Tempat wisata di Pulau Samosir, Sumatera Utara

10 Tempat Wisata di Samosir Terpopuler, Cocok untuk Liburan Tahun Baru

Wanovy | Travel | 31-12-2021

Siapa yang tidak tahu Pulau Samosir? Pulau vulkanik yang berada di tengah-tengah Danau Toba, Sumatera Utara yang sering menjadi pilihan terbaik bagi turis domestik maupun mancanegara yang ingin berlibur.

Terletak pada ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut menjadikan pulau ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Berikut rekomendasi tempat wisata di Pulau Samosir yang cocok untuk Anda kunjungi saat berlibur disini.

1. Bukit Holbung

Tempat wisata di Pulau Samosir yang pertama adalah Bukit Holbung. Tempat ini memiliki nama lain yaitu Bukit Teletubbies. Hamparan rumput di atas bukit akan menambah keindahan panorama Danau Toba. Sore hari menjadi waktu terbaik untuk berkunjung ke objek wisata ini. Pasalnya, dari tempat ini pengunjung bisa menyaksikan matahari terbenam.

2. Desa Tomok

Untuk mengenal lebih dalam budaya Batak, Anda bisa mengunjungi Desa Tomok yang berada di jalur masuk dari Pulau Samosir. Di Desa Wisata ini, masih bisa mengunjungi rumah-rumah adat khas Batak yang dilengkapi dekorasi boneka sigale-gale.

Pada saat-saat tertentu, Anda juga bisa menyaksikan pertunjukan dan juga upacara khas Batak di tempat wisata Samosir ini. Selain itu, di Desa Tomok, Anda juga bisa menemukan berbagai obyek wisata menarik lainnya seperti Museum Batak dan juga kompleks pemakanan raja-raja Batak kuno.

3. Danau Sidihoni

Tempat wisata di Samosir yang berikutnya adalah Danau Sidihoni. Berada di tengah-tengah Danau Toba, siapa sangka di Pulau Samosir juga terdapat Danau lainnya. Dijuluki danau di dalam danau, Danau Sidihoni merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik di Pulau Samosir. Fenomena danau di dalam danau ini sendiri tak ada banyak di dunia sehingga sangat sayang untuk dilewatkan saat Anda berkunjung ke Samosir.

4. Puncak Sidiangkat

Tidak hanya Jogja dan Bandung yang mempunyai spot instagramable sarang burung. Spot semacam itu bisa Anda temukan di Puncak Sidiangkat Pulau Samosir. Bahkan ini lebih unik lagi karena didukung oleh background Danau Toba. Spot yang sering dijadikan foto adalah duduk didalam sarang burung layaknya seekor burung yang sedang mengerami telur.

Spot populer lain yang ada di Puncak Sidiangkat adalah dekorasi papan gantung berbentuk love. Sedangkan di tengah dekorasi ini terdapat kursi panjang sebagai tempat berpose. Biasanya wisatawan akan berfoto bersama pasangannya ketika foto di spot tersebut. Sudah terbayang bukan, bagaimana romantisnya memiliki foto dengan frame berbentuk love di sekelilingnya.

5. Bukit Sibea-bea

Bukit Sibea Bea menjadi salah satu tempat wisata di Pulau Samosir yang sangat viral di tahun ini karena pemandangannya sangat elok memanjakan mata.

Bukit Sibea Bea mencuri perhatian karena hamparan jalan yang berkelok dan menurun serta langsung menuju ke tepi Danau Toba.

Tempat ini juga memiliki landmark yaitu Patung Yesus dengan ketinggian 61 meter, yang menjadikannya menjadi tempat wisata rohani. Untuk biaya masuk ke tempat ini sebesar Rp50.000 per mobil atau Rp20.000 per motor. Walaupun tempat ini belum rampung 100 persen, keindahannya sudah bisa membuat Anda terpesona.

6. Tano Ponggol

Tempat wisata di Samosir yang satu ini merupakan objek wisata sejarah yang memiliki ikatan dengan keberadaan Belanda tempo dulu.

Tano Ponggol menjadi jembatan terusan yang menghubungkan pulau dan daratan Sumatera. Tatkala berdiri di atas lokasi ini, Anda bisa melihat panjangnya terusan yang telah dibangun sejak lama itu.

Panoramanya tak kalah sedap! Sajian eksotis tebing dan kapal yang melintas sangat pantas diabadikan dengan kamera.

7. Pantai Sigurgur Resort

Sejumlah wisata alam ngehits di Samosir memang mengusung konsep kekinian, lantaran disukai oleh kaum milenial dan gen-Z.

Pantai Gurgur merupakan salah satu pantai terbaru yang diluncurkan pada awal tahun 2020. Wisata ini dekat juga dengan Menara pandang dan berlokasi di Desa Cinta Dame, Simanindo, Sinapuran. Tempat ini melengkapi destinasi Samosir yang diketahui mempunyai lanskap daratan dengan kontur yang menjorok indah ke Danau Toba.

8. Menara Pandang Tele

Menikmati panorama Danau Toba dari ketinggian menjadi hal yang patut dicoba saat berkunjung ke Samosir. Salah satu tempat terbaik untuk melihat pemandangan tersebut adalah Menara Pandang Tele.

Menara ini berjarak sekitar 15 kilometer dari Bukit Holbung. Objek wisata di Kabupaten Samosir ini dapat dicapai dengan kendaraan bermotor dengan durasi sekitar 44 menit dari Bukit Holbung.

Menara Pandang Tele memiliki 3 lantai yang semuanya dapat diakses oleh pengunjung. Di lantai paling atas pengunjung bisa melihat barisan bukit, pemukiman warga, persawahan, air terjun, dan Danau Toba.

9. Air Terjun Efrata

Air Terjun Efrata terletak di Sosor Dolok, Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Lokasinya diapit oleh dua bukit. Tempat wisata ini bisa dijangkau dengan kendaraan roda dua dan roda empat. Air terjun tersebut berair jernih dengan ketinggian sekitar 20 meter.

Untuk dapat menyaksikan keindahan air terjun ini, pegunjung perlu berjalan sekitar 100 meter dari area parkir. Selain air terjun, pengunjung juga bisa menikmati panorama persawahan milik penduduk setempat.

10. Museum Huta Bolon Simanindo

Museum Huta Bolon Simanindo merupakan salah satu tempat wisata di Pulau Samosir yang bisa Anda kunjungi jika ingin mengenal budaya batak lebih jauh lagi.  

Museum ini sudah dibuka tahun 1969 untuk umum, sebagai peninggalan Raja Sidauruk. Untuk sampai ke tempat ini Anda bisa menempuh jarak sekitar 50 menit dari Pangunguran.

Bangunan utama milik raja berdiri megah di museum ini. Sedangkan bangunan-bangunan kecil merupakan rumah pengawalnya. Atmosfir zaman dahulu dan magis sangat terasa ketika Anda memasuki kawasan ini. Seperti Raja Sidauruk masih memegang tahta.

Banyak sekali barang koleksi Raja yang dipamerkan disini seperti alat musik, permainan tradisional, alat musik, perlengkapan adat, patung sigale-gale hingga senjata perang. Anda juga bisa melihat pertunjukan tari dan musik tradisional kuno.

Nah, itulah 10 rekomendasi tempat wisata di Pulau Samosir yang bisa Anda dan keluarga kunjugi saat liburan tahun baru. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!

Tag : #wisata samosir    #tempat wisata    #wisata alam    #wisata sejarah   

Baca Juga