Ilustrasi

Voice Note WhatsApp Bakal Punya Opsi Play dan Pause

Wanovy | Teknologi | 14-10-2021

Voice note atau pesan suara merupakan salah satu fitur WhatsApp yang cukup memudahkan penggunanya dalam berkirim pesan. Fitur ini berguna untuk mempercepat respons tanpa perlu repot mengetik teks secara manual.

Seperti diketahui, fitur ini sudah ada di aplikasi WhatsApp sejak lama. Namun pengguna tidak punya kontrol lebih terhadap voice note yang mereka kirim atau terima.

Jika ingin mengirim voice note, pengguna WhatsApp harus menahan ikon mikrofon selama perekaman berlangsung, tanpa bisa melakukan jeda untuk kemudian melanjutkan rekaman pesan suara tersebut.

Namun, tak lama lagi, pengguna WhatsApp kemungkinan bakal bisa menjeda perekaman dan mendengarkan isi voice note tersebut (preview), sebelum pesan suara itu dikirim.

Kabar ini terendus oleh WABetaInfo, yang kerap memberi bocoran fitur-fitur WhatsApp dengan akurat, sebelum resmi meluncur.

Berdasarkan penelusuran WABetaInfo, ada serangkaian kode API WhatsApp beta versi 2.21.21.6 (Android) dan iOS yang mengindikasikan bahwa WhatsApp tengah mempersiapkan fitur bernama Pause Voice Recordings untuk memutar dan menjeda perekaman sebelum mengirim pesan suara.

Dalam video berdurasi 19 detik, WABetaInfo memperlihatkan fitur Pause Voice Recording tersebut. Untuk menggunakan fitur ini, pengguna cukup menekan tombol perekaman suara di samping kanan (ikon mikrofon hijau) kolom chat, lalu geser ke atas (swipe) untuk mengunci mikrofon.

WhatsApp pun akan mengunci perekaman, sehingga pengguna dapat merekam suara tanpa perlu menahan tombol mikrofon.

Jika sudah selesai merekam, pengguna akan melihat tombol "Play" untuk memutar isi pesan suara tadi (preview) dan "Pause" untuk menjeda perekaman. Apabila dirasa masih kurang, pengguna WhatsApp bisa mengulang atau melanjutkan perekaman, sebelum pesan suara itu dikirim.

Dengan adanya fitur ini pengguna tidak perlu repot-repot menghapus pesan suara yang sudah terkirim jika ternyata ada kesalahan pengucapan kalimat.

Kabar ini dihimpun dari WABetaInfo, Kamis (14/10/2021). Namun WhatsApp hingga kini belum mengeluarkan pernyataan kapan fitur ini akan dikenalkan ke publik.

Tag : #teknologi    #apps    #whatsapp    #voicenote   

Baca Juga