Ilustrasi media musik

Bukan Sekedar Hiburan, Ini Manfaat Baik Dari Mendengarkan Musik

Dimas | Kesehatan | 12-03-2022

PARBOABOA – Musik merupakan suatu hiburan yang dapat dinikmati semua kalangan. Alunan nada dan irama yang harmonis membuat orang bisa berlama-lama mendengarkannya.

Musik masih menjadi tren nomor satu di dunia untuk kategori hiburan. Saat ini selain akses yang mudah, beragam genre musik juga memberikan banyak pengalaman yang menyenangkan bagi para penikmat musik.

Namun, tidak banyak juga orang yang mengetahui bahwa mendengarkan musik memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan. 

Beberapa manfaat kesehatan yang didapatkan dari mendengarkan musik, yakni:

1. Meringankan Gejala Depresi

Sebuah ulasan pada suatu penelitian berjudul “Reviewing the Effectiveness of Music Interventions in Treating Depression” mengungkapkan bahwa terapi musik dapat memberikan efek yang baik bagi orang yang mengalami gejala depresi. Terapi musik tersebut dapat menekan tingkat depresi dengan cepat. Terapi musi juga bisa dilakukan dengan seorang ahli terapis musik yang sudah bersertifikat

2. Membantu mengobati penyakit mental

Alunan nada pada musik bisa berpengaruh besar terhadap otak. Bahkan, hormon-hormon dalam otak yang memiliki peran pada kesehatan mental dapat diproduksikarena mendengarkan musik seperti hormon dopamin yang berperan terhadap kesenangan, hormon kortisol mengendalikan stres, hormon serotin mengubah suasana hati jadi menyenangkan dan hormon oksitosin hormon yang berperan mengatur kebahagiaan.

3. Meningkatkan daya ingat

Menghapal sambil mendengarkan musik ternyata lebih optimal dikarena musik memberikan perasan yang tenang dan rileks sehingga bisa lebih fokus dalam menghapal.

4. Menurunkan tingkat kecemasan

Penelitian yang diberi judul,  “The Effect of Music on the Human Stress Response” menemukan bahwa terapi musik yang berisi lagu-lagu ditambah suara alam yang alami membantu mengurangi kecemasan bagi para penderita anxiety. Bahkan, beberapa orang yang sedang kritis bisa merasa tenang ketika di perdengarkan musik.

5. Meningkatkan kemampuan fisik saat olahraga

Sebuah studi yang dilakukan J. Waterhouse pada tahun 2009 , menunjukkan bahwa mendengarkan musik dengan ritme yang cepat dapat meningkatkan kemampuan fisik saat berolahraga.

6. Meningkatkan aliran darah

Musik yang menyenangkan bisa menghasilkan peningkatan aliran darah 26 persen, tertawa 19 persen, dan relaksai sebanyak 11 persen.

Hal ini di uji coba oleh para ilmuwan yang mempelajari fungsi arteri dan aliran darah yang diuji coba ke 10 orang relawan sebelum dan sesudah mendengarkan beberapa jenis musik.

Memang kekuatan dibalik musik sangat luar biasa, disamping sebagai hiburan yang menyenangkan, juga memiliki manfaat baik bagi kesehatan.

Tag : #musik    #hiburan    #mental    #depresi    #musik tren    #kesehatan   

Baca Juga