Lubang Besar di Jalan Asahan KM 4 (Dok. Parboaboa/Sarah Simanjuntak)

Rusak Berat, Warga Minta Pemerintah Segera Perbaiki Jalan Asahan di Siantar

Sarah | Daerah | 18-04-2022

PARBOABOA, Simalungun - Jalan Lintas Provinsi yang menghubungkan Kota Pematangsiantar-Perdagangan, Kabupaten Simalungun terlihat rusak berat.

Dari Pantauan Parboaboa, Senin (18/4/2022), kerusakan jalan terparah terlihat mulai dari depan kantor Pengadilan Negeri (PN) Simalungun sampai KM 4 Simpang Marihat.

Kondisi jalan rusak tersebut meliputi lubang-lubang besar dan kecil yang berkedalaman 30-50 sentimeter. Bahkan, kondisinya akan semakin parah bila hujan turun.

Alhasil, para pengemudi yang datang dari Pematangsiantar dan sebaliknya dari Perdagangan terpaksa harus ekstra hati-hati saat melintas.

Warga setempat mengeluhkan kondisi jalan dan menancapkan batang pohon pisang bertuliskan "Kolam Negara" di salah satu lubang besar yang berisi genangan air.

Salah seorang warga bernama Paulus Hutagaol (33), yang sehari-harinya bekerja sebagai wiraswasta, mengaku sangat resah dengan keadaan jalan yang setiap hari dilewatinya itu. Menurutnya, keadaan jalan yang rusak ini menimbulkan kemacetan dan banyak debu.

“Jalanan jadi macet dan banyak debu. Lihatlah pengguna jalan sama warga sekitar sini jadi batuk-batuk,” kata Paulus.

Ia berharap pemerintah dapat segera memperbaiki jalan tersebut agar pengguna jalan lebih nyaman saat melewatinya.

“Dari tahun yang lewat sudah diingatin ke sana, namun hanya janji-janji terus akan di perbaiki. Kalau bisa secepatnya lah di perbaiki,” jelasnya.

Sementara Kepala Dusun setempat, Domu Sitorus (56), pun ikut merasa resah keadaan jalan rusak yang tepat di depan kantor mereka itu.

Saat ditanya apakah jalan tersebut pernah memakan korban, Domu mengatakan tidak pernah.

“Kalau makan korban sih gak pernah, tapi pernah mobil kayu menabrak pohon karena terlalu kepinggiran,” sebutnya.

Ia juga menyebut, kondisi jalan akan banjir bila terjadi hujan. Harapannya, agar pemerintah dapat segera memperbaiki jalanan tersebut untuk mempermudah pengendara yang melintasi lokasi.

“Harapan kami dari aparat desa untuk Pemerintah, segera diperbaikilah jalanan ini karena sangat mengganggu aktivitas warga,” ungkapnya.

Tag : #jalan provinsi    #pemerintah    #daerah    #siantar    #berita sumut   

Baca Juga