Vaksinansi dosis ketiga terhadap nakes di RSUP Adam Malik Medan.

Vaksinasi Dosis Ketiga Sudah Mulai Diberikan Kepada Nakes di Medan

maraden | Daerah | 04-08-2021

PARBOABOA, Medan Vaksin dosisi ketiga yang disebut juga sebagai booster vaksin COVID-19 mulai diberikan terhadap tenaga kesehatan (Nakes) di kota Medan.

Ratusan tenaga kesehatan yang bertugas di Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUP Adam Malik), Kota Medan mulai divaksinasi dosis ketiga, Selasa 3 Agustus 2021.

Vaksinasi dosis ketiga ini dilaksanakan di rumah sakit milik Kemenkes itu menggunakan vaksin Moderna yang merupakan hibah dari Covax Facility, Amerika Serikat.

Kita sudah menerima vaksin Moderna dari Jakarta yang didistribusikan melalui Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, kita langsung melakukan vaksinasi booster bagi nakes ini di Gedung Paviliun, Instalasi Pelayanan Eksekutif RSUP HAM, kata Rosario Dorothy Simanjuntak, Sub Koordinator Hukormas RSUP Adam Mali.

Sebanyak 117 nakes menerima vaksin booster pada hari petama vaksinasi. Untuk selanjutnya tim vaksinator COVID-19 RSUP Adam Malik sudah menjadwalkan akan melakukan vaksinasi booster ini setiap hari sampai tanggal 07 Agustus 2021 dengan kuota 300 nakes per harinya.

Rosario mengungkapkan pelaksanaan vaksinasi booster ini ditargetkan akan selesai pada awal September mendatang.

"Ada sebanyak 3.873 nakes di RSUP Adam Malik yang sudah menerima vaksin COVID-19 dosis kedua dan memenuhi syarat untuk mendapatkan vaksinasi booster," ujar Rosario.

Jumlah tersebut, termasuk juga asisten nakes dan tenaga pendukung lainnya yang bekerja di rumah sakit ini. Sedangkan kuota vaksin Moderna yang diterima dari Kementerian Kesehatan RI adalah sebanyak 280 vial untuk penyuntikan 3.920 dosis.

Selain vaksinasi nakes dosis ketiga, dalam kesemptan itu RSUP H Adam Malik juga masih melayani vaksinasi dosis kedua bagi masyarakat umum yang sudah menjalani vaksinasi dosis pertama. Vaksinasi COVID-19 dosis kedua ini dilakukan sesuai dengan jadwal masing-masing.

Sedangkan untuk vaksinasi COVID-19 dosis pertama bagi masyarakat umum, untuk sementara ini ditunda karena stok vaksin dosis ini telah habis dan harus menunggu sampai stok vaksin dikirim dari Jakarta.  

Tag : #daerah    #covid19    #kesehatan   

Baca Juga