Mulai dari keindahan cincin Saturnus, Mars yang berwarna merah, raksasa Jupiter, dan hal yang unik lainnya di tatat surya.

Salah satu hal yang menakjubkan adalah perbedaan ukuran planet tata surya, mulai dari planet terbesar hingga planet terkecil.

Mungkin manusia berpendapat bahwa Bumi adalah planet yang sangsat besar, namun jika kita lihat dari kejauhan, ada banyak planet yang memiliki ukuran yang jauh lebih besar dari Bumi.

Dilansir dari NASA, Planet di tata surya dengan ukuran terbesar adalah Jupiter dan planet dengan ukuran terkecil adalah Merkurius.

Selengkapnya, berikut adalah deretan planet berdasarkan ukuran yang  terkecil sampai terbesar.

1. Merkurius

Planet terkecil dalam susunan tata surya ini letaknya paling dekat dengan matahari. Merkurius memiliki ukuran diameter 4.879 kilometer atau 38% dari ukuran Bumi.

Jika dilihat, penampakan matahari dari planet ini akan telihat dua kali lebih besar daripada penampakan matahari yang dilihat dari Bumi. Tidak ada kehidupan apapun di planet ini, karena suhu disiang harinya mencapai 427 derajat Celcius dan 184 derajat Celcius pada malam hari.

2. Mars

Planet yang berada dalam urutan keempat pada susunan tata surya ini memiliki diameter ukuran 6.779 kilometer atau 53% dari ukuran Bumi.

Planet yang satu ini juga mendapat julukan sebagai planet merah yang memeiliki suhu 50 sampai 60 derajat Celcius pada siang hari dan 100 derajat Celcius pada malam hari.

3. Venus

Venus seringkali dijuluki sebagai planet yang mirip dengan Bumi, namun planet yang berwarna putih ini tidak bisa ditinggali oleh makhluk hidup. Hal itu terjadi karena 96% atmosfernya merupakan karbon dioksida.

Planet ini memiliki ukuran diameter 12.104 kilometer atau 95% dari ukuran Bumi. Letak planet cukup dekat matahari dan menjadi planet terpanas dengan suhunya yang mencapai 400 derajat Celcius.

4. Bumi

Bumi menjadi satu-satunya planet yang dapat ditinggali oleh makhluk hidup. Bumi sendiri memiliki ukuran diameter kurang lebih 12.742 kilometer.

Jaraknya yang cukup jauh dengan matahari, membuat Bumi membutuhkan waktu lebih lama untuk mengelilingi matahari jika dibandingkan Venus yaitu 365,26 hari.

5. Neptunus

Planet Neptunus memiliki ukuran diameter 49.244 km atau 388% dari ukuran Bumi. Letaknya yang paling jauh dari matahari membuat Neptunus memiliki 17 kali massa Bumi.

Suhu yang ada di planet ini bisa menyentuh angka -218 derajat Celcius yang menjadikannya sangat dingin dan suhu terhangatnya yaitu -200 derajat Celcius.

6. Uranus

Planet yang berada di urutan ketujuh dalam susunan tata surya ini memiliki diameter 50.724 kilometer atau 400% dari ukuran Bumi.

Uranus memiliki massa 14 kali lebih besar daripada massa Bumi. Suhu yang ada pada planet ini mencapai 224 derajat Celcius yang membuat planet ini menjadi sangat dingin.

7. Saturnus

Saturnus menjadi planet terbesar kedua setelah Jupiter dengan diameter ukuran 116.464 kilometer atau 945% dari ukuran Bumi. Sebagian besar susunan pada planet Saturnus ini berupa cairan dan gas yang memiliki kerapatan sangat rendah.

Planet dengan urutan keenam dalam susunan tata surya ini dikenal sebagai planet terindah karena diputari oleh cincin. Meskipun ada beberapa planet yang juga memiliki cincin, namun tidak ada yang seindah cincin Saturnus.

8. Jupiter

Planet Jupiter adalah planet terbesar dalam susunan tata surya yang memiliki ukuran diameter 139.822 kilometer atau 1.120% dari ukuran Bumi.

Jupiter yang merupakan planet terbesar dalam susunan tata surya ini memiliki 67 satelit. Salah satu satelit terbesarnya adalah Ganymede. Ukuran dari Ganymede bahkan lebih besar dibandingkan Merkurius.

Tag : #planet    #urutan planet    #pendidikan    #planet terbesar dan terkecil    #merkurius    #mars    #venus    #bumi    #neptunus    #uranus   

Baca Juga