Wisata malam Bandung, foto: SMNNews

10 Tempat Wisata Malam di Bandung Jawa Barat, Cocok Untuk Pasangan Atau Keluarga

Wanovy | Travel | 24-11-2022

PARBOABOA, Bandung - Liburan ke Bandung tidak lengkap rasanya jika tak menikmati suasana malam di sana. Kota Bandung yang terlihat indah di malam hari cocok buat menghabiskan waktu bersama teman-teman atau pasangan.

Kamu bisa mengendarai kendaraan pribadi dengan berkunjung ke pusat kuliner atau tempat wisata.

Nah, buat kamu yang sedang berada di Kota Kembang, simak ulasan 10 tempat wisata malam di Bandung berikut ini.

1. Alun-Alun Bandung

Wisata malam Bandung yang pertama adalah Alun-Alun Bandung. Jika kamu ingin berjalan-jalan di pusat kota pada malam hari, jangan lupa untuk mampir ke Alun-Alun Bandung.

Tempat wisata ini memiliki area rumput sintetis yang luas yang bisa kamu gunakan untuk bersantai. Tempat ini sangat cocok dinikmati bersama keluarga atau teman-teman.

Bagi kamu yang beragama Islam, terdapat Masjid Raya Bandung yang bisa kamu kunjungi untuk melaksanakan ibadah salat.

Di Alun-Alun Bandung kamu juga bisa menuju Jalan Asia Afrika karena lokasinya yang berdekatan. Tak lupa penjual kaki lima yang sudah menunggu kamu dengan dagangannya yang lezat di waktu malam.

2. Bukit Bintang

Bukit Bintang atau yang disebut Bukit Moko ini bisa jadi pilihan wisata malam dengan suasana romantis.

Tempat yang berada di dataran tinggi ini memiliki pemandangan Kota Bandung yang sangat indah di malam hari.

Karena berada di dataran tinggi tentu saja udaranya dingin. Jadi jangan lupa gunakan pakaian tebal atau jaket, ya!

Di sana kamu bisa melakukan sejumlah kegiatan menarik, mulai dari sekedar menikmati makanan, berkemah, trekking, menyusuri hutan pinus, hingga melihat sunset.

Tempat ini juga menyediakan fasilitas yang memadai, mulai dari tempat parkir, musola, toilet, hingga area makan yang nyaman.

3. Jalan Braga

Salah satu ikon Kota Bandung ini wajib kamu kunjungi. Mengapa? Karena tempat ini merupakan destinasi favorit di Bandung.

Waktu terbaik untuk menyusuri jalan ini adalah saat malam hari. Suasana klasik khas Eropa akan sangat terasa di malam hari.

Di sepanjang jalan, kamu akan menemui sederetan toko-toko, mall, hingga café-café yang kekinian.

Tidak heran jika Braga selalu ramai oleh pengunjung. Lokasinya yang dekat dengan pusat kota juga membuat jalan ini menarik perhatian banyak wisatawan.

Jika kamu ke Bandung, wajib coba nongkrong di salah satu café yang ada di sana. Konsep bangunan di sana juga menarik, sehingga tidak sedikit orang yang menggunakan tempat ini sebagai spot foto.

4. Dago Tea House

Dago Tea House adalah taman budaya Jawa Barat yang menampilkan berbagai pagelaran kesenian khas Jawa Barat.

Tempat Ini kurang lebih seluas 4 hektar dengan berbagai fasilitas kesenian yang memadai, seperti taman teater, gedung teater tertutup, cafetaria, sanggar tari, dll.

Selain dapat menikmati kesenian, yang menarik dari tempat ini untuk dikunjungi saat malam hari adalah kamu bisa bersantai sambil minum teh dan menikmati indahnya kerlap kerlip lampu lampu kota Bandung dari dataran tinggi Dago.

5. Kawasan Punclut (Puncak Ciumbuleuit)

Punclut merupakan dataran tinggi pegunungan bandung yang letaknya hanya sekitar 7 KM dari pusat Kota Bandung. Tepatnya, Punclut terletak di Jalan Rereongan Sarupi, Ciumbuleuit, Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat.

Punclut bagus untuk dinikmati saat siang ataupun malam hari. Namun, saat malam hari, keindahan yang akan kamu dapatkan akan bertambah dua kali lipat.

Jika kamu mengunjungi Punclut pada malam hari, kamu akan disuguhi dengan pemandangan citylights Kota Bandung dari ketinggian. Kamu juga bisa melihat pemandangan Gunung Malabar dan Gunung Patuha.

6. Warung Langit

Untuk kamu yang sedang mencari wisata malam Bandung untuk nongkrong, makan-makan maupun hanya sekedar menikmati pemandangan Bandung di malam hari, maka sebaiknya mampir ke Warung Langit. Tempat wisata murah meriah ini dijamin tidak akan menguras dompetmu.

Tempatnya begitu alami dengan nuansa yang amat tenang. Di tempat ini kamu bisa mencicipi berbagai kuliner khas Bandung merakyat dengan cita rasa khas Jawa Barat.

Misalnya, bandrek, teh dan kopi. Semakin seru dan asyik rasanya jika kamu kemari bersama orang tersayang.

7. Mercusuar Cafe and Resto

Ide wisata malam Bandung berikutnya adalah Mercusuar Cafe and Resto. Ini merupakan kafe terbaik di Bandung yang terletak tepat di bukit Kota Bandung dengan ikon kastil dari abad pertengahan, kapal maupun mercusuar terkenal. Pastinya sangat indah dan eksotis.

Dengan akses jalan menuju lokasi yang bagus, maka kamu tidak membutuhkan waktu lama untuk sampai kemari.

Kamu bisa memutar setir kendaraan menuju ke Lembah Pakar Timur 2 untuk tiba di Mercusuar Cafe and Resto.

8. Lampion Park Tegallega Bandung

Mengajak keluarga jalan-jalan menikmati waktu malam Bandung bisa menjadi solusi bagi kamu yang sangat sibuk.

Kamu bisa datang ke taman lampion yang terletak di kawasan Lapangan Tegallega Bandung, tepatnya Jl. BKR, Ciateul, Kec. Regol, Kota Bandung, Jawa Barat 40252.

Taman lampion yang tergolong baru ini menyediakan banyak lampion, seperti patung tyrex, dinosaurus, serta lampion lainnya.

9. Kiara Artha Park

Merasakan suasana seperti di Korea Selatan tak harus pergi jauh-jauh ke Negeri Ginseng. Kita juga bisa berkunjung ke Kiara Artha Park. 

Tempat wisata malam Bandung satu ini punya sudut dengan desain arsitektur khas tradisional Korea Selatan yang kental dan bisa dijadikan spot foto yang menarik.

Tak hanya itu, pengunjung yang datang di sore dan malam hari berkesempatan menyaksikan pertunjukan air mancur atau dancing fountain sambil bersantai di pinggir danau buatan.

Dengan membayar tiket masuk Rp 10.000, pengunjung bisa menikmati berbagai fasilitas tersebut, termasuk berolahraga di jalur lari yang ada di sana.

10. Hutan Menyala Djuanda Bandung

Ingin mengunjungi tempat wisata malam di Bandung dengan inovasi yang instagramable terbaru ? Hutan Menyala Tahura Djuanda bisa menjadi destinasi wisata alam yang patut dikunjungi.

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda (Tahura Djuanda) merupakan kawasan konservasi sekaligus kebun raya di Bandung, Jawa Barat.

Destinasi wisata ini merupakan salah satu paru-paru kota Bandung dan dibuka setiap hari dari pagi hingga malam.

Khusus malam hari, taman hutan di kota Bandung ini akan memberikan tema yang berbeda yaitu Hutan Menyala.

Hutan Menyala merupakan hasil gagasan dari Sembilan Matahari (NM) dan The Lodge Maribaya yang bekerja sama dengan Taman Hutan Raya Djuanda.

Taman hutan ini mengambil konsep perpaduan alam, seni dan teknologi yang bertujuan untuk membuat kita lebih peka terhadap sikap kita kepada lingkungan sekitar. Pastinya, pemandangan Hutan Menyala akan sangat cantik dipandang mata,

Karena ada banyak hiasan lampu warna-warni serta permainan efek audiovisual dengan konsep bercerita yang dapat membuat wisatawan merasakan sensasi berada di dunia fantasi.

Nah, itulah tadi beberapa tempat wisata malam di Bandung, Jawa Barat yang bisa kamu kunjungi bersama orang tersayang. Semoga bermanfaat!

Tag : #wisata bandung    #bandung    #travel    #tempat wisata    #wisata malam bandung    #jawa barat   

Baca Juga