Tangkapan layar video penemuan minyak goreng di SPBU Aceh

Puluhan Drum Minyak Ditemukan di SPBU Aceh, Dipastikan Bukan Penimbunan

Rini | Ekonomi | 25-02-2022

PARBOABOA, Aceh - Kelangkaan minyak goreng satu harga meski sudah hampir dua bulan disalurkan masih saja terjadi di sejumlah daerah. Spekulasi mengenai penimbunan yang dilakukan pihak-pihak tertentu masih menggema, namun sampai hari ini belum ada temuan untuk membuktikan dugaan ini.

Pada Jumat (18/2) Satgas Pangan Sumut menemukan 1,1 juta kilogram minyak goreng di dalam gudang milik PT Salim Ivonis Pratama di Deliserdang. Awalnya diduga jika minyak tersebut sengaja ditimbun, namun dari hasil penyelidikan, disimpulkan jika jumlah minyak tersebut masih belum dapat dikategorikan sebagai penimbunan, karena jumlah minyak yang didalam gudang tersebut tidak sampai 3 kali lipat dari jumlah distribusi perusahaan setiap bulannya.

Penemuan Minyak Curah Puluhan Drum di Aceh

Dugaan penimbunan kembali mencuat, kali ini disebut terjadi di sebuah SPBU Aceh. Dalam sebuah video yang dibagikan oleh Anggota DPRK Aceh Timur, M Yahya YS memperlihatkan sekitar 54 drum yang diduga berisi minyak goreng curah, ditumpuk di SPBU kawasan Tanjong Minjei, Kecamatan Madat, Aceh Timur. Video ini sempat menjadi viral, hingga pihak kepolisian setempat langsung turun ke lokasi untuk melakukan penyelidikan.

Dari penyelidikan diketahui jika minyak tersebut merupakan milik dari seorang distributor minyak curah berinisial SA. Minyak ini disebut berasal dari wilayah Lhokseumawe.

Namun temuan ini juga dipastikan bukan penimbunan minyak, distributor SA sengaja meletakkan minyak tersebut di area SPBU tersebut untuk mempermudah pendistribusian, yang biasanya dilakukan seminggu sekali.

Kasat Reskrim Polres Aceh Timur AKP Miftahuda Dizha Fezuono mengatakan sejauh ini belum ada pelanggaran yang ditemukan dari SA, karena minyak tersebut juga dijual sesuai HET yang diberlakukan pemerintah saat ini.

“Meskipun demikian, kami masih dalami proses penyelidikan, ada tidaknya pidana pada kegiatan tersebut," kata AKP Miftahuda, Kamis (24/2).

Memang agak aneh sih kalau minyak yang ditempatkan di tempat terbuka seperti SPBU tersebut merupakan tindakan penimbunan. Karena kalau niat menimbun pasti disembunyikan biar nggak ketahuan.

Tag : #minyak    #umkm    #minyak goreng    #penimbunan minyak    #minyak goreng murah    #ekonomi   

Baca Juga