Whatsapp meluncurkan beberapa fitur baru (Dok: pikiran-rakyat.com)

Baru! WhatsApp Rilis 3 Fitur Panggilan Suara Grup

Dimas | Teknologi | 17-06-2022

PARBOABOA  - WhatsApp merupakan salah satu aplikasi yang banyak digunakan hampir seluruh pengguna gadget di dunia. Pasalnya, penggunaan aplikasi yang satu ini dinilai sangat mudah dan cepat untuk berkomunikasi.

3 Fitur Baru Panggilan Suara Grup

Baru-baru ini, WhatsApp diketahui telah merilis tiga pembaruan pada fitur panggilan suara grup. Fitur ini disebutkan dapat mempercepat dan memudahkan pengguna dalam melakukan percakapan di panggilan grup.

Adapun pembaruan yang pertama, yakni adanya notifikasi saat seseorang bergabung dalam panggilan grup. Melalui pembaruan ini, para pengguna dapat mengetahui kapan dan siapa saja yang baru bergabung.

Sebagai contoh, Ketika ada pengguna A yang baru bergabung dalam panggilan suara dan tidak terlihat di layar pengguna lain, maka pengguna lain akan melihat notifikasi yang mengonfirmasikan bahwa pengguna A telah bergabung dalam panggilan.

Pembaruan kedua dalam fitur panggilan suara grup adalah para pengguna dapat menonaktifkan suara orang lain saat sedang melakukan panggilan suara grup. Fitur ini akan memberi kemampuan kepada pengguna untuk menonaktifkan suara orang lain yang ada di panggilan suara grup.

"Anda tidak akan lagi terganggu dengan suara bising seperti televisi menyala ketika Anda sedang berusaha mendengarkan orang lain berbicara," jelas whatsApp dalam keterangannya.

Selanjutnya, pembaruan ketiga adalah pengguna dapat mengirimkan pesan kepada orang lain di panggilan grup. Fitur yang satu ini memungkinkan pengguna mengirim pesan ke sesama partisipan dengan cepat, tanpa harus melewatkan percakapan yang sedang berlangsung.

"Anda pasti tahu rasanya ketika satu orang di panggilan grup mengumumkan sesuatu yang mengagetkan, dan Anda ingin segera mengirimkan pesan ke orang tersebut. Anda kini dapat melakukannya dengan mudah di WhatsApp," lanjut pernyataan yang sama.

Sebelum 3 fitur baru panggilan suara grup dirilis, WhatssApp juga diketahui telah merilis beberapa fitur menarik pada bulan Mei 2022 lalu. Beberapa fitur menarik tersebut, yakni:

1. WhatsApp Reactions

Aplikasi obrolan populer yang dimiliki oleh Meta Facebook meluncurkan kemampuan mengirim reaksi dengan mengetuk dan menahan pesan yang dimaksud. 

Sebuah jendela pop-up kecil kemudian akan memberikan enam pilihan emoji, yaitu jempol, hati, menangis sambil tertawa, kaget, menangis, dan tangan-bersama/berdoa.

“Kami akan terus meningkatkannya dengan menambahkan lebih banyak ekspresi di masa mendatang,” ucap WhatsApp.

2. Bisa Berbagi File hingga 2 GB

Para pengguna sekarang dapat mengirim file lewat WhatsApp hingga ukuran 2 GB sekaligus dengan dilindungi oleh end-to-end encryption.

Hal ini merupakan peningkatan dari batas sebelumnya yang hanya mampu 100 MB. 

“Kami pikir (peningkatan ukuran ini) akan membantu untuk kolaborasi antara usaha kecil dan kelompok sekolah,” ungkap WhatsApp.

Peningkatan ukuran file-sharing menawarkan lebih banyak fleksibilitas dalam hal mengirim sesuatu melalui WhatsApp. Namun, mengingat betapa lambatnya aplikasi saat berbagi file yang lebih besar, terutama jika Anda tidak menggunakan Wi-Fi, mungkin perlu beberapa saat untuk mengirim file 2 GB penuh. Jadi, gunakan batas baru ini dengan hemat, atau di jaringan Wi-Fi rumah bila Anda bisa. 

Kabar baiknya adalah WhatsApp akan memiliki penghitung untuk menunjukkan kepada pengguna durasi lama waktu yang dibutuhkan dalam proses mengungah dan mengunduh file.

3. Grup whatsApp Bisa Menampung 512 Pengguna

Menurut WhatsApp, pembaruan jumlah pengguna dalam satu grup adalah salah satu permintaan yang paling banyak diterima secara konsisten. Oleh karena itu, WhatsApp merilis kemampuan untuk menambahkan hingga 512 pengguna ke grup.

“Membangun komunitas yang pribadi, aman, dan terlindungi membutuhkan kerja keras dan kami pikir rangkaian peningkatan ini akan membantu orang dan kelompok tetap dekat satu sama lain,” kata WhatsApp.

Obrolan Grup sebelumnya hanya dapat menampung hingga 256 pengguna sekaligus. Batas saat ini untuk Obrolan Grup adalah 512 pengguna yang berarti WhatsApp sekarang telah menggandakan ukuran sebelumnya.

Tag : #whatsapp    #fitur terbaru    #teknologi    #whatsapp grup    #whatsapp reaktions   

Baca Juga