Ilustrasi, foto: Himal Sanchar

Xiaomi Kembangkan Teknologi Fast Charging 210 Watt, Cas Baterai Full Cuma 8 Menit

Wanovy | Teknologi | 15-11-2022

PARBOABOA - Untuk smartphone yang tersedia secara komersial, iQOO 10 Pro telah memegang rekor smartphone pengisian daya cepat (fast charging) untuk sebagian besar tahun 2022.

Perangkat ini mendukung sistem pengisian cepat 200W yang luar biasa yang dapat mengisi baterai 4.700 mAh hanya dalam 12 menit.

Mengutip Androidkenya.com, meskipun hal tersebut sangat mengesankan, namun Xiaomi telah melangkah lebih jauh dengan merilis sistem pengisian cepat 210W.

Dengan teknologi ini, mengisi baterai 4.000 mAh dapat dilakukan hanya dalam kurun waktu 8 menit.

Xiaomi bukanlah pemain baru dalam bisnis pengisian daya super cepat ini. Kembali pada tahun 2021, Xiaomi berhasil mencapai pengisian cepat 200W pada Mi 11 Pro. Namun, model spesifik yang mereka gunakan tidak tersedia untuk umum.

Menurut kabar yang beredar, teknologi pengisian cepat 210 watt ini memungkinkan daya perangkat Xiaomi bisa terisi dari 0-100 persen dalam waktu hanya 8 menit, 2 menit lebih cepat dibanding ponsel iQoo tadi.

Tidak disebutkan ponsel Xiaomi apa yang bakal dibekali dengan kepala charger 210 watt tersebut.

Konon, teknologi ini bakal diadopsi oleh salah satu model terbaru dari ponsel flagship Xiaomi, yaitu Xiaomi 13 Ultra.

Namun, hal itu belum bisa dipastikan lantaran pihak Xiaomi belum mengumbar informasi apapun soal suksesor Xiaomi 12 Series, pun namanya juga belum tentu Xiaomi 13.

Terkait pengisian daya cepat, Xiaomi juga sebelumnya sudah menguji coba teknologi fast charging dengan daya 200 watt, sama seperti teknologi yang diadopsi iQoo.

Kala itu, ponsel prototipe Xiaomi 11 Pro yang dibekali dengan baterai 4.000 mAh bisa diisi dayanya hingga 100 persen hanya dalam waktu 8 menit.

Uji coba ini menandakan bahwa Xiaomi tampaknya serius untuk menghadirkan ponsel yang dayanya bisa diisi dengan cepat.

Sehingga, tak menutup kemungkinan teknologi fast charging 210 watt tadi akan disematkan ke dalam sebuah perangkat nyata di masa depan.

Tag : #xiaomi    #fast charging    #teknologi    #gadget    #charging   

Baca Juga