Ilustrasi

WhatsApp Uji Coba Fitur Communities, Ini Kelebihannya

Wanovy | Teknologi | 08-03-2022

PARBOABOA - Whatsapp tengah mengambil langkah serius untuk menghadirkan Whatsapp Communities atau komunitas Whatsapp.

Awal November lalu, Whatsapp dilaporkan telah memulai pengembangan Whatsapp Communities untuk para pengguna.

Setelah hampir 2 bulan masa pengembangan, Whatsapp Communities kabarnya siap diuji coba.

Melansir dari WABetaInfo, Whatsapp Communities diproyeksikan akan diuji coba pada update Whatsapp beta beberapa waktu mendatang.

Berdasarkan tangkapan layar yang dibagikan WABetaInfo, fitur tab Community dapat ditemukan di sisi kiri tab "Chats", menggantikan ikon "Camera".

Fitur ini dilambangkan dengan ikon tiga profil orang, seperti ikon grup WhatsApp baru ketika belum memiliki foto profil.

Saat ini, fitur tab Community disebut sedang dalam tahap uji coba di aplikasi WhatsApp Beta versi 2.22.6.9 untuk Android.

Komunitas di aplikasi WhatsApp ini nantinya berisi sejumlah grup. Admin grup WhatsApp bisa menambahkan grup obrolan ke Community.

Menurut WABetaInfo, admin mempunyai kemampuan untuk membuat komunitas untuk menaungi dan menghubungkan grup-grup tertentu.

Hal tersebut mirip dengan konsep aplikasi Discord dimana grup-grup kecil bisa dibuat untuk menaungi beragam channel.

Lantas, apa saja bocoran fitur yang hadir di Whatsapp Communities? Simak penjelasan di halaman berikutnya.

Whatsapp Communities secara sekilas mirip dengan Whatsapp Group namun dengan fitur yang lebih kompleks. Whatsapp Communities memiliki nama dan deskripsi sama seperti group chat.

Setelah mengetik nama dan deskripsi komunitas, pengguna bisa memilih untuk menghubungkan 10 grup chat di komunitas.

Kemudian, ada fitur pengumuman atau "Anouncement" yang dapat digunakan untuk memberikan pesan pengumuman kepada group chat yang terhubung.

Pengguna yang tergabung dalam suatu komunitas tak akan bisa melihat konten-konten dari grup yang sudah dikeluarkan dari komunitas.

Selain itu, pengguna juga tak bisa melihat konten komunitas saat mereka telah keluar dari komunitas tersebut.

Tak hanya fitur tab Community, Whatsapp juga dikabarkan tengah menguji coba fitur yang dapat membantu pengguna menjeda (pause) dan melanjutkan (resume) saat sedang merekam suara di Voice Notes.

Dengan demikian, pengguna bisa berhenti sejenak dan kembali melanjutkan pesan suara hanya dengan menekan tombol jeda yang akan muncul saat merekam pesan suara.

Pesan suara tersebut juga bisa didengarkan kembali dan dihapus sebelum dikirimkan ke pengguna lain. Pengguna hanya perlu menekan ikon "tempat sampah" yang terletak di sisi kiri bawah aplikasi.

Tag : #whatsapp    #communities    #fitur baru    #komunitas    #whatsapp communities   

Baca Juga