Ilustrasi jantung. (Dok. iStockPhoto)

5 Cara mudah Mencegah Penyakit Jantung

Martha | Kesehatan | 29-12-2021

PARBOABOA – Penyakit jantung tidak boleh dianggap remeh untuk penderitanya karena penyakit ini akan mempengaruhi fungsi jantung.

Jantung adalah organ berotot kompleks yang akan memompa darah keseluruh tubuh dalam ritme yang teratur. Bila penderitanya meremehkan penyakit yang satu ini akan menyebabkan kematian bila tidak dicegah lebih awal.

Inilah beberapa untuk mencegah penyakit jantung antara lain:

1. Kontrol tekanan darah

Bila kalian mempunyai tekanan darah tinggi ini adalah faktor pertama risiko penyakit jantung. Jadi kalian harus secara teratur memeriksa tekanan darah, setidaknya setahun sekali

Pada umumnya juga, tekanan darah yang dianjurkan antara 90/60mmHg dan 120/80mmHg.

2. Kontrol berat badan

Yang kedua adalah kelebihan berat badan atau obesitas, ini juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Kondisi ini biasanya terkait dengan risiko penyakit jantung lainnya, termasuk tekanan darah tinggi, dan diabetes.

3. Olahraga

Olahraga memiliki banyak manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh, terutama memperkuat jantung dan meningkatkan sirkulasi.

4. Makan makanan sehat

Kalian jangan hanya memakan makanan yang banyak lemak, makanan tinggi natrium dan gula tambahan.

Sebaiknya, perbanyaklah memakan buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Dengan mengonsumsi itu dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolestrol, hal itu juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

5. Jaga kadar kolestrol

Kadar kolesterol yang tinggi dapat menyumbat arteri dan meningkatkan risiko penyakit arteri koroner dan serangan jantung.

kadar kolesterol tinggi tidak memiliki tanda-tanda tertentu, bila kalian membiarkannya dan tidak diobati dapat menyebabkan banyak komplikasi dalam jangka panjang.

Itulah 5 cara untuk mencegah terjadinya penyakit jantung, semoga kalian bisa menjaga kesehatan tubuh dan banyak olahraga, semoga informasi yang kami berikan bermanfaat.

Tag : #penyakit jantung    #kolestrol    #kesehatan   

Baca Juga