Mario Suryo Aji, pebalap Indonesia yang turun di moto3.

Usai Moto3 Emilia Romagna, Pebalap Indonesia Mario Suryo Aji Akan Jajal Moto3 Portugal

Maraden | Olahraga | 27-10-2021

PARBOABOA – Pebalap muda Indonesia Mario Suryo Aji berkesempatan merasakan sensasi race di kelas Moto3. Pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT) itu mendapatkan kesempatan tampil melalui wildcard di GP Italia pada 24 Oktober lalu dan juga di Portugal november nanti.

Pebalap yang berjuluk Super Mario itu menjadi satu-satunya pembalap Indonesia yang mendapatkan wildcard tanpa menggantikan pembalap lain di ajang Grand Prix hingga dua race.

Pembalap 17 tahun ini mengaku gembira atas kesempatan emas yang ia dapatkan di ajang balap kelas dunia yang diimpikan banyak pebalap dari seluruh dunia. Dia mengaku sangat menikmati tantangan saat tampil di Moto3. Turun bersama Honda Team Asia sebagai wildcard, Super Mario mampu mengisi posisi keempat pada sesi latihan pertama dengan raihan waktu tercepat 1 menit 53.429 detik.

Pada latihan bebas kedua, Mario yang menunjukkan performa yang lebih baik bahkan sempat mengisi posisi pertama pada beberapa lap, namun pada percobaan kedua Mario harus terjatuh dan harus keluar pit.

Namun Mario mengaku senang bisa tampil bersama pembalap top di kelas Moto3. Pembalap 17 tahun itu akhirnya harus memulai balapan dari grid ke-23. Balapan di lintasan kering, jelas berbeda kala latihan dan kualifikasi di kondisi basah. Dia finish di posisi 21, jauh dari zona 15 besar untuk mendulang point. Hanya saja ia memandang sisi positif yang ia dapatkan. 

"Saya menyukai sensasi berada di tengah pembalap top GP Moto3. Seru sekali rasanya. Saya pun dapat menikmati kondisi track yang basah," tutur Mario.

Mario merupakan jebolan Astra Honda Racing School pada 2016. Performa menjanjikan yang selalu ditampilkan oleh pemuda asli Jawa Timur ini, membuka jalan bagi dirinya dalam menapaki jenjang balap yang disusun oleh PT Astra Honda Motor (AHM).

Saat ini, Mario masih akan menjalani sisa dua balapan FIM CEV Moto3 Junior World Championship tahun ini dengan menempati posisi ke-9 pada klasemen sementara. Peluang Mario untuk terus menembus posisi 5 besar klasemen FIM CEV Moto3 pun semakin terbuka.

Tag : olahraga, moto3, mario suryo aji, moto3 emilia romagna, moto3 catulunya

Berita Terkait