Wisata kuliner Jogja terhits dan legendaris

10 Wisata Kuliner Jogja Terhits dan Legendaris Yang Patut Kamu Coba

Wanovy | Travel | 07-02-2022

PARBOABOA – Yogyakarta Yogyakarta adalah kota tujuan wisata utama selain Bali dan juga Bandung, kota ini memiliki sejumlah tujuan wisata budaya, alam, dan kuliner.

Selain itu, Jogja atau Yogyakarta juga dikenal sebagai kota pendidikan karena mempunyai universitas negeri dan universitas swasta terbaik.

Jangan salah juga lo, wisata kuliner Yogyakarta terbilang banyak, apalagi kuliner jogja malam hari pun seru.

Berbicara tentang wisata kuliner Jogja, pasti seketika kamu akan mengingat lezatnya sajian gudeg manis sayur krecek atau camilan bakpia legit dan lembut.

Tidak salah, kedua makanan tersebut memang merupakan makanan khas Yogyakarta yang populer dan sudah dikenal oleh masyarakat luas. Kedua makanan ini pun menjadi hidangan wajib yang harus dicoba saat berkunjung ke Kota Pelajar ini.

Namun, kuliner Yogyakarta bukan sebatas gudeg atau bakpia saja. Hingga kini terdapat berbagai macam kuliner Yogyakarta yang tidak kalah populer di masyarakat.

Bahkan beberapa wisata kuliner Jogja terhits dan digemari banyak masyarakat ini berasal dari warung sederhana yang bisa kamu temukan di pinggir jalan.

Pensaran apa saja? Berikut ini rekomendasi wisata kuliner Jogja terhits dan legendaris yang bisa kamu coba.

1. Gudeg Yu Djum

Bagi wisatawan maupun masyarakat lokal, soal gudeg mana yang paling enak di Kota Gudeg akan menghadirkan perdebatan tersendiri. Sebagaimana bakpia, tiap-tiap merek gudeg punya penggemarnya masing-masing, karena memang meski terlihat sama, masing-masing gudeg punya keunikannya masing-masing.

Gudeg Yu Djum merupakan gudeng yang cukup populer di Jogja karena tekstur yang kering meski di saat yang sama, memang relatif lebih manis daripada gudeg lain.

Gudeg lainnya yang enggak kalah terkenal di Jogja adalah Gudeg Mbah Lindu, Gudeg Permata, dan Gudeg Pawon. Kamu bisa coba satu-satu setiap kali liburan ke Jogja!

2. Oseng Mercon

Banyak pelancong yang memasukkan kuliner pedas Oseng Mercon khas Bu Narti ke dalam daftar makanan wajib yang harus dicicipi selama di Jogja. Makanan pedas ini sudah jadi primadona baru di Jogja selain gudeg.

Kamu bisa menambahkan kelezatan oseng-oseng dengan menu lainnya seperti ayam, telur, tahu atau tempe. Racikan bumbu dengan sensasi pedas yang khas membuat wisata kuliner Jogja terhits ini digandrungi banyak pelanggan setia.

3. Mie Ayam Bu Tumini

Rekomendasi wisata kuliner Jogja terhits yang tidak kalah lezat berikutnya adalah mi ayam Bu Tumini. Dikatakan, mi ayam ini adalah mi ayam terenak di Yogyakarta. Kamu bisa menikmati sajian mi ayam yang lembut dengan kuah dan campuran ayam gurih menggugah selera.

Satu porsi mi ayam Bu Tumini bisa Anda dapatkan dengan harga Rp8.000 saja. Bagi yang tertarik, bisa segera datang ke warung mi ayam Bu Tumini di darah Umbulharjo. Warung ini biasanya buka pukul 10.000 – 17.00 WIB.

4. Gudeg Bromo Bu Tekluk

Gudeg Bromo Bu Tekluk wajib masuk ke dalam destinasi kulinermu. Lokasinya ada di Jalan Affandi Nomor 2A, Santren, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Kalau ke sini, kamu harus rela antre karena tak biasanya ramai. Bahkan sebelum buka pun biasanya sudah banyak yang menunggu.

Wisata kuliner Jogja terhits yang satu ini menyajikan gudeg basah yang rasanya dominan gurih. Kuah areh dan sambal kreceknya pun berkuah sehingga cocok disantap pada malam hari.

7. Lumpia Sriwijaya

Lumpia samijaya juga termasuk salah satu wisata kuliner Jogja terhits dan legendaris yang patut kamu coba. Camilan lumpia samijaya ini juga sudah terkenal dan digemari banyak masyarakat Jogja.

Untuk membuktikannya, datang saja ke Jalan Malioboro No.18 antara pukul 08.000 – 21.00 WIB. Satu lumpia bisa didapatkan dengan harga Rp6.000 saja sehingga kamu bisa membeli dalam jumlah banyak untuk dikonsumsi bersama teman maupun keluarga.

8. Angkringan Kopi Joss Lik Man

Ada yang bilang, belum ke Jogja kalau belum menikmati nasi kucing plus Kopi Joss di angkringan pinggiran rel Lek atau Lik Man. Nasi kucing bukan nasi untuk kucing lho, tapi nasi yang porsinya sedikit dengan orek tempe dan sambal teri.

Satu lagi yang mengesankan dari angkringan Jogja yang paling terkenal ini, kamu harus coba Kopi Joss yaitu kopi panas yang diberi arang panas. Tenang saja, ini tidak berbahaya, karena arangnya langsung diambil dari tungku yang pastinya sudah membuat arang tersebut steril.

Cara penyajian kopi ini juga sangat unuk karena dicampur dengan arang yang masih membara. Bunyi 'josssss' yang ditimbulkan inilah yang membuat kopi ini disebut Kopi Jos.

9. Sate Klathak Pak Bari

Sate klathak sendiri merupakan sate daging kambing dengan bumbu minimalis, hanya berupa garam, merica, bawang, dan ditusuk dengan besi alih-alih tusuk sate kayu.

Rasanya? Gurih banget, dengan daging yang empuk karena secara teori, tusuk sate besi yang digunakan membantu bagian dalam daging lebih masak daripada menggunakan tusuk sate kayu.

Bahkan walau kamu enggak suka daging kambing sekalipun, setidaknya harus coba sate klathak ini walau satu tusuk saja. Soalnya rasanya, berbeda dengan sate kambing yang biasa kamu temukan.

Wisata kuliner Jogja terhits yang satu ini satu porsinya berisi dua tusuk, dengan daging sate yang tebal-tebal banget sehingga seporsi aja udah cukup buat satu orang.

10. House of Raminten

Yang bikin House of Raminten sangatlah unik bukan cuma makanannya, tapi juga konsepnya dan atmosfernya. Nuansa Jawa kental banget di House of Raminten, dari bentuk restoran yang memiliki pendopo, musik gendhing, dan bahkan kamu bisa menghirup aroma dupa di sini.

Makanannya sendiri rata-rata makanan restoran yang sudah familiar untuk kita, dengan beberapa menu khas yang memiliki nama yang unik-unik banget. Kombinasi harga makanan yang murah, rasa yang enak, plus atmosfer restoran yang unik akan membuat kamu nyaman ketika berada di tempat wisata kuliner Jogja terhits yang satu ini.

Nah, itulah 10 rekomendasi tempat wisata kuliner Jogja terhits dan legendaris yang bisa kamu jadikan referensi untuk memanjakan lidahmu saat berkunjung kesini.

Bagi kamu yang mencari penginapan, kami juga sudah siapkan rekomendasi penginapan di Jogja yang unik dan nyaman untuk kamu tinggali. Semoga bermanfaat!

Tag : #wisata jogja    #Yogyakarta    #tempat wisata    #kuliner jogja   

Baca Juga