Ilustrasi curah hujan (Tribun)

BMKG: Waspadai Potensi Hujan Lebat di Pegunungan di Sumut

Sarah | Daerah | 22-07-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar waspada terhadap potensi curah hujan tinggi yang akan melanda wilayah pegunungan dan lereng di Sumut, Jumat (22/7/22).

Prakirawan BMKG Medan, Budi Prasetyo mengatakan, prakiraan cuaca di Sumut pada sore dan malam hari berpotensi hujan ringan hingga lebat.

"Waspada potensi hujan dengan intensitas lebat di wilayah pegunungan dan lereng pada sore hingga malam hari," kata Budi.

Pada siang hari, hujan ringan hingga lebat berpeluang terjadi di wilayah Kepulauan Nias, Tapanuli Utara.

Budi menjelaskan, menurut prakiraan cuaca pada siang hari ini juga berpeluang terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di wilayah Kepulauan Nias, Tapanuli Utara.

"Humbang Hasundutan, Samosir, Medan, Mandailing Natal, Toba, Padanglawas, Padanglawas Utara, Labusel, Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, dan sekitarnya," jelasnya.

Sedangkan pada malam harinya, berpotensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Nias, Tapanuli Utara, Simalungun, Dairi, Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, Mandailing Natal, Padangsidimpuan, Toba, Sibolga.

"Pada dini hari kondisi cuaca berawan," pungkasnya.

Tag : #bmkg    #prakiraan cuaca    #daerah    #hujan    #berita sumut   

Baca Juga