ilustrasi

Sedang Diet? Ini 8 Cara Turunkan Berat Badan Ketika Malam Hari

Sondang | Kesehatan | 18-09-2021

PARBOABOA, Siantar - Semua orang bisa menurunkan berat badan saat tidur malam dengan nyenyak. Jadi, ternyata menurunkan berat badan tanpa olahraga ternyata bukan suatu hal yang mustahil.

Sebuah penelitian telah membuktikan penurunan berat badan saat tidur. Penelitian dari National Sleep Foundation menunjukkan bahwa gaya hidup modern dan paparan cahaya malam hari bisa mengacaukan ritem sirkadian alami tubuh.

Ritme sirkadian alami tubuh kacau ini bisa mendorong untuk menahan lemak. Sehingga seseorang akan sulit menurunkan berat badan atau lebih gemuk dengan kehidupan seperti itu.

Semua orang bisa menurunkan berat badan saat tidur, karena tubuh akan membakar kalori lebih banyak dalam kondisi tertidur.

Tetapi, pembakaran kalori malam hari ini tergantung pada REM (Rapid Eye Movement) alias gerakan mata cepat. Saat tertidur, REM dan otak akan sangat aktif untuk menjalankan tugasnya. Berikut 8 cara menurunkan berat badan ketika malam hari.

1. Menyibukkan diri

Dikarenakan waktu malam hari cenderung lengang, Anda jangan habiskan dengan menyantap camilan aja.

Cobalah untuk menyibukkan diri sebelum tidur dan alihkan perhatian dari makanan. Seperti menulis jurnal, ngobrol, menonton film, membereskan kamar supaya tidur Anda nyaman, atau kegiatan lainnya.

2. Hindari makan sebelum tidur

Masih soal makanan, biasanya beberapa orang beranggapan bahwa makan malam sebelum tidur akan membuat lebih nyenyak. Padahal justru membuat perut terasa begah dan jadi sulit tidur.

Makan malam masih diperbolehkan, asal diberi jeda maksimal 2-3 jam sebelum waktu tidur. Selain itu, hindari makan dalam jumlah besar di malam hari dan jangan makan apapun sebelum tidur. Hormon pertumbuhan akan menyimpan makanan dalam sistem tubuh sebagai lemak dan bukan bahan bakar.

3. Hindari Olahraga sebelum tidur

Olahraga malam hari justru akan membangunkan tubuh sehingga orang akan kesulitan untuk tidur nyenyak malam hari. Sehingga tubuh akan kesulitan membakar banyak kalori di malam hari.

Karena itu, lebih baik melakukan olahraga fisik di pagi hari. Olahraga di pagi hari bisa membuat tubuh lebih berenergi sepanjang hari.

4. Jadwal Tidur Teratur

Menerapkan jam tidur yang teratur sangat berpengaruh dalam mengontrol berat badan serta bermanfaat menjaga kesehatan.

Idealnya untuk dewasa muda usia 18-25 yaitu 7-9 jam per hari, dewasa usia 26-64 yaitu 7-9 jam per hari, dan lansia di atas 65 tahun 7-8 jam per hari.

5. Sikat gigi setelah makan malam

Dikarenakan metabolisme tubuh pada malam hari lambat, disarankan tidak mengonsumsi makanan berat pada malam hari.

Terapkan kebiasaan menyikat gigi, terutama setelah 60 menit lewat dari jam makan malam. Kegiatan ini juga membantu Anda terhindar dari keinginan ngemil.

6. Meditasi

Stres termasuk salah satu faktor yang menyebabkan kenaikan berat badan. Coba untuk luangkan waktu bersantai di malam hari dengan meditasi.

Kegiatan meditasi ini dapat menurunkan tingkat stres Anda sekaligus meningkatkan kualitas tidur lebih nyenyak.

7. Matikan lampu

Lampu kamar yang dimatikan saat tidur akan membuat tubuh memproduksi hormon melatonin serta membantu memaksimalkan kerja metabolisme tubuh.

Tidak harus dipadamkan menyeluruh sampai gelap gulita. Anda bisa gunakan lampu tidur yang cahayanya lebih redup.

8. Matikan Semua Elektronik di Kamar Tidur

Penelitian oleh Harvard University menemukan bahwa panjang gelombang cahaya biru dari smartphone dan elektronik lain dapat mencegah produksi melatonin dalam tubuh

Studi lain yang berbasis di Singapura menemukan bahwa menonton televisi selama berjam-jam menyebabkan kadar trigliserida lebih tinggi yang terkait dengan diabetes.

Selain itu, kebiasaan tersebut juga berdampak pada kadar adiponektin yang lebih rendah, yakni protein yang mengatur kadar glukosa dan pemecahan asam lemak dalam tubuh.

Cara menurunkan berat badan malam hari seperti kegiatan-kegiatan yang disebutkan di atas, memang tidak sepenuhnya efektif. Anda tetap harus mengimbangi pola hidup sehat lainnya, seperti mengikuti diet sehat seimbang, olahraga rutin, dan menghindari kebiasaan-kebiasaan yang memicu kenaikan berat badan.

Tag : #kesehatan    #turunkan bb    #malam hari   

Baca Juga