Volume Kendaraan di Pelabuhan Tigaras Naik Tiga Kali Lipat

Kondisi di Pelabuhan Tigaras, Kabupaten Simalungun (Foto: Parboaboa/Patrick)

PARBOABOA, Simalungun - Volume kendaraan yang menyebrang melalui Pelabuhan Tigaras Kabupaten Simalungun ke Simanindo, Kabupaten Samosir meningkat 3 kali lipat.

Kelapa Wilayah Pelabuhan Tigaras, Darwin Purba mengatakan, telah terjadi peningkatan kendaraan yang signifikan terkait penyebrangan ke wilayah Samosir.

Darwin merinci, pada 1 Desember 2022, jumlah kendaraan yang menyebrang hanya 74 kendaraan, sementara pada 30 Desember 2022 volumenya mencapai 274 kendaraan.

"Untuk penumpang di hari biasa per harinya paling 200-300 orang, jumlah penumpang di pertengahan bulan ini per harinya 1000-1500 orang. Semalam saja tercatat 1404  penumpang yang menyebrang," jelasnya, Sabtu, (31/12/2022).

Darwin menjelaskan, armada kapal yang diturunkan di Pelabuhan Tigaras untuk mengantisipasi keramaian dengan mengaktifkan kapal ferry dan kapal motor.

Dia menyebut, saat ini ada dua kapal ferry, satu KMP SUMUT dan dua KMP SUMUT yang dioperasikan. Untuk kapal motor disiapkan 17 armada yang beroperasi.

"Untuk semua armada tadi sudah melalui pengecekan yang kami lakukan di bulan 11 kemarin, dan dipastikan telah lulus standar keamanan untuk melintas di Danau Toba, demi keamanan penyebrangan oleh penumpang," tungkasnya.

TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS