Presiden Jokowi yang sedang menikahkan adiknya dengan Ketua Mahkamah Konstitusi, Anwar Usman (JSNews/Ando)

Usai Ijab Kabul, Adik Jokowi dan Ketua MK Langsung Terima KK dan KTP

Wulan | Nasional | 26-05-2022

PARBOABOA, Jakarta – Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman resmi menikah dengan adik kandung Presiden Jokowi, Idayati di Gedung Graha Saba Buana, Solo Kamis (26/5/2022). Keduanya langsung mengantongi Kartu Keluarga (KK) dan KTP yang sudah diperbarui.

KTP beserta KK Usman dan Idayati diserahkan langsung oleh Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrullah.

"Kepada Dirjen Dukcapil Kemendagri, Bapak Zudan Arif Fakrullah dipersilakan untuk menyerahkan Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga kepada kedua mempelai," ucap pembawa acara.

Penyerahan dilakukan tepat setelah ijab kabul selesai. Adapun pernikahan Idayati dan Anwar Usman berlancar lancar. Jokowi selaku wali nasab dari Idayati menikahkan sendiri adiknya.

"Saudara Profesor Doktor Anwar Usman bin Usman SH MH, saya nikahkan dan saya jodohkan dengan saudari perempuan saya, Idayati binti Notomiharjo, dengan mas kawin berupa seperangkat alat salat dan sebuah jam tangan dibayar tunai," kata Jokowi.

Kemudian Usman pun langsung menjawab dengan lancar.

"Saya terima nikahnya dan jodohnya, Idayati binti Notomiharjo, dengan mahar tersebut, tunai," jawab Anwar Usman.

Usai akad nikah, kedua mempelai menerima buku nikah yang diserahkan oleh Kepala KUA Banjarsari, Kota Solo, Arbain Basyar.

Penyerahan KTP dan KK setelah prosesi akad nikah di Solo adalah sebuah hal yang dianggap biasa, ini merupakan bentuk kerjasama antara Pemerintah Kota dengan KUA.

Dengan adanya program tersebut, seluruh warga yang menikah di Solo bisa langsung mendapat buku nikah, KK dan KTP dengan data administrasi kependudukan yang termutakhir tanpa harus bersusah payah mengurus ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) kota Solo.

Tag : #anwar usman    #idayati    #nasional    #ketua mk anwar usman    #adik kandung presiden jokowi    #solo    #pernikahan adik jokowi   

Baca Juga