Ilustrasi wayang (dok Antara)

Wayang Disebut Haram, Bagaimana Menurutmu ?

Rini | Nasional | 15-02-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Wayang merupakan salah satu seni pertunjukan tradisonal Indonesia yang berasal dari Jawa dan Bali. Pertunjukan-pertunjukan wayang masih terus dilestarikan dan sangat melekat dengan kehidupan masyarakat hingga saat ini.

Namun belakangan sebuah video ceramah Ustaz Khalid Basalamah beredar, yang mengatakan jika wayang adalah haram dan tidak sesuai dengan ajaran Islam. Selain itu, Ustaz Khalid juga menyarankan para kolektor agar memusnahkan wayang yang dimiliki.

"Tanpa mengurangi hormat terhadap tradisi dan budaya, kita harus tahu, bahwa kita Muslim dan dipandu agama. Harusnya Islam dijadikan tradisi dan budaya. Jangan budaya di-Islamkan, susah. Mengislamkan budaya ini repot, karena budaya banyak sekali," kata Ustaz Khalid, dikutip Selasa (15/2).

Menurutnya wayang cukup dikenang sebagai tradisi dari nenek moyang, akan tetapi tidak selayaknya lagi dimainkan saat ini, karena agama Islam melarang permainan wayang tersebut.

Sontak saja pernyataan tersebut menjadi perdebatan masyarakat, sejumlah kecaman bahkan dilontarkan kepada Ustaz Khalid. Pengasuh Pondok Pesantren Al-Bahjah Cirebon Buya Yahya memberikan komentarnya terkait ucapan pendakwah tersebut, menurutnya wayang dapat dimainkan oleh umat muslim, karena dalam sejarahnya Sunan Kalijaga justru menjadikan wayang sebagai media untuk menyebarkan ajaran agama Islam.

"Wayang itu merupakan budaya seni, sebelum adanya Islam, sudah ada wayang. Kemudian para walisongo terdahulu itu sepakat ingin menjadikan wayang sebagai media untuk berdakwah menyebarkan agama Islam," kata Buya Yahya melalui kanal YouTube Al-Bahjah TV.

Kemudian, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi yang juga merupakan budayawan Sunda memberikan komentarnya terkait haramnya wayang ini, menurutnya wayang ini memang haram. Namun bukan haram seperti yang dinyatakan oleh Ustaz Khalid tersebut.

"Kalau saya sederhana saja. Benar itu pernyataan Pak Ustaz wayang itu haram. Betul sekali wayang kulit, wayang golek plus gamelannya haram. Haram kalau dimakan," ujarnya dengan bercanda, Senin (14/2).

Dedi Mulyadi mengatakan jika ada banyak sekali pelajaran yang dapat dipetik dari cerita-cerita wayang, seperti pelajaran memaknai hidup hingga soal kepemimpinan. Sehingga dia menyarankan masyarakat untuk menyaksikan pertunjukan-pertunjukan wayang.

"Tontonlah wayang, dengarkanlah suara gamelannya yang penuh cinta, maka kita bahagia dalam falsafah dan makna. Dan jangan memakannya karena akan mendapat petaka," ujar Dedi.

Tak hanya itu, Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Wilayah Banyumas Raya menyatakan akan melayangkan laporan polisi atas pernyataan Ustaz Khalid ini, karena ucapan Ustaz Khalid tersebut memecah belah persatuan.

"Kalau hanya dinyatakan dilarang (dalam Islam), itu sudah biasa. Tapi dalam anak kalimat berikutnya ada ujaran 'lebih baik dimusnahkan', ini sangat menyakitkan kami," kata Koordinator Pepadi Wilayah Banyumas Raya, Bambang Barata Aji, pada Minggu (13/2).

Ditengah perdebatan saat ini, wayang merupakan budaya yang sangat erat dengan kehidupan masyarakat dan diupayakan untuk selalu dilestarikan agar tidak musnah. Terlebih wayang telah diakui oleh Unesco sebagai sebuah Warisan Mahakarya Dunia yang Tak Ternilai dalam Seni Bertutur.  

Nah kalau kamu lebih setuju pendapat yang mana? Apakah kamu setuju wayang ini haram? Atau justru sebaliknya?

Tag : #viral    #wayang kulit    #wayang haram    #ustaz khalid basalaman    #nasional   

Baca Juga