Ilustrasi gelombang tinggi (Grid.id)

BMKG: Waspadai Potensi Gelombang Tinggi di Perairan Aceh, Sumut dan Kepulauan Mentawai

Sarah | Daerah | 20-07-2022

PARBOABOA, Medan - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Kelas II Maritim Belawan mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi.

Kepala Stasiun Meteorologi Kelas II Maritim Belawan, Sugiyono mengatakan, BMKG memprakirakan terjadinya gelombang tinggi dengan ketinggian 20 1,25 meter hingga 4 meter di perairan Aceh, Sumut hingga Kepulauan Mentawai, pada 20 sampai 21 Juli 2022, besok.

"Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Selatan-Barat dengan kecepatan angin berkisar 5-Knot," kata Sugiyono, Rabu (20/7/2022).

Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Timur-Tenggara dengan kecepatan angin yang berkisar 5-25 Knot.

Sugiyono menuturkan, kecepatan angin tertinggi terpantau terjadi di Kepulauan Sermata-Kepulauan Tanimbar, Laut Banda bagian barat daya, perairan utara P. Biak, dan Samudera Pasifik utara P. Biak.

Kondisi ini berdampak kepada meningkatnya tinggi gelombang di perairan Aceh dan Sumut. Adapun perairan yang mengalami tinggi gelombang hingga 2,5 meter yakni di Selat Malaka bagian utara.

BMKG berharap masyarakat lebih waspada saat berlayar melihat tingginya resiko kecepatan angin yang dapat membayakan.

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," pungkasnya.

Tag : #bmkg    #gelombang tinggi    #daerah    #perairan aceh    #kepulauan mentawai    #berita sumut   

Baca Juga