Zikir Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikmal Nasir: Arti dan Keutamaannya

Ratni Dewi Sawitri | Islam | 26-12-2022

Ilustrasi Zikir Hasbunallah Wanikmal Wakil (Foto:Net)

PARBOABOA, Pematang Siantar – Dzikir adalah amalan sunnah yang dianjurkan untuk dikerjakan oleh umat Islam. Zikir dilakukan sebagai amalan untuk mengingat Allah SWT. Dzikir dalam ajaran Islam terdiri dari berbagai macam. Inti dari sebuah zikir adalah memuji keagungan Allah SWT. Di antara zikir subhanallah walhamdulillah wala ilaha illalah wallahu akbar yang dikenal adalah dzikir Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir.

Arti Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikmal Nasir

حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ نِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ

“ Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikmal Nasir”

Artinya : Cukuplah bagi kami Allah, sebaik – baiknya pelindung dan sebaik – baiknya penolong kami.

Amalan Sunnah yang Dianjurkan

Zikir Hasbunallah Wanikmal Wakil atau lengkapnya Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir adalah satu di antara amalan sunnah yang dianjurkan untuk umat Muslim.

Berikut beberapa makna dari zikir Hasbunallah Wanikmal Wakil yang wajib diketahui oleh umat Muslim:

  • Bentuk Ketakwaan

Dengan membaca zikir tersebut dapat menjadikan salah satu bentuk ketakwaan kita terhadap Allah SWT. Bentuk dan rasa tawakal kita kepada Allah yaitu dengan wujud mendekatkan diri kepad Allah. Dengan zikir ini, kita menyerahkan setiap jiwa dan raga kita kepad Allah, baik itu menyerahkan segala urusan  dan masalah kita kepada Allah karena Allah merupakan sebaik – baiknya wakil.

  • Bentuk Rasa Syukur dan Sabar

Disaat kita mendapat berbagai masalah kehidupan dunia yang sangat menyesakkan, diliputi duka dan derita, juga masalah yang berkecamuk dalam hidup. Maka, kita hendaknya berzikir dengan mengucapkan “Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir”.

Selain itu juga zikir ini adalah wujud ketergantungan kita sebagai manusia kepada Allah SWT, bentuk permohonan tolong secara langsung kita kepada Allah, dan juga bentuk tawakal kita yang mengembalikan setiap urusan dunia dan akhirat hanya kepada-Nya.

  • Makna Secara Tersirat Terhadap Keesaan Allah

Makna yang terkandung di lafadz Hasbunallah Wanikmal Wakil sebenarnya secara tersirat membenarkan tentang keesaan Allah sebagai satu – satunya dzat. Sebagai tempat yang layak untuk kita berserah diri dari segala urusan, meminta pertolongan, serta memohon setiap perlindungan.

Dosa bagi seorang muslim jika menyerahkan setiap masalah , meminta pertolongan, dan juga memohon perlindungan kepada selain Allah SWT, karena Allah merupakan sebaik – baiknya dzat yang layak kita sembah dan minta pertolongan.

Keutamaan

Walau zikir ini terdengar pendek , namun keutamaan dari zikir ini sangat luar biasa.

Sejarah mencatat, bahwa zikir ini adalah salah satu bacaan yang kerap diucapkan oleh para nabi dan ulama salaf, baik dalam keadaan lapang maupun saat menghadapi cobaan besar ataupun fitnah yang berat. Amalan zikir ini cocok diamalkan untuk menentramkan hati.

Kalimat Hasbunalllah Wanikmal Wakil  Nikmal Maula Wanikman Nasir merupakan satu diantara zikir populer yang diamalkan umat muslim.

Zikir ini sangat cocok diamalkan sebagai penentram hati ketika seseorang sedang bersedih, gelisah, gundah gulana. Dengan melantunkan dzikir ini diharapkan dapat menjadi penolong hati seseorang agar bisa menjadi tenang, kuat, dan berani menghadapi tantangan.

Allah SWT berfirman dalam Quran surah Ali Imran ayat 173 bahwa kalimat zikir Hasbunallah Wanikmal Wakil diucapkan umat Islam ketika sedang dihadapkan dengan kesulitan berupa peperangan.

اَلَّذِيْنَ قَالَ لَهُمُ النَّاسُ اِنَّ النَّاسَ قَدْ جَمَعُوْا لَكُمْ فَاخْشَوْهُمْ فَزَادَهُمْ اِيْمَانًاۖ وَّقَالُوْا حَسْبُنَا اللّٰهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ

Artinya : (Yaitu) orang – orang (yang menaati Allah dan Rasul) yang ketika ada orang – orang mengatakan kepadanya,’Orang – orang (Quraisy) telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka, ‘ ternyata (ucapan) itu menambah (kuat) iman mereka dan mereka menjawab,’Cukuplah Allah (menjadi penolong) bagi kami dan Dia sebaik – baik pelindung.”

Al – Quran menyebut bahwa manusia akan selalu diuji dengan perasaan gelisah, orang – orang yang beriman akan tetap percaya jika Allah SWT akan selalu bersamanya, sehingga perasaan galau dan gelisah dapat teratasi.

Kepasrahan mereka menerima takdir Allah SWT, membuat jiwa lebih sabar dan tenteram dalam menghadapi cobaan kerasnya kehidupan.

Dengan selalu membacanya maka hati akan senantiasa dekat dengan sang Pencipta, memiliki perasaan yang sangat peka terhadap keadaan sekitar, sehingga terhindar dari berbagai kemungkinan buruk dan kejahatan yang akan dilakukan orang lain terhadapnya.

Alllah Ta’ala menceritakan mengenai Rasul dan sahabatnya dalam firman-Nya:

الَّذِينَ قَالَ لَهُمُ النَّاسُ إِنَّ النَّاسَ قَدْ جَمَعُوا لَكُمْ فَاخْشَوْهُمْ فَزَادَهُمْ إِيمَانًا وَقَالُوا حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ

Artinya: (Yaitu) orang – orang (yang mentaati Allah dan Rasul) yang kepada mereka ada orang – orang yang mengatakan, “ Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka”, maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab”. (QS.Ali Imran: 173)

Tag : #pendidikan islam    #hasbunallah wanikmal wakil    #pendidikan    #zikir penenang hati    

Baca Juga