Narendra Modi Stadium. (Dok: Business Today)

Urutan Stadion Terbesar di Dunia 2022, Sudah Pernah Lihat Belum?

Sondang | Internasional | 12-05-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar – Bagi pecinta bola pasti sudah tidak asing dengan kata stadion. Eits, tapi jangan salah, stadion bukan hanya tempat bermain bola loh.

Stadion adalah sebuah bangunan yang umumnya digunakan untuk menyelenggarakan acara olahraga dan konser, di mana di dalamnya terdapat lapangan atau pentas yang dikelilingi tempat berdiri atau duduk bagi penonton.

Setiap negara setidaknya memiliki sebuah stadion dengan kapasitas tertentu. Namun menariknya, terdapat beberapa negara yang memiliki stadion terbesar di dunia.

Lantas, stadion apa sajakah itu?

5 Stadion Terbesar di Dunia 2022

1. Narendra Modi Stadium – India

Stadion yang kini menempati urutan pertama sebagai stadion terbesar di dunia adalah Narendra Modi Stadium. Stadion ini terletak di dalam Sardar Vallabhbhai Patel Sports Enclave di Ahmedabad, India.

Stadion ini dibangun pada tahun 1983 dan dimiliki oleh Asosiasi Kriket Gujarat. Namun pada 2015, Stadion Narendra Modi ditutup dan dibongkar untuk dibangun kembali pada Februari 2020.

Dilansir dari Gujarat Cricket Association, Stadion Narendra Modi merupakan stadion kriket terbesar di dunia. Selain kriket, stadion ini juga telah menyelenggarakan beberapa program Pemerintah Gujarat dan menjadi tuan rumah pertandingan selama Piala Dunia Kriket 1987, 1996, dan 2011.

Narendra Modi Stadium merupakan stadion yang dapat menampung sebanyak 132 ribu penonton. Dengan lahan seluas 63 hektar, stadion ini memiliki tiga titik masuk dan jalur metro.

Selain itu, Narendra Modi Stadium ini berisi 76 kotak mewah untuk penonton yang masing-masing dapat menampung 25 orang, 55 kamar clubhouse, kolam renang ukuran Olimpiade, dan empat ruang ganti.

2. Rungrado May Day Stadium - Korea Utara

Selanjutnya ada Rungrado May Day Stadium atau Stadion Hari Buruh Rungrado yang menempati posisi kedua sebagai stadion terbesar di dunia.

Stadion yang terletak di Pulau Rungra, Pyongyang, Korea Utara ini mampu menampung sebanyak 114 ribu penonton. Bahkan, luasnya saja mencapai 20,7 hektar.

Awalnya, Stadion Hari Buruh Rungrado ini dapat berkapasitas 150.000 penonton. Tetapi, setelah perombakan pada tahun 2014 yang mencakup penggantian beberapa tempat duduk, kapasitasnya pun berkurang.

Jika dilihat dari atas, stadion ini berbentuk seperti parasut, meskipun awalnya dirancang untuk menyerupai bunga magnolia.

Sesuai namanya, Stadion Hari Buruh Rungrado diselesaikan pada 1 Mei 1989 dan digunakan untuk berbagai jenis acara olahraga, termasuk pertandingan sepak bola. Namun, stadion ini lebih sering digunakan untuk parade militer.

3. Michigan Stadium - Amerika Serikat

Lanjut, Michigan Stadium berada di posisi ketiga sebagai stadion terbesar di dunia. Stadion ini merupakan stadion sepak bola untuk Universitas Michigan di Ann Arbor, Michigan, Amerika Serikat.

Stadion Michigan dijuluki “The Big House” karena ukurannya yang sangat besar sehingga menjadi stadion terbesar di Amerika Serikat.

Stadion ini berkapasitas 107.601 tempat duduk. Namun, Michigan Stadium pernah menampung lebih dari 115.000 orang.

Saat ini, Stadion Michigan sering digunakan untuk upacara kelulusan utama bagi mahasiswa Universitas Michigan.

4. Beaver Stadium - Amerika Serikat

Beaver Stadium adalah stadion terbesar keempat di dunia. Stadion ini merupakan stadion sepak bola yang terletak di kampus Pennsylvania State University, Amerika Serikat.

Awalnya, Stadion Beaver hanya dapat menampung 30.000 penggemar. Pihak universitas kemudian memutuskan untuk membongkar stadion dan terus meningkatkan dan memperluas ukurannya hingga saat ini mampu menampung 106.572 tempat duduk.

Karena ukurannya, Stadion Beaver dinobatkan sebagai salah satu tempat paling menakutkan bagi tim lawan untuk bermain.

5. Ohio Stadium - Ohio

Terakhir, Ohio Stadium menempati posisi kelima sebagai stadion terbesar di dunia. Stadion Ohio adalah sebuah stadion sepak bola Amerika yang terletak di kampus Ohio State University di Kota Columbus, Ohio.

Dengan kapasitas tempat duduk mencapai 102.780, Stadion Ohio merupakan fasilitas kampus terbesar ketiga di AS.

Selain digunakan sebagai arena olahraga, Stadion Ohio juga menjadi tempat konser sejumlah musisi, seperti U2, Taylor Swift, The Rolling Stones, Genesis, Pink Floyd, dan Metallica.

Nah, itulah deretan stadion terbesar di dunia. Kamu suka yang mana nih?

Tag : #stadion    #stadium    #internasional    #india    #korea utara    #amerika serikat    #ohio   

Baca Juga