Mitos dan Fakta Mengenai Waktu Ideal Mengisi Bahan Bakar Kendaraan

Mitos dan fakta waktu ideal isi bahan bakar kendaraan. (Foto: Dukumen Daihastu)

PARBOABOA, Jakarta - Mengisi bensin atau bahan bakar kendaraan, baik kendaraan roda 2 maupun roda 4 merupakan rutinitas para pengendara.

Namun begitu, masih banyak pengendara yang terjebak pada mitos-mitos tertentu terkait waktu ideal mengisi bahan bakar.

Salah satu mitos yang cukup lama dipercayai sebagian pengendara adalah mengisi bahan bakar di malam dan pagi hari jauh lebih baik ketimbang dilakukan pada siang hari.

Mereka percaya jika mengisi bensin pada siang hari, volumenya bisa berkurang karena sinar matahari menyebabkan penguapan. Benarkan demikian?

Melansir laman resmi Honda, mitos tersebut di atas tidak benar. Pasalnya, baik di pagi, siang maupun malam tidak ada perubahan volume dan kualitas bensin.

Bensin yang diterima konsumen tetap akan disesuaikan dengan perangkat dispenser yang disediakan oleh pihak SPBU.

Hal itu didukung oleh pernyataan Head of Affiliation Lembaga Minyak dan Gas Bumi (Lemigas),  Reza Sukarja.

Reza pernah menyampaikan tangki penyimpanan bahan bakar di stasiun pengisian sudah dirancang khusus agar tidak terpengaruh oleh suhu atau sinar matahari. 

Selain itu, material tangki yang terbuat dari polikarbonat dan logam khusus membuatnya stabil terhadap perubahan suhu luar. Inilah kaa dia, yang membuat aliran bahan bakar dari tangki penyimpanan hingga ke tangki mobil tetap mengalami suhu yang sama dan stabil.

Kalau begitu kapan waktu ideal mengisi bahan bakar? 

Unit Manager Communication Relations dan CSR Pertamina MOR III, Eko Kristiawan menyarankan, pengisian bahan bakar dilakukan ketika sudah hampir habis untuk menjaga ketersediaan bahan bakar saat diperlukan.

Selain itu, usahakan untuk mengisi bahan bakar saat fuel meter atau meteran belum menunjuk pada posisi huruf 'E' yang berarti Emergency.

Hal ini dilakukan untuk menghindari potensi kehabisan bensin saat berkendara, terutama saat melakukan perjalanan jauh yang jarang adanya fasilitas SPBU.

Sementara itu, Pengamat Otomotif, Yannes Martinus Pasaribu menjelaskan pengisian bahan bakar sebaiknya disesuaikan dengan usia kendaraan.

Kata dia, secara umum, volume bensin di tangki tidak mempengaruhi performa mesin pada mobil-mobil yang berusia masih muda. 

Dan, mesin modern tambahnya, dirancang untuk bekerja optimal dengan berbagai tingkat pengisian tangki.

Ia menambahkan pada mobil-mobil yang berusia tua pengisian bensin sebaiknya dilakukan ketika bahan bakar yang tersisa sudah di bawah setengah tangki.

Tindakan itu dimaksudkan agar pompa bahan bakar dapat menyedot endapan partikel dan akumulasi kotoran yang bisa menyebabkan penyumbatan filter bahan bakar dan injektor.

Berdasarkan penjelasan diatas, maka mitos mengisi bensin pada malam dan pagi hari jauh lebih baik tidaklah benar. Memilih mengisi bensin/bahan bakar di waktu tersebut bisa dilakukan untuk menghindari kemacetan dan alasan-alasan lainnya.

Yang harus tetap diperhatikan adalah selalu waspada saat mengisi bahan bakar, seperti matikan mesin kendaraan dan jangan lupa untuk turun dari kendaraan.

Selain itu, turunkan standar samping untuk mengantisipasi jika hal buruk seperti kebakaran terjadi saat mengisi bensin.

TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS