7 Wisata Kuliner Khas Temanggung yang Lezat dan Populer

Wisata kuliner Temanggung, Jawa Tengah, foto: Instagram.com/maikel_mikel

PARBOABOA, Temanggung - Temanggung memiliki beragam kuliner khas yang sudah terkenal dengan citarasanya, dan dijamin memanjakan lidah kamu, cocok bagi wisatawan yang ingin mencoba hal baru.

Temanggung merupakan sebuah wilayah yang memiliki topografi yang termasuk ke dalam kategori dataran tinggi.

Sudah sejak lama, Temanggung tersohor sebagai daerah yang menghasilkan tembakau dan kopi berkualitas super.

Namun, perlu diketahui juga bahwa Temanggung memiliki khazanah kuliner yang tidak terkalahkan. Kuliner-kuliner tersebut sangat bervariasi, mulai dari kuliner tradisional bercita rasa manis hingga kuliner yang bercita rasa gurih.

Ragam kuliner khas Temanggung mayoritas didominasi oleh kuliner yang berbahan baku tumbuhan lokal, seperti singkong.

Nah buat yang penasaran, berikut Parboaboa sajikan 7 wisata kuliner Temanggung yang wajib dikunjungi. Check it out!

1. Nasi Goreng Tembakau

Nasi Goreng Tembakau Temanggung (Foto: Instagram/@heriirfani)

Wisata kuliner Temanggung pertama adalah Nasi Goreng Tembakau. Olahan nasi satu ini sedikit berbeda dengan nasi goreng pada umumnya, yang mana kebanyakan menggunakan ayam atau telur.

Sesuai dengan namanya, nasi goreng ini dicampurkan dengan tembakau. Dengan perpaduan yang pas mampu menciptakan cita rasa yang khas dan tentunya sangat lezat. Bahkan ada dua jenis berbeda, yakni mbako srintil dan mbako biasa.

2. Gudeg Mbok Benik

Gudeg Mbok Benik Temanggung (Foto: YouTube/@Javanese culinary)

Untuk kamu pecinta gudeg, tenang di Temanggung juga ada nih gudeg yang bisa kamu nikmati saat berkunjung kesana.

Gudeg satu ini bisa banget menjadi salah satu pilihan wisata kuliner Temanggung yang kamu cicipi saat berada disana.

Cita rasa gudeg ini sudah melegenda di daerah Temanggung, jadi kamu tidak perlu khawatir untuk mencoba gudeg ini.

Bagi pecinta gudeg kalian wajib Cobain gudeg disini, rasakan perbedaan rasa gudeg khas temanggung dengan gudeg jogja mana nih yang paling terasa nikmat menurut kalian.

Wisata kuliner Temanggung satu ini berlokasi Jl. Gatot Subroto No.9, Tawangsari, Kebonsari, Kec. Temanggung, Kabupaten Temanggung.

3. Ayam Geprek Nonix

Ayam Geprek Nonix Temanggung (Foto: TripAdvisor)

Ayam geprek Nonix merupakan salah satu wisata kuliner Temanggung yang cukup populer. Bagi kamu yang doyan dengan jajanan ayam, restoran ini sangat cocok buat kamu.

Sangat direkomendasikan buat kamu yang pecinta rasa pedas. Dengan porsi yang besar bisa membuat kamu lebih kenyang dan memuaskan kamu. Untuk masalah harga jangan takut, ayam geprek ini tidak menguras dompet kamu.

Lokasinya pun sangat starategis dekat dengan beberapa penginapan dan hotel dan bahkan dekat dengan objek wisata di kota Temanggung. Lokasinya berada di Jl. Raya Ngadirejom No 004 Petirejo, Ngadirejo Temanggung.

4. Kedai Siomay Kang Su

Kedai Siomay Kang Su Temanggung (Foto: Restaurant Guru)

Kedai siomay Kang Su ini sangat enak dengan cita rasa sambel kacang yang amat memanjakan lidah kamu. Selain dari itu tekstur siomaynya sangat lembut di lidah membuat kamu semakin cinta siomaynya.

Dengan harga cukup murah tidak mengurangi nikmatnya siomay Kang Su. Untuk menikmati kuliner Temanggung ini kamu bisa mencicipinya pada pukul 17.30 sampai 23.30. Segera ke jalan Sudirman Nomor 40, Temanggung.

5. Rumah Kopi Mukidi

Rumah Kopi Mukidi Temanggung (Foto: Instagram/@ceritakopimukidiyogya)

Pencinta kopi lokal dilarang skip berkunjung ke Rumah Kopi Mukidi. Pasalnya, kopi khas Temanggung yang telah tersohor hingga mancanegara menjadi racikan utama di rumah kopi ini.

Bukan kedai atau kafe instagenic layaknya coffee shop kekinian, Rumah Kopi Mukidi memilih suasana ndeso dengan panorama ciamik di lereng antara gunung Sindoro dan Sumbing.

Perjalanan untuk tiba di wisata kuliner Temanggung  ini juga gak semudah itu karena kabarnya gak ada petunjuk jalan supaya perjuangan menuju Rumah Kopi Mukidi lebih seru.

Beberapa manual brew yang bisa kamu cicipi, yaitu kopi tubruk, V60, Vietnam Drip, French Press, Mokapot, Espresso, dan kopi Luwak. Jangan lupa memesan pisang goreng, pisang keju, atau singkong goreng untuk temani kamu menyesap kopi khas Mukidi.

6. Kupat Tahu Batoar

Kupat Tahu Batoar Temanggung (Foto: Instagram/@rineksolaban)

Menghidangkan potongan tahu goreng, ketupat, irisan kubis, dan tauge, lalu disiram dengan bumbu kacang yang kental dan kecap, sajian di kedai Kupat Tahu Batoar dijamin bikin kamu auto kenyang. Porsinya yang terbilang besar bisa kamu nikmati sebagai menu sarapan maupun santap siang.

Untuk mencapai wisata kuliner Temanggung satu ini, kamu hanya perlu berkendara selama 2 menit dari Alun-alun Temanggung. Lokasinya yang berada di pusat kota memudahkan siapa saja untuk menjajal kuliner ini.

Sepiring Kupat Tahu Batoar dibanderol sekitar Rp12 ribuan. Kalau kurang kenyang, kamu bisa tambah lauk satai telur atau aneka gorengan yang tersedia.

7. Bakso Lombok Uleg Pak Di

Bakso Lombok Uleg Pak Di Temanggung (Foto: Instagram/@asharimx)

Dalam Bahasa Jawa, lombok ulek berarti cabai yang diulek atau dihaluskan. Hal inilah yang menjadi ciri khas penyajian bakso di wisata kuliner Temanggung milik Pak Di.

Bukan semangkuk bakso dengan mi kuning atau putih. Melainkan cabai rawit hijau yang ditumbuk kasar di atas mangkuk, kemudian ditambah potongan ketupat, tahu goreng, bakso, irisan seledri, taburan bawang goreng, dan disiram kuah kaldu panas. Sebab itulah, wadah sambal gak akan kamu jumpai di meja-meja pengunjung.

Karena seporsi bakso Pak Di sudah termasuk cabai rawit yang diulek, kamu bisa request tingkat kepedasan yang kamu inginkan.

Kamu juga bisa memesan varian bakso lombok ulek yang tersedia, yaitu bakso komplet, bakso tahu, bakso kupat, atau bakso kuah. Harga semua jenis bakso dipukul rata, sekitar Rp14 ribu per porsi.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi wisata kuliner khas Temanggung yang wajib kamu kunjungi. Semoga bermanfaat!

TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS