Weibo menangguhkan sejumlah akun basis penggemar band K-pop populer Korea Selatan.

21 Akun Media Sosial Fanbase K-pop Termasuk BTS dan Blackpink Diblokir di Weibo China

rini | Hiburan | 07-09-2021

PARBOABOA, China - Platform media sosial China, Weibo, menangguhkan sejumlah akun basis penggemar band K-pop populer Korea Selatan. Sebanyak 21 akun dilaporkan telah ditangguhkan selama 30 hari ke depan, akun-akun tersebut tidak akan bisa mengirim status apapun selama penangguhan.

Akun-akun yang ditangguhkan merupakan akun yang memiliki jutaan pengikut, seperti akun penggemar BTS, IU, hingga NCT, Lisa dan Rose Blackpink, RM BTS, akun penggemar anggota SNSD dan Red Velvet juga akun Ohsehunbar.

Akun penggemar Jimim BTS sudah lebih dahulu diblokir selama 60 hari karena melakukan penggalangan dana secara ilegal.

Diketahui klub penggemar mulai mengumpulkan uang pada bulan April untuk mempersiapkan perayaan ulang tahun Jimin, menurut media milik pemerintah Global Times. Lebih dari 1 juta yuan, sekitar Rp 2,1 miliar dikumpulkan dalam tiga menit pertama dari kegiatan penggalangan dana. Dana terkumpul 2,3 juta yuan, sekitar Rp 5,1 miliar, di jam pertama.

Weibo melakukan penangguhan akun setelah foto-foto pesawat khusus dari Jeju Air dengan gambar Jimin di atasnya beredar luas di media sosial. Kabarnya, foto itu adalah bagian dari rencana klub untuk merayakan ulang tahun sang idola yang ke-26 pada bulan Oktober.

Weibo mengatakan, perusahaan menentang perilaku 'mengejar' bintang yang tidak rasional dan akan menanganinya dengan serius. Pemerintah China diketahui juga sedang berusaha untuk melawan kultur fanatisme terhadap artis, terutama untuk anak-anak di bawah umur.

Pemujaan terhadap pada idola dianggap menyuburkan budaya fandom di media internet yang tak sehat.

Tag : #KPOP    #Weibo    #BTS     #Blackpink    

Baca Juga