Yandex Adalah: Pengertian, Fitur, Kelebihan, dan Kekurangan

Penulis : Ester | Pendidikan | 25-01-2023

Pengertian Yandex dan Fitur yang dimiliki (Foto: Wikipedia)

PARBOABOA – Di perkembangan zaman saat ini, ada banyak sekali kata-kata gaul yang bermunculan di masyarakat luas, salah satunya adalah Yandex. Meski sudah cukup sering seliweran di tengah-tengah masyarat, namun banyak orang yang belum mengetahui arti Yandex ini.

Untuk itu, di bawah ini kami akan menjelaskan apa itu Yandex. Ulasan di bawah  ini juga diharapkan dapat menjawab pertanyaan warganet mengenai Yandex adalah aplikasi atau bukan.

Yandex Adalah

Yet Another Indexer atau Yandex adalah sebuah mesin pencari yang memiliki fungsi mirip dengan Google. Mesin pencari yang satu ini berasal dari Rusia dan sudah digunakan oleh hampir 45% pengguna internet di negara terbesar di dunia ini.

Tidak hanya Rusia, beberapa negara di Asia Timur seperti, Belarus, Ukraina, Kazakhstan, dan Turki juga sering menggunakan aplikasi Yandex ini.

Di sisi lain, menurut e-book Literasi Informasi karya R.Sapto Wibowo, S.I Pust, Yandex adalah sebuah perusahaan multinasional dari Rusia yang bekerja di bidang produk dan jasa terkait dengan internet.

Perusahaan ini sendiri didapuk sebagai perusahaan teknologi terbesar di Rusia saat ini dan akan terus berkembang seiring perjalanan waktu.

Pada tanggal 23 September 1997, dalam pameran Sooftol di Moskow, Yandex meluncurkan mesin pencari pertamanya. Mesin pencari ini hadir atas kerja sama Arkady Volozh bersama dengan sahabatnya, Ilya Sagalovich selama kurang lebih 4 tahun.

Hingga kini, pengguna Yandex dapat mencari website, video, berita, gambar, bahkan lagu-lagu viral seperti Kill Bill – SZA dan lirik Care Bebek – Jegeg Bulan dengan cepat karena tampilan dari aplikasi Yandex yang mudah dipelajari.

Berbeda dengan Google, nantinya hasil dari Yandex tidak akan menampilkan iklan yang sering mengganggu dan tautan-tautan lain yang tidak relevan dengan apa yang kamu cari. Dengan begitu, kamu akan lebih nyaman menggunakan mesin pencari yang satu ini.

Fitur Yandex

Tidak hanya pengertian Yandex adalah, selanjutnya kami juga akan memberikan fitur-fitur yang diberikan oleh mesin pencari ini untuk penggunanya. Beberapa fitur yang bisa kamu temukan di dalam Yandex adalah:

1. Cari

Cari adalah salah satu fitur yang disediakan Yandex untuk mencari dan menunjukkan penelusuran sesuai dengan kata kunci yang kamu masukkan. Kata kunci ini nantinya akan dibandingkan dengan setiap kata kunci lainnya dari halaman situs web.

2. Gambar

Berikutnya adalah Gambar. Fitur ini secara khusus menampilkan gambar dari kata kunci yang kamu cari di dalam mesin pencari Yandex ini.

3. Video

Selain gambar, kamu juga bisa menemukan fitur pencarian video di dalam Yandex. Nantinya, kamu bisa melihat berbagai video yang berhubungan dengan keyword yang kamu masukkan di dalam mesin pencari.

4. Terjemahkan

Selanjutnya adalah terjemahkan. Fitur Yandex yang satu ini sangat sering digunakan banyak orang karena dapat menerjemahkan atau menampilkan pencarian bahasa lain yang kurang dipahami oleh pengguna.

5. Berita

Fitur lain yang dimiliki oleh Yandex adalah berita. Kamu dapat menemukan berbagai berita menarik di dalam mesin ini dengan memasukkan kata kunci yang ingin kamu cari.

6. Disk

Disk adalah salah satu fitur Yandex yang mirip dengan Google. Fitur ini nantinya dapat mengunggah file pengguna dan mengaksesnya kapan pun dan dimana pun meski tidak ada jaringan internet sama sekali.

7. E-mail

Fitur E-mail juga disediakan di dalam mesin pencari ini. Kamu dapat mengakses fitur ini secara gratis dan menyimpan banyak file tanpa batasan penyimpanan.

8. Money

Fitur berikutnya yang dimiliki oleh Yandex adalah Money. Money adalah fitur yang dapat mengirimkan uang kepada pengguna Yandex lainnya dengan jumlah tertentu tanpa adanya biaya tambahan.

9. Taxi

Fitur terakhir yang dimiliki oleh Yandex adalah taxi. Fitur ini memampukan penggunanya untuk mencari taksi online di negara tempat tinggal kamu, termasuk Indonesia.

Kelebihan Yandex

Selain memiliki fitur-fitur menarik, Yandex juga memiliki kelebihan lain diantaranya adalah:

  1. Memiliki tampilan yang menarik dan mudah untuk digunakan, meski untuk para pemula.
  2. Memiliki fitur dan fasilitas yang lengkap dan mudah dipelajari, terutama bagi orang tua dan pengguna baru.
  3. Mesin pencari dasar yang dapat digunakan pada Yandex adalah mesin yang memiliki algoritma baik, sehingga informasi yang diberikan sudah lengkap dan sesuai dengan keinginan penggunanya.

Kekurangan Yandex

Meski memiliki fitur menarik dan kelebihan yang banyak, namun Yandex tetap memiliki kekurangan. Kekurangan dari mesin pencari ini adalah:

  1. Waktu tunggu dalam mencari kata kunci tertentu terkadang cukup lama.
  2. Pengguna dari luar Rusia terkadang kesulitan menggunakan mesin pencari ini karena navigasi dari Yandex dominan dalam bahasa Rusia.
  3. Algoritma yang disajikan oleh Yandex belum dapat menyaingi Google.

Itulah ulasan mengenai artinya Yandex adalah. Semoga ulasan kami dapat bermanfaat untuk kamu dan selamat membaca!

Editor : -

Tag : #yandex    #yandex adalah    #pendidikan    #google    #mesin pencari    #kata kunci    #berita   

Baca Juga