Wisata kuliner Aceh

Rekomendasi Wisata Kuliner di Aceh yang Populer dan Lezat

Wanovy | Travel | 18-01-2022

PARBOABOA, Aceh - Berwisata ke Aceh menjadi semakin lengkap jika kamu sekaligus mencicipi wisata kuliner yang ada di Aceh. Selain lezat, menikmati makanan khas juga dapat melepas penat.

Selain terkenal dengan tempat wisatanya yang indah, Aceh juga terkenal akan sajian kuliner khas yang sayang untuk dilewatkan dan pastinya ditawarkan dengan harga yang terjangkau.

Salah satu destinasi wisata tanah air adalah Banda Aceh, kota yang terletak di Pulau Sumatera ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang. Mulai dari kekayaan alamnya hingga sajian kulinernya yang menggugah selera.

Saat berada di kota ini juga sangat sayang jika tidak sempat mencicipi aneka hidangan lezat yang beragam tersebut. Lalu apa saja wisata kuliner di Aceh? Simak ulasannya berikut ini.

Ada begitu banyak makanan khas yang wajib kamu coba jika bertandang ke Aceh. Berikut rekomendasi makanan khas dan wisata kuliner di Aceh yang pastinya mengundang selera.

1. Kuah Pliek

Ini adalah wisata kuliner di Aceh yang paling disukai masyarakatnya terutama yang berada di daerah Timur Aceh, Aceh Pidie dan sekitarnya.

Bahan utama dari kuah pliek ini adalah pliek u, yaitu sisa perahan kelapa pada pembuatan minyak kelapa bukan melalui pemanasan tetapi melalui fermentasi.

Ciri makanan khas Aceh ini adalah pencampuran berbagai sayuran yang telah dipotong kecil-kecil termasuk cabai hijau. Jadi, bila kamu pecinta makanan pedas, Kuah Pliek ini wajib kamu coba.

2. Mie Aceh

Mie satu ini sudah banyak dikenal oleh masyarakat di luar kota Aceh. Mi Aceh disajikan dengan dua cara yaitu kuah dan goreng. Keduanya sama-sama memiliki cita rasa yang pedas. Mi Aceh memiliki tekstur mi yang berbeda, berbentuk seperti spagheti atau mirip dengan mi lidi.

Mi Aceh yang kemudian dicampur dengan berbagai macam rempah khas Aceh, kemudian ditambahkan dengan sayuran taoge dan lauk. Ada mi Aceh yang dimasak dengan daging daging sapi, seafood, dan masih banyak lagi.

3. Ayam Tangkap

Mengonsumsi berbagai olahan ayam pasti kebanyakan orang sudah tak asing. Namun pernahkah kamu mencoba ayam tangkap khas Aceh?.Ayam tangkap merupakan makanan khas yang populer di kota ini. Olahan yang super lezat ini di masak menggunakan banyak rempah alami sehingga soal rasa tentu menggugah siapa pun yang hendak memakannya.

Dalam pengolahan pada umumnya tak beda jauh dengan olahan ayam lain. Ayam di racik dengan berbagai bumbu seperti biasa.

Bedanya saat kondisi setengah matang, perlu ditambahkan berbagai dedaunan seperti salam, daun kari hingga daun pandan. Dedaunan itu menambah aroma sedap pada makanan serta bisa pula di konsumsi. Tambahan nasi hangat membuat rasa lapar hilang seketika.

4. Ayam Keueng

Wisata kuliner Aceh ini dapat ditemui secara mudah di warung-warung Aceh. Kuah Asam Keueng ini merupakan masakan ikan. Biasanya orang-orang Aceh menggunaan ikan tongkol, lele atau lainnya, yang diolah dengan rasa khas Asam Keueng.

Asam yang digunakan adalah asam sunti, yaitu asam yang dibuat dair buah belimbing wuluh yang sudah dikeringkan.

5. Kuah Si Itek

Wisata kuliner Aceh yang satu ini adalah pilihan tepat untuk yang gemar cita rasa daging itik. Bebeda dengan kuliner berbahan itik pada umumnya, makanan asal Aceh satu ini memiliki resep tersendiri dengan berbagai bumbu-bumbu yang membuatnya mampu memberikanmu pengalaman mengonsumsi olahan itik yang berbeda.

6. Masak Puteh

Wisata kuliner di Aceh yang berikutnya adalah Masak Puteh yang juga menggunakna daging sapi atau lembu. Tapi tak jarang bebek pun digunakan.

Makanan khas Aceh ini tidak pakai cabai, tetapi sebagai penambah rasa pedas digunakan lada serta kapulaga.

Uniknya, masakan ini tidak boleh menggunakan kelapa ginseng merah tetapi harus kelapa ginseng putih serta semua bumbu harus digiling halus.

Nah, itulah rekomendasi wisata kuliner di Aceh yang bisa kamu coba saat berkunjung kesini. Semoga bermanfaat!

Tag : #wisata aceh    #aceh    #tempat wisata    #kuliner aceh   

Baca Juga