ilustrasi

Buat yang Masih Salah, Ini Nih Urutan Skincare Pagi dan Malam yang Benar

Sondang | Kesehatan | 24-09-2021

PARBOABOA, Siantar – Masih banyak dari kita yang belum tau urutan yang benar dalam dunia skincare. Arti skincare itu apa sih?

Skincare adalah serangkaian kegiatan perawatan kulit yang mendukung kesehatan dan kecantikan kulit. Pembersih wajah, pelembap, hingga tabir surya adalah berbagai produk perawatan kulit atau skincare yang umum digunakan.

Namun sebelum melakukan skincare, ada baiknya mengetahui jenis kulit yang kamu miliki. Hal itu dilakukan agar dapat menyesuaikan skincare jenis apa yang cocok di kulit kamu.

Dalam melakukan skincare, kita harus tahu urutan yang benar. Karena urutan penggunaan yang sesuai sangat berpengaruh pada efektivitas kerja skincare mengatasi permasalahan kulit wajah.

Urutan skincare pagi dan malam juga berbeda loh. Jadi, yuk simak urutannya yang benar!

Urutan Skincare Pagi Hari:

1. Sabun pembersih wajah

Setelah bangun tidur, usahakan untuk langsung mengaplikasikan sabun cuci muka agar kotoran dan minyak yang mengendap semalaman bisa langsung dibersihkan. Dengan begitu, saat kondisi wajah sudah bersih, kamu dapat lebih mudah mengaplikasikan produk skincare selanjutnya agar mampu meresap maksimal pada kulit.

Jika wajah Anda sudah bersih, produk-produk selanjutnya yang akan digunakan menjadi lebih mudah menempel dan meresap ke dalam kulit wajah.

2. Toner

Setelah mengaplikasikan pembersih wajah, kamu dapat menggunakan toner wajah agar sisa kotoran dan juga minyak dapat terangkat.

Bagi pemilik kulit berjerawat, memakai toner dengan kandungan tertentu dapat membantu meredakan peradangan, mengempiskan jerawat, serta mencegah kemunculan jerawat baru di kemudian hari.Penggunaan toner juga berfungsi membantu mengembalikan pH kulit Anda yang hilang saat tahapan mencuci muka. Selain itu, toner bisa membantu mempersiapkan kulit sebelum menggunakan produk skincare lainnya, seperti serum dan pelembap.

3. Essence

Essence berguna untuk melembapkan kulit serta memudahkan produk skincare wajah selanjutnya untuk meresap ke dalam kulit. Tidak hanya itu, essence juga berfungsi untuk menenangkan serta menutrisi kulit, dan mencegah penuaan.

Cara pengaplikasian essence ini juga cukup mudah, yakni dengan menuangkan beberapa tetes produk tersebut pada telapak tangan dan mengoleskan atau menepukannya secara merata ke permukaan wajah.

4. Serum

Serum wajah adalah cairan bertekstur ringan yang mengandung konsentrasi zat aktif lebih tinggi. Serum dianggap lebih efektif meresap ke dalam kulit dibandingkan pelembap atau krim wajah.Cara memakai serum wajah adalah dengan menuangkannya ke telapak tangan secukupnya atau seukuran lebih besar dari kacang polong.

Lalu, oleskan serum tersebut ke seluruh permukaan wajah hingga leher secara merata.Tepuk-tepuk area wajah dan leher secara perlahan agar serum wajah dapat menyerap ke dalam kulit dengan sempurna.Untuk hasil yang maksimal, profesor dari departemen dermatologi Harvard Medical School, Dr. Maryam M. Asgari menekankan bahwa serum harus dioles pada kulit yang sudah bersih.

5. Moisturizer (Pelembap)

Moisturizer berfungsi untuk melembapkan kulit wajah serta menghaluskannya.Bagi pemilik kulit wajah kering, pilihlah pelembap dengan tekstur krim. Tekstur krim yang lebih tebal juga bisa dipilih oleh pemilik kulit wajah normal dan kulit wajah kombinasi. Sementara itu, pelembap bertekstur cair atau gel cocok digunakan oleh tipe kulit wajah berminyak.Cara memakainya, ambil pelembap dengan ukuran sedikit lebih besar dari ukuran kacang polong ke telapak tangan. Oleskan pelembap pada area pipi terlebih dahulu, lalu oleskan ke atas menuju dahi dengan gerakan memijat.Lewati penggunaan pelembap apabila toner atau serum wajah Anda sudah cukup melembapkan kulit, terutama bagi pemilik kulit berminyak.

6. Sunscreen (Tabir Surya)

Jika kamu hendak keluar rumah, ada baiknya untuk menggunakan sunscreen. Produk perawatan wajah satu ini berfungsi membantu melindungi wajah dari penuaan akibat paparan sinar matahari. Anda disarankan untuk menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 30.

Cara menggunakan sunscreen adalah oleskan produk ke seluruh permukaan wajah seraya memijatnya dengan gerakan memutar searah jarum jam secara perlahan. Pastikan untuk mengoleskan sunscreen 15-30 menit sebelum pergi ke luar rumah agar dapat meresap dengan baik.

Urutan Skincare Malam Hari:

1. Make Up Remover

Jika sudah seharian menggunakan make up, kamu wajib membersihkannya agar kulitmu tetap sehat. Kamu dapat menggunakan make up remover berbahan dasar minyak guna menghapus make up yang mengandung minyak.Akan tetapi, bagi pemilik kulit berminyak sebaiknya gunakan make up remover berbahan dasar air agar wajah Anda tidak semakin berminyak.

2. Pembersi Wajah

Setelah make up pada wajah telah dibersihkan, kamu perlu membersihkan kembali kulit dengan pembersih wajah. Hal ini berguna untuk memastikan tak ada lagi kotoran, minyak, maupun sisa kosmetik yang tertinggal pada kulit wajah.

Tergantung dari jenis kulit, kamu dapat menggunakan micellar water, cleansing milk, ataupun cleansing oil untuk membersihkan wajah dengan maksimal. Pastikan untuk membilas sabun pembersih wajah ini hingga bersih dengan air mengalir.

3. Eksfoliasi atau Scrub Wajah

Pembersihan kulit wajah dengan eksfoliasi atau scrub wajah mampu menyempurnakan tahapan pemakaian skincare wajah pada malam hari. Dengan produk tersebut, sel kulit mati pada wajah akan terangkat. Meski begitu, pahami bahwa pemakaian eksfoliasi ini tak boleh dilakukan setiap hari, melainkan cukup 1 kali saja dalam seminggu.

4. Toner

Tak jauh berbeda dengan rutinitas skincare di pagi hari, kamu dapat memakai toner setelah mencuci muka. Dalam urutan skincare wajah ini, aplikasikan toner dengan kandungan asam hialuronat, gliserin, dan asam laktat agar kulit mampu menjaga kelembapannya sepanjang malam.

5. Serum Wajah

Setelah toner, serum wajah menjadi urutan selanjutnya pada perawatan kulit saat malam hari. Serum wajah mempunyai fungsi yang mirip saat diaplikasikan sebagai skincare malam, yaitu melembapkan serta menghaluskan kulit di wajah.

6. Eye Cream atau Krim Mata

Tak dilakukan saat pagi hari, rutinitas skincare malam memerlukan pemakaian eye cream atau krim mata. Penggunaan skincare ini amat penting, terutama untuk kamu yang mempunyai masalah kantung mata, mata panda, maupun kerutan. Tips dalam memilih eye cream, pastikan menggunakan produk dengan kandungan konsentrat tinggi, sebagai contoh, peptida dan antioksidan.

7. Krim Malam dan Sleeping Mask

Tidak hanya eye cream, pemakaian krim malam dan sleeping mask juga krusial dilakukan saat menjalani rutinitas skincare malam. Krim malam ini memiliki fungsi yang mirip dengan pelembap yang digunakan pada rutinitas skincare pagi hari. Namun, produk perawatan kulit tersebut memiliki peran tambahan, yakni, memudarkan flek atau noda hitam dan menyamarkan kerutan di wajah.

Sementara itu, pemakaian sleeping mask bersifat opsional. Akan tetapi, jika menginginkan hasil perawatan kulit yang lebih maksimal, kamu dapat rutin mengaplikasikan sleeping mask ini sebelum tidur.

Tag : #kesehatan    #skincare   

Baca Juga