Anggota Pasukan Pertahanan Teritorial Ukraina (Foto: Bloomberg/Ethan Swope)

Wali Kota Ukraina Tewas Ditembak Rusia Ketika Bagikan Roti ke Warga

Sondang | Internasional | 07-03-2022

PARBOABOA, Kiev - Invasi Rusia terhadap Ukraina semakin ganas setiap harinya hingga mengakibatkan banyak korban yang meninggal dunia. Kalau sudah begini, siapakah yang akan bertanggungjawab?

Salah satu korbannya berasal dari kalangan pejabat, yakni Wali Kota Gostomel bernama Yuri Illich Prylypko. Ia dilaporkan tewas usai ditembak oleh pasukan militer Rusia. Saat itu, Prylypko tengah membagikan langsung pasokan roti untuk warga Ukraina yang kelaparan.

Dilansir dari AFP, kabar duka ini telah dikonfirmasi oleh otoritas kota Gostomel via akun Facebooknya pada Senin (7/3) waktu setempat.

"Kepala Gostomel, Yuri Illich Prylypko, meninggal saat membagikan roti kepada mereka yang lapar dan obat-obatan kepada mereka yang sakit," demikian pernyataan otoritas kota Gostomel via Facebook.

Kota tersebut menuturkan, Prylypko ditembak mati bersama dua orang lainnya yang tidak disebutkan identitasnya. Waktu penembakan juga tak dipaparkan dalam pernyataan resmi tersebut.

"Tidak ada yang memaksanya untuk pergi keluar di saat hujanan peluru penjajah (Rusia). Dia (Prylypko) mati untuk rakyatnya, untuk Gostomel. Dia gugur sebagai pahlawan," bunyi pernyataan Kota Gostomel menambahkan seperti dikutip AFP.

Dia bisa saja berlindung di ruang bawah tanah untuk menghindari serangan pasukan Rusia, dan tidak ada yang akan menyalahkannya karena melakukan itu.

"Tapi orang-orang menunggunya, mereka melihat harapan dalam dirinya, mereka mempercayainya. Jadi dia membuat pilihannya. Dia meninggal untuk masyarakat, dia meninggal untuk Gostomel, dia meninggal seperti seorang pahlawan," imbuh pernyataan otoritas kota Gostomel.

Gostomel adalah sebuah kota kecil di dekat ibu kota Kyiv dan merupakan rumah bagi bandara militer strategis Antonov. Pangkalan Udara Antonov merupakan lokasi pertempuran sengit antara pasukan Ukraina dan Rusia di hari-hari pertama invasi berlangsung.

Serangan Rusia ke Ukraina tak menunjukkan tanda-tanda mereda hingga memasuki pekan kedua invasi pada Senin (7/3). Meski sudah ada kesepakatan gencatan senjata di dua kota, gempuran Rusia di Ukraina malah makin menggebu.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky juga telah menganugerahkan gelar 'Kota Pahlawan' kepada enam kota di Ukraina, termasuk Gostomel, yang dianggap berani melawan pasukan Rusia pada Minggu (6/3) kemarin.

Tag : #ukraina    #rusia    #gostomel    #yuri illich prylypko    #invasi    #kyiv    #volodymyr zelensky    

Baca Juga