parboaboa

10 Tempat Wisata Religi di Semarang yang Unik dan Menarik Untuk Dikunjungi

Wanovy | Travel | 13-01-2023

Kelenteng Sam Poo Kong meruapakan salah satu tempat wisata religi di Semarang, foto: mytrip123.com

PARBOABOA, Semarang - Ibukota provinsi Jawa Tengah punya begitu banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata alam, kuliner, sampai religi.

Kalau Anda sudah mencoba mengunjungi Lawang Sewu atau mencicipi tahu gimbal ala Semarang, mungkin sekarang saatnya berwisata religi.

Semarang punya banyak tempat ibadah dengan arsitektur keren. Dari yang bernuansa Tiongkok sampai Eropa. Cocok untuk foto-foto Instagramable.

Berikut ini beberapa tempat wisata religi di Semarang yang bisa bikin foto-foto traveling-mu semakin ciamik.

1. Sam Poo Kong

Kelenteng Sam Poo Kong ini dibangun untuk memperingati kedatangan Laksamana Cheng Ho di Pantai Samongan pada 1416 silam. Cheng Ho kala itu memutuskan merapat karena juru mudi kapalnya, Wang Jing Hong, sakit keras.

Cheng Ho memilih perhentian ini karena menemukan gua batu yang memiliki mata air. Cheng Ho lalu melanjutkan perjalanan, sedangkan juru mudinya bersama beberapa pengawal tetap tinggal di gua tersebut.

Mereka kemudian menceritakan keberanian dan kebijakan Cheng Ho sebagai pemimpin sehingga akhirnya mereka mendirikan simbol penghormatan berupa patung setinggi 12 meter yang kini menjadi ikon di Semarang. Patung yang terbuat dari perunggu itu disebut sebagai patung tertinggi di dunia.

Hingga saat ini di Vihara Sam Poo Kong ada empat kelenteng. Pada kelenteng utama, masih terdapat mata air yang ditemukan Cheng Ho.

Jam operasional Sam Poo Kong Pukul 08.00-20.00 WIB dan buka setiap hari.

2. Gereja Blenduk

Gereja Blenduk Semarang dibangun pada 1753 dan menjadi salah satu landmark di Kota Lama. Lokasi bangunan ini berada di Jalan Letjend Suprapto No 32 Kota Lama Semarang dan bernama Gereja GPIB Immanuel.

Gereja ini masih dipergunakan untuk peribadatan setiap hari Minggu. Gereja Kristen Protestan ini diberi nama Gereja Blenduk karena bentuk kubahnya yang blenduk alias menggembung.

Mengutip situs Center of Excellence Budaya Jawa, bangunan gereja ini dibangun abad ke-17 sudah tiga kali mengalami renovasi, yakni pada 1753, 1894 dan terakhir tahun 2003.

Mulanya gereja Blenduk berbentuk rumah panggung Jawa, kemudian diubah dengan arsitektur Belanda pada 1894 oleh HPA de Wilde dan W Westmas.

Di bagian balkon gereja masih ada organ peninggalan zaman Belanda yang berusia ratusan tahun. Sayangnya organ ini sudah tidak bisa difungsikan lagi.

3. Vihara Buddhagaya Watoagong

Vihara Buddhagaya merupakan salah satu tempat ibadah umat Buddha yang terletak di daerah Pudakpayung, Kecamatan Banyumanik, Semarang. Lokasinya tepat berada di depan Markas Korem IV/Diponegoro.

Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watuagong ini tertinggi di Indonesia dengan ketinggian mencapai 45 meter. Pagoda ini memiliki tujuh tingkatan yang didesain semakin menyempit ke atas.

Pagoda Buddhagaya ini juga dikenal dengan nama Pagoda Dewi Kwan IM, Pagoda Metakaruna atau Pagoda Cinta Kasih.

Pada pelataran pagoda, Anda dapat melihat patung Sidharta Gautama duduk di bawah pohon Bodhi yang rindang sedangkan di area belakang terdapat patung Buddha tertidur berwarna cokelat dengan pakaian dan tubuh berwarna emas.

4. Pagoda Watugong

Di Semarang ada juga sebuah pagoda dengan arsitektur keren yang populer sebagai tujuan wisata religi Semarang, namanya pagoda Avalokitesvara Watugong.

Pagoda yang lebih dikenal dengan nama Pagoda Watugong ini terdiri dari tujuh lantai dengan tinggi mencapai 45 meter. Sempat memecahkan rekor MURI sebagai pagoda tertinggi di Indonesia.

Pagoda ini memiliki arsitektur gaya Tiongkok yang menawan, didominasi warna merah dan ukir-ukiran naga, burung hong, serta kura-kura yang menjadi ciri khas bangunan China kuno.

Sekilas bangunan ini tampak seperti Pagoda Shuikou yang ada di China. Foto di depan pagoda maupun halaman sama cantiknya. Pasalnya di halaman juga banyak patung dan aksesoris yang menghiasi pepohonan.

5. Masjid Agung Jawa Tengah

Tempat wisata religi di Semarang selanjutnya adalah Masjid Agung Jawa Tengah. Dikenal juga sebagai Masjid Agung Semarang, tempat ibadah yang satu ini juga populer buat objek foto.

Bahkan ada yang menyebutnya kembaran Masjidil Haram atau Masjid Nabawi. Soalnya di sana juga ada kubah-kubah rakasa yang bisa dibuka tutup.

Kompleks bangunan Masjid Agung Jawa Tengah ini punya banyak spot Instagramable. Pemandangan kota Semarang yang terlihat dari puncak gedungnya juga keren, lho.

6. Pura Agung Giri Natha

Setelah klenteng, masjid, dan gereja, sekarang saatnya wisata religi ke tempat ibadah agama Hindu. Kali ini di Pura Hindu Dharma Giri Natha yang ada di Jalan Sumbing No. 12.

Pura ini berada di tengah kota Semarang, jadi tak sulit dijangkau. Tetapi untuk mencapai ke lokasi pura yang ada di ketinggian, pengunjung harus berjalan sekitar 300 meter. Tetapi pemandangan kota yang bisa disaksikan dari sana benar-benar cantik.

Tetapi tempat wisata religi Semarang ini tertutup untuk umum jika sedang digunakan untuk ritual keagamaan. Jadi sebaiknya pergi ke sana di luar jam-jam ibadah.

7. Masjid Kapal Semarang

Masjid yang viral di tahun 2017 hingga sekarang tidak memiliki nama resmi tetapi masyarakat menyebutnya Masjid Bahtera Nabi Nuh.

Bentuknya yang unik memang seperti kapal laut yang dijadikan tempat ibadah, menarik para wisatawan yang beribadah sekaligus melihat keindahan dan keunikan wisata religi satu ini.

8. Klenteng Tay Kak Sie

Gang Lombok bukan hanya mempunyai tempat kuliner lumpia yang terkenal, tapi juga ada rumah ibadah dengan arsitektur indah di sana, yaitu Klenteng Tay Kak Sie.

Klenteng ini dibangun pada 1746 dan menjadi wisata sejarah di Semarang dengan bangunan yang masi asli.

Awalnya didirikan untuk menyembah Dewi Koan Sie Im Po Sat, kemudian berkembang menjadi tempat pemujaan banyak dewa dan dewi lain dari ajaran Konfusisme dan Taoisme.

Selain bagian ekteriornya yang indah, Anda pun bisa masuk ke dalam untuk melihat ornamen-orneman yang tak kalah indahnya.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi tempat wisata religi Semarang yang unik dan menarik untuk dikunjungi. Semoga bermanfaat!

Editor: -

Tag: #wisata semarang    #semarang    #travel    #tempat wisata    #wisata religi    #jawa tengah   

BACA JUGA

BERITA TERBARU