10 Tempat Wisata di Maumere, Indahnya Pesona Alam

Wanovy | Travel | 25-01-2023

Tempat wisata di Maumere, foto: tripadvisor.co.id

PARBOABOA, Maumere - Membicarakan tentang keindahan Indonesia tidak akan ada habisnya. Terdiri dari 17.504 pulau dan 34 provinsi, setiap titik di Indonesia memiliki keindahan dan keunikan tersendiri.

Mengelilingi Indonesia tidak akan ada habisnya memberikan keindahan visual, kamu akan dimanjakan dengan berbagai destinasi wisata di berbagai daerah yang kamu kunjungi, seperti keindahan pantai, keindahan gunung hingga bukit dan keindahan alam lainnya.

Seperti halnya jika kamu datang ke Kota Maumere yang merupakan ibu kota dari Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur yang bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi untuk melihat keindahan alam dan Budaya Indonesia.

Maumere merupakan kota terbesar dan juga memiliki memiliki bandar udara terbesar di pulau Flores.

Maumere menjadi pintu gerbang wilayah timur pulau di mana mulai dari kota Maumere, kamu sudah menginjakan kaki di surga dalam wilayah Indonesia Timur.

Bagaimana tidak, dalam 1 kota Maumere kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk menyadari bahwa Indonesia memiliki keindahan alam yang tidak ada dua.

Mau tau apa saja tempat wisata di Maumere yang bisa kamu kunjungi? Simak lebih lanjut, yuk!

1. Pantai Koka

Pantai yang cantik satu ini merupakan asupan vitamin sea bagi setiap pengunjung yang datang kemari.

Keindahan pantai yang jernih dengan sentuhan warna hijau toska dan berpadu dengan pasir pantainya yang putih akan membuat pengunjung merasa betah.

Di sekeliling pantainya terhampar bukit yang hijau nan asri untuk didaki. Di dekat pantainya terdapat pulau yang bernama Koka.

Pengunjung yang ingin mengunjungi pantai ini sebaiknya datang pada saat pagi hari atau juga sore, agar terhindar dari teriknya sengatan sinar matahari.

Pantai ini memiliki ombak yang tidak terlalu besar sehingga asyik untuk bermain air di pantainya. Pantainya terbilang ramah untuk berlibur dengan seluruh anggota keluarga. Sayangnya fasilitas pendukungnya masih minim.

2. Bukit Salib

Pemandangan indah laut lepas yang terlihat dari Bukit Salib terlihat sangat spektakuler sehingga sayang jika kamu lewatkan.

Bukit Salib terlihat lebih indah jika kamu kunjungi di saat musim penghujan karena seluruh bukit terlihat asri dengan hijaunya rerumputan.

Jika datang di musim kemarau bukit ini terlihat berwarna coklat dan gersang sangat kontras dengan warna biru laut yang terhampar.

Di atas puncak bukit ini terdapat sebuah salib berwarna putih dalam sebuah taman yang diberi nama Taman Eden.

Tetapi untuk sampai ke puncaknya, pengunjung harus terlebih dulu meniti anak tangga yang jumlahnya sekitar 300 buah.

Walaupun melelahkan, pemandangan yang spektakuler telah menunggu pengunjung di atas bukitnya, apalagi jika melihatnya pada saat matahari terbenam.

3. Pantai Sawengka

Pantai Sawengka merupakan destinasi wisata bahari baru dari Kabupaten Sikka. Pantai ini masih jarang dikunjungi, bahkan mungkin kurang begitu dikenal oleh wisatawan luar dan masyarakat setempat.

Pantai ini menyuguhkan lanskap pantai yang berpasir putih. Alamnya masih asri dan alami karena belum banyak sentuhan manusia, hanya sebuah papan nama sebagai penanda.

Pantai Sawengka merupakan pantai yang berada pada gugusan Pulau Pemana yang berada di Teluk Maumere.

Pantainya yang bersih dan alami serta indahnya senja di cakrawala menjadi satu daya tarik dari pantai ini. Pantai ini masih memerlukan pembenahan karena fasilitas yang ada di pantainya masih minim.

4. Hutan Mangrove Magepanda

Satu lagi tempat wisata di Maumere yang sejuk dan juga asri untuk berwisata, yaitu Hutan Mangrove Magepada. Hutan mangrove ini memiliki luas sekitar 70 hektar dan letaknya berada di pantai utara dari Kota Maumere.

Di hutan bakau ini terdapat sebuah jembatan kayu, yang memungkinkan para pengujung untuk menyusuri hutannya sambil menikmati udaranya yang sejuk dan segar.

Hutan Mangrove yang indah ini merupakan hutan yang ditanam oleh seorang pria keturunan Tiongkok yang bernama Victor Emanuel Rayon atau Baba Akong setelah tsunami yang melanda Kabupaten Sikka pada tahun 1992.

5. Pantai Kajuwulu

Indonesia memang memiliki banyak pantai yang bisa menjadi destinasi liburan untuk anda. Hingga masih begitu banyak pantai yang masih asri dan jarang tersentuh alias masih perawan.

Mengunjungi pantai Kajuwulu akan membuat anda menikmati pantai dari sisi yang berbeda. Menaiki anak tangga menuju bukit dan sobat travela akan melihat tanda salib besar tepat ujung bukit.

Pemandangan pada saat senja hari, akan membuat mu kagum membisu. Jadi jangan lewatkan untuk menikmati matahari berpulang di ujung pantai eksotis satu ini.

6. Patung Bunda Maria Bukit Nilo

Tempat wisata di Maumere satu ini menjadi spot yang wajib anda kunjungi bagi yang beragama Khatolik. Tidak lengkap rasanya jika sobat travela tidak mengabadikan momen di landmark kebanggan kota Maumere ini.

Patung Nilo Bunda Maria Segala Bangsa yang memiliki ketinggian 28 meter dibangun pada tahun 2004 dan berada di ketinggian 1600 mdpl.

Tempat ini diresmikan pada 31 Mei 2005 dan menjadi wisata unik di Maumere yang tidak bisa dilewatkan.

Apalagi landmark ini menjadi tempat yang favorit bagi para pelancong, wisatawan rohani atau pe-ziarah baik dari dalam negeri hingga luar negeri karena selain mejadi tempat doa anda juga bisa melihat keindahan kota Maumere dari ketinggian.

7. Teluk Maumere

Perjalanan wisata bahari akan semakin lengkap jika sobat travela menyempatkan untuk singgah di Teluk Maumere. Lokasi ini menjadi lokasi populer untuk menyelam karena keindahan bawah lautnya tidak bisa di elakkan.

Tidak hanya satu lokasi saja, anda bisa menjelajah 19 pulau dengan terumbu karang dan biota lautnya yang menawan.

Surga dunia satu ini belum ter eksplor sehingga memiliki keindahan yang masih terjaga.

Jika anda bertandang ke wisata unik di Maumere satu ini, jangan lupa untuk mengabadikan momen dibawah air.

Anda juga harus merasakan pengalaman menyelam di taman laut Teluk Maumere yang menjadi tempat paling disukai fotografer dunia.

Agar liburanmu lebih leluasa, tidak ada salahnya menyewa perahu atau boat sebagai sarana transportasi. Dengan begitu anda bisa menjelajah lebih banyak keindahan dari wisata bahari milik Maumere ini.

8. Desa Watublapi

Di Kota Maumere, bukan hanya wisata alam yang bisa dikunjungi tetapi juga wisata budaya. Nah, destinasi wisata di Maumere yang wajib kamu datangi salah satunya adalah Desa Watublapi.

Desa yang berada di Kajowair, Kecamatan Hewokloang ini masih lekat dengan budaya asli Indonesia Timur yang bisa memberimu pengalaman yang tidak terlupakan seperti menjelajahi etnografi, arkeologi, budaya, kuliner hingga arsitektur khas dari desa ini.

Desa Watublapi juga terkenal dengan kerajinan kain tenun yang dilakukan oleh para perempuan desa menggunakan peralatan tradisional dengan teknik pola langka berikut dengan pewarna alami dari tumbuhan.

Sedangkan laki-laki di Desa Watublapi beternak dan menanam tanaman. Budaya tradisional di desa ini pun masih sangat dilestarikan, lho!

Jika kamu datang ke desa ini di acara-acara khusus kamu bisa menyaksikan pertunjukan musik & tarian tradisional untuk menjunjung nilai-nilai loyalitas, persahabatan dan rasa hormat terhadap budaya leluhur.

9. Pulau Pangabatang

Masih dengan keindahan pantai yang bisa menjadi salah satu daftar tujuan saat datang ke Maumere adalah Pulau Pangabatang yang bisa ditempuh dari pelabuhan Lorens Say di Kota Maumere selama 1 jam.

Destinasi wisata Maumere yang ini adalah pulau kecil yang terletak di sekitar Teluk Maumere dan masih memiliki sedikit penduduk.

Maka pengunjung serasa memiliki pulau pribadi nan indah dengan terbentangnya hamparan pasir putih dan air laut berwarna biru dan jernih.

Dijamin jika datang ke pulau ini galeri foto di smartphone akan penuh dengan foto dan video indahnya pulau Pangabatang.

Tidak lengkap jika kamu tidak mencoba untuk menyelam di pulau ini karena biota bawah laut di Pangabatang tidak kalah indah.

10. Pantai Waiara

Kabupaten Sikka di Provinsi Nusa Tenggara Timur juga mempunyai banyak sekali pantai cantik, yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi oleh para wisatawan, salah satunya adalah Pantai Waiara.

Lokasi Pantai Waiara hanya berjarak kurang lebih 11 kilometer dari pusat Kota Maumere, atau lebih tepatnya lagi berada di Desa Wai Ara, Kecamatan Kewapante, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.

Selain dikenal memiliki pemandangan pantai yang begitu indah, Pantai Waiara juga dikenal mempunyai perairan dengan terumbu karang berwarna-warni, dan beragam jenis biota laut yang eksotis.

Nah, itulah tadi beberapa tempat wisata di Maumere NTT yang indah dan wajib kamu kunjungi. Happy holiday!

Tag : #wisata maumere    #maumere    #travel    #tempat wisata    #ntt   

Baca Juga