Ilustrasi/karikatur reshuffle.

Waketum PPP: Reshuffle Cuma akan di Soundkan ke Parpol yang Menterinya Terlibat

Maraden | Politik | 30-11-2021

PARBOABOA, Jakarta – Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengklaim sampai saat ini belum mengetahui kabar terkait rencana Presiden Joko Widodo melakukan susun ulang atau reshuffle kabinet yang diisukan terjadi Desember 2021 mendatang.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua Umum DPP PPP Arsul Sani di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta. Dia menyebut pihaknya sampai saat ini tidak tahu menahu soal isu reshuffle.

"Reshuffle? Saya nggak tahu tuh, tanya tokek Istana dulu. Enggak ada sampai sekarang yang ngomongin soal ini. Di WA (WhatsApp) group juga enggak ada itu," ujar Arsul dengan setengah bercanda, Senin (29/11).

Arsul lalu menjelaskan jika biasanya jika presiden JokoWidodo akan melakukan reshuffle, dari yang sudah-sudah, tak pernah membahasnya terlebih dahulu dengan para pimpinan Parpol koalisi dari jauh-jauh hari. Menurut dia, Biasanya presiden baru membicarakan hal tersebut saat waktunya sudah berdekatan dengan pengumuman reshuffle.

Menurut Asrul, selama PPP tergabung dalam koalisi pengusung Jokowi, kebiasaan seperti itu selalu terjadi dan terus berulang.

"Kalau pengalaman saya yang kemarin-kemarin, reshuffle itu tidak pernah diomongkan Pak Jokowi jauh-jauh hari. Enggak pernah, termasuk dengan pimpinan parpol koalisi," terangnya.

Ia kemudian menuturkan bahwa Jokowi kemungkinan besar akan memberitahukan para pimpinan parpol paling cepat 2 x 24 jam menjelang reshuffle. Itu pun hanya disampaikan kepada parpol yang dalam reshuffle – menterinya berkaitan langsung.

"Biasanya begitu, kalau yang terkena reshuffle itu menteri dari partai A, ya partai B enggak diajak ngomong," jelas Arsul.

Isu Reshufle Desember 2021

Kabar mengenai reshuffle Kabinet Indonesia Maju Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Wakil Presiden Ma'ruf Amin didesas-desuskan akan terjadi pada Desember. Isu reshuffle memang mencuat seiring pergantian Panglima TNI dari Marsekal Hadi Tjahjanto ke Jenderal Andika Perkasa.

Dikabarkan beberapa pemimpin kementerian akan disusun ulang. Nama Marsekal Hadi Tjahjanto disebut-sebut bakal menjadi salah satu pejabat dalam kabinet.

Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid sebelumnya juga sempat menyebut bahwa Jokowi akan melakukan reshuffle pada Desember mendatang.  Namun, dia tak menjelaskan alasan pilihan waktu tersebut.

"Reshufle… Ya hilal akhir tahun atau awal tahun, Desember," kata Jazilul kepada, Jumat (19/11) lalu.

Tag : #Reshuffle    #Partai Persatuan Pembangunan    #reshuffle kabinet    #jokowi    #kabinet   

Baca Juga