Zoom Hadirkan Fitur Baru, Pengguna Indonesia Bisa Pakai Avatar 3D Saat Meeting

Wanovy | Teknologi | 13-01-2023

Ilustrasi Zoom menghadirkan fitur baru yaitu Avatar 3D, foto:

PARBOABOA - Layanan video conference, Zoom menghadirkan fitur baru, yakni Avatar 3D. Artinya, pengguna bakal bisa rapat atau meeting dengan cara baru menggunakan karakter yang didesain sendiri.

Pengguna dapat hadir di dalam meeting dengan versi virtual darinya. Bentuk wajah, mata, hidung, alis, bibir, pakaian hingga aksesori kepala, seperti hijab juga bisa disesuaikan.

Avatar 3D yang dibuat bisa menirukan ekspresi wajah pengguna ketika Zoom meeting, seperti mengangkat alis, senyum, tertawa, dan sebagainya.

Fitur ini sudah tersedia untuk pengguna global, termasuk Indonesia di aplikasi Zoom desktop versi terbaru, 5.13.4 (11835). Sebelum dapat menggunakan fitur ini, pengguna wajib upgrade atau perbarui aplikasi Zoom di desktop.

Dengan fitur avatar manusi terbaru ini, pengguna bisa hadir dengan versi virtual dirinya. Sebab, pengguna bisa memilih bentuk wajah, mata, hidung, alis, bibir, hingga pakaian dan aksesori kepada sesuai keinginannya.

Nantinya, avatar yang dibikin pengguna bisa menirukan ekspresi wajah pengguna ketika Zoom meeting. Misalnya, menirukan gerakan memiringkan kepala hingga ekspresi senyum, manyun, mengangkat alis.

Zoom berharap, kehadiran fitur human avatar ini bisa menjadi fitur yang menambah keseruan pengguna saat rapat online.

Di samping itu, fitur ini bakal sangat berguna bagi pengguna yang malas bersolek ketika rapat online.

Cara pasang avatar manusia 3D saat Zoom meeting

Berikut cara menggunakan avatar 3D di Zoom:

  1. Buka aplikasi Zoom desktop
  2. Masuk atau sign in
  3. Klik foto profil di pojok kanan atas
  4. Pilih "Check for Updates"
  5. Klik "Update" Lalu "Install"

Bila sudah update ke Zoom desktop versi 5.13.4 (11835), pengguna Zoom bisa membuat avatar manusia mirip dengan dirinya dengan cara sebagai berikut:

  1. Saat di dalam ruang meeting, klik "^" di menu "Stop Video"
  2. Pilih "Choose Avatar"
  3. Di tab "Avatars (Beta), klik ikon "+" (Creat new avatar) untuk membuat avatar baru
  4. Pilih warna kulit, bentuk wajah, bentuk rambut, warna rambut, bentuk alis, bentuk bibir, warna bibir, hingga pakaian dan aksesori pelengkap sesuai keinginan pengguna
  5. Klik "Done" untuk menyimpan avatar
  6. Setelah itu, avatar 3D siap untuk digunakan ketika Zoom meeting.

Dalam postingan di blog resminya, selain mengumumkan fitur baru Zoom Avatar, Zoom juga merinci dua fitur baru yang akan datang di akhir bulan ini.

Kedua fitur baru yang akan segera hadir adalah emoji reaksi dan utas percakapan di ruang obrolan (chat).

Nantinya, pengguna bisa merespons pesan pengguna di ruang obrolan dengan emoji, mirip seperti reaksi di WhatsApp dan direct message (DM) Instagram.

Selain itu, pengguna juga bakal bisa melihat utas percakapan di chat. Ini memudahkan pengguna melihat alur percakapan di chat secara lebih jelas, termasuk membalas komentar dari pengguna lainnya.

Demikianlah informasi mengenai cara menggunakan avatar 3D di aplikasi Zoom. Semoga bermanfaat!

Tag : #zoom    #avatar 3d    #teknologi    #apps    #video conference   

Baca Juga