WhatsApp meluncurkan fitur uji coba di Amerika Serikat yang memungkinkan pengguna mengirimkan dan menerima uang lewat chat menggunakan uang kripto.

WhatsApp Uji Coba Fitur Kirim Uang Kripto Lewat Chat

Wanovy | Teknologi | 14-12-2021

WhatsApp diketahui telah meluncurkan program uji coba di Amerika Serikat yang memungkinkan pengguna mengirimkan dan menerima uang lewat chat menggunakan uang kripto.

Tentunya, transaksi dalam ruang obrolan WhatsApp itu menggunakan dompet digital Facebook bernama Novi. Novi adalah dompet digital yang berada di bawah unit Fintech Meta dan baru diluncurkan pada Oktober 2021 lalu.

"Orang-orang menggunakan WhatsApp untuk mengirim uang kepada orang yang dicintai, dan sekarang Novi akan membantu mereka melakukannya dengan aman, instan, dan tanpa biaya," tulis CEO WhatsApp Will Cathcart dalam akun Twitter @wcathcart.

Kabar mengenai uji coba ini juga disampaikan calon bos Novi, Stephane Kasriel, dalam akun Twitter pribadinya.

"Ada cara baru untuk mencoba dompet digital @Novi. Mulai hari ini, sejumlah orang di AS dapat mengirim dan menerima uang menggunakan Novi di @Whatsapp, membuat pengiriman uang ke keluarga dan teman semudah mengirim pesan," tulisnya dalam cuitan tersebut, Kamis (9/12).

Menurut laman resmi Novi, melakukan pembayaran dapat dilakukan seperti mengirim lampiran lain di aplikasi WhatsApp.

Cara Kirim Uang Kripto Lewat WhatsApp

Pengguna dapat mengakses fitur tersebut melalui ikon klip kertas di Android atau ikon tanda tambah (+) di iOS, lalu pilih “Pembayaran” dari menu yang muncul.

Fitur pembayaran ini disebut tidak membebankan biaya admin untuk mengirim atau menerima uang. Kemudian tidak ada batasan seberapa sering pembayaran dapat dilakukan pengguna.

Selain itu Novi juga tidak membebankan biaya menyimpan saldo di akun atau untuk melakukan penarikan ke rekening bank Anda.

Program uji coba Novi tersedia di Amerika Serikat dan Guatemala, serta tersedia dalam bahasa Inggris dan Spanyol.

Jadi, fitur ini baru tersedia untuk sebagian kecil pengguna WhatsApp di AS.

"Kami memutuskan untuk menguji program pilot (fitur pembayaran kripto) di satu negara sebagai permulaan. Kami akan memperluasnya setelah kami mendengar pendapat orang-orang tentang pengalaman baru ini," tulis Pemimpin Novi, unit FinTech Meta, Stephane Kasriel dalam akun Twitter pribadinya.

Nantinya, untuk bisa mengirim USDP, pengguna harus menautkan akun bank miliknya. Selanjutnya, pengguna bisa mengakses fitur pembayaran kripto bisa di dalam ruang obrolan WhatsApp.

Perlu diingat, fitur payment baru WhatsApp ini belum mendukung pembayaran kripto untuk mata uang seperti Bitcoin, Ethereum, dan kripto populer lainnya.

Untuk saat ini, mata uang kripto (cryptocurrency) yang didukung oleh fitur pembayaran tersebut baru stablecoin bernama Pax Dollar (USD Pax/USDP) yang dikeluarkan oleh perusahaan Paxos. Dengan Coinbase sebagai kustodian alias lembaga penyedia penitipan uang pengguna.

Selain belum mengakomodir mata uang kripto populer, fitur pembayaran kripto di WhatsApp ini masih berupa program pilot alias program percontohan.

Novi sendiri sebelumnya telah diuji coba di AS dan Guatemala. Tapi menurut informasi WABetaInfo, pengguna di Guatemala hanya bisa mengakses pembayaran lewat aplikasi Novi, tidak bisa langsung dari WhatsApp.

Fitur pembayaran terbaru ini disebut tidak akan mempengaruhi sistem enkripsi yang diterapkan WhatsApp untuk melindungi privasi pengguna.

Menurut The Verge, sebelumnya pada 2019, Facebook berencana mengembangkan dan meluncurkan mata uang kripto bernama Libra yang akan terintegrasi dengan dompet digital yang dikembangkan Facebook, Calibra.

Rencana tersebut dirancang untuk menghadirkan cara mengirim uang ke seluruh dunia dengan biaya yang lebih rendah dibanding cara yang ada sekarang.

Sayangnya, rencana tersebut telah berubah, Libra saat ini berganti menjadi Diem dan Calibra berganti menjadi Novi. Kemudian Novi pun diluncurkan tanpa mata uang kripto Diem.

Kendati demikian, bos Novi saat itu, David Marcus, mengatakan, perusahaannya masih berkomitmen pada Diem.wha

Tag : #whatsapp    #cryptocurrency    #transfer uang kripto    #chat whatsapp    #novi    #dompet digital   

Baca Juga