Warga binaan di Lapas dan Rutan Medan terima vaksinasi tahap pertama

Warga Binaan di Lapas dan Rutan Medan akan Jalani Vaksinasi

rini | | 24-08-2021

PARBOABOA, Medan - Sebanyak 2000 orang warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Lapas dan Rutan Klas I Medan mendapat suntikan vaksinasi pada Senin (23/8).

Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Sumatera Utara Imam Suyudi dan Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra datang langsung ke lokasi untuk memantau pelaksanaan vaksinasi.

Pelaksanaan vaksinasi ini terselenggara atas kerjasama dan sinergitas antara Kanwil Kemenkumham Sumut dengan Polda Sumatera Utara. Pemberian vaksin Sinovac itu ditargetkan 2.000 warga binaan. Yang mana 1.000 WBP di Lapas I Medan dan 1.000 WBP di Rutan Medan.

Vaksinasi ini dilaksanakan sebagai pemenuhan hak-hak WBP seperti masyarakat pada umumnya untuk mendapat pelayanan kesehatan yang layak.

Kami ditargetkan oleh Dirjenpas agar semua warga binaan tanpa terkecuali divaksinasi, karena ini terkait masalah nyawa. Dan tentunya semua harus divaksinasi, kata Plh Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara, Erwedi, Senin (23/8/2021).

Sebelum diberikan vaksin, seluruh warga binaan terlebih dahulu melakukan pendaftaran, selanjutnya screening awal seperti pengukuran tensi dan pendataan kondisi kesehatan dan riwayat penyakit. Jika sudah memenuhi syarat medis barulah disuntik vaksin.

Pemberian vaksinasi tahap II kepada warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Lapas dan Rutan Medan akan dilaksankan pada 29 September 2021.

Tag : #daerah    #covid19   

Baca Juga