Pohon Tumbang di Jalan Sangnawaluh, Makam Pahlawan (Dok. Tim Parboaboa)

Waspada Tertimpa Pohon, Ada 3 Tumbang Saat Hujan Deras

Olivia | Daerah | 06-08-2022

PARBOABOA, Pematang Siantar – Hujan deras disertai angin kencang, menumbangkan pohon besar di Jalan Sangnawalu, Pematang Siantar, Sabtu (6/8). Tidak ada korban jiwa dari peristiwa tersebut, namun pagar makam pahlawan yang tertimpa mengalami kerusakan parah. 

Pantauan Parboaboa di lapangan, ada sekitar tiga pohon yang tumbang di Jalan Sangnawalu. Tidak hanya di lokasi ini, kejadian serupa juga terjadi di dekat Siantar Hotel, Jalan Ade Irma, Jalan Kartini, Taman Hewan dan Simpang 2. 

Hujan deras sendiri terjadi selama dua jam lebih, dari pukul 13.00-15.30 WIB. Kendaraan sempat mengular di lokasi pohon yang tumbang, karena macet akibat mengantri untuk lewat.

Seorang saksi mata di lokasi pohon tumbang Jalan Sangnawalu, Herbet Lumbantobing (26) menjelaskan, saat kejadian, ia melihat  seorang pengendara roda empat yang membawa angkutan umum hampir tertimpa.

“Kan udah deras hujan, rupanya kencang angin, tumbanglah ini. Untung selamat pengendara angkutan umum Bandar Jaya itu, untung gak mati di tempatlah. Iya pas lewat sikit lagi, bah selesailah. Udah kencang memang angin, longgur (petir) kuat,” jelas Herbet.

Anggota Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Sektor (Polsek) Siantar Timur, Presli yang bertugas evakuasi di Jalan Sangnawalu mengatakan, di lokasi tersebut pohon tumbang diperkirakan terjadi sekitar pukul 15.00 wib. Penyebabnya karena angin kencang saat hujan turun. 

"Tidak ada korban jiwa dari peristiwa ini," kata Presli yang juga menjelaskan, jika ada lima titik lainnya alami pohon tumbang. 

Anggota Babinsa Koramil Siantar Timur, R Sinurat yang juga berada di lokasi kejadian menjelaskan, pemadaman listrik dilakukan karena kabel listrik yang tertimpa pohon putus. 

"Ada beberapa titik yang alami pemadaman," terangnya.

Tag : #pohon tumbang    #angin kencang    #daerah    #makam pahlawan    #pematang siantar    #sumut   

Baca Juga