Buntut Okupasi Lahan, Warga Gurilla Rayakan Nataru Okuimene Secara Swadaya

Masyarakat Kelurahan Bah Sorma dan Kelurahan Gurilla, Kecamatan Siantar Sitalasari, Pematang Siantar melaksanakan perayaan Natal di lahan yang saat ini sedang diokupasi PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III. (Foto: Parboaboa/Muhammad Anshori)

PARBOABOA, Pematang Siantar - Masyarakat Kelurahan Bah Sorma dan Kelurahan Gurilla, Kecamatan Siantar Sitalasari, Pematang Siantar melaksanakan perayaan Natal di lahan yang saat ini sedang diokupasi PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III.

Penasehat acara Natal di Kelurahan Bah Sorma dan Kelurahan Gurilla, Kecamatan Siantar Sitalasari, Pematang Siantar Komret Sihaloho mengatakan, pelaksanaan Natal dilakukan secara kolektif dan swadaya dari masyarakat maupun kerabat masing-masing warga. Sebagai bentuk nyata perlawanan terhadap okupasi lahan dari PTPN III Kebun Bangun Afdelin IV.

“Ya walaupun perayaan tahun ini tidak seperti tahun sebelumnya karena adanya okupasi, kami tetap melaksanakan natal,” kata Komret kepada Parboboa, Jum’at, (23/12/2022).

Ia menjelaskan, beberapa hari yang lalu pihak PTPN III ada membuat larangan untuk tidak melaksanakan kegiatan ibadah Natal, namun masyarakat tetap melaksanakannya atas dasar keinginan masing-masing.

"Kita hanya ingin beribadah di tempat kami," ujarnya.

Ditemui di tempat yang sama, salah seorang warga Gurilla Ibe (58) mengungkapkan harapannya di perayaan Natal tahun ini.

“Ya harapannya dengan adanya kegiatan ibadah seperti ini, semoga pihak PTPN III menyadari bahwa warga akan terus berjuang atas tanah mereka yang sudah di tempati selama 18 tahun,” jelasnya.

TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS