Manfaat daun kelor (Foto: Orami Photo Stock)

5 Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan

Martha | Kesehatan | 05-01-2022

PARBOABOA – Daun kelor adalah tanaman asli yang berada diwilayah tropis seperti Indonesia. Daun kelor atau Moringa oleifera tanaman ini sudah dipercaya sejak lama karena memiliki khasiat yang bagus untuk tubuh.

Daun kelor mengandung vitamin dan mineral penting untuk tubuh. Selain itu, antioksidan pada daun kelor mampu menangkal radikal bebas.

Ternyata vitamin C yang ada dalam daun kelor tujuh kali lebih banyak dibandingkan jeruk. Kandungan antioksidannya 15 kali lebih banyak dari pada pisang, wah ternyata daun yang satu ini memiliki segudang manfaat yang baik untuk tubuh.

Yuk simak informasi terkait manfaat daun kelor di bawah ini.

1. Menurunkan kadar gula darah

Daun kelor ternyata juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah sekaligus meningkatkan efektivitas kerja dari hormon insulin.

2. Mengontrol tekanan darah

Selain antioksidan, daun kelor juga memiliki kandungan kalium. Nah, kedua kandungan ini dipercaya sangat bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah sekaligus menjaga tekanan darah tetap stabil, sehingga risiko hipertensi pun dapat dicegah. 

3. Menangkal radikal bebas

Fungsi utama dari antioksidan yang terkandung dalam daun kelor, yaitu dapat membantu menangkal radikal bebas pada tubuh. Kamu harus tau jika tingginya kadar radikal bebas pada tubuh akan mengakibatkan tubuh mengalami stres oksidatif.

4. Menghambat tumbuhnya sel kanker

Ekstrak kulit batang dan daun kelor dikatakan efektif membantu menghambat tumbuhnya sel-sel kanker pada tubuh, termasuk kanker usus besar, pankreas, dan payudara.

5. Mengurangi peradangan

Peradangan atau inflamasi adalah respons alami yang dilakukan tubuh terhadap cedera atau infeksi yang menyerang. Nah, daun kelor ini dipercaya mampu membantu meringankan inflamasi yang terjadi pada tubuh.

Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat daun kelor untuk kesehatan. Semoga informasi yang kami berikan bisa membantu masalah kesehatan kalian, semoga bermanfaat.

Tag : #daun kelor    #antioksidan    #daun bervitamin    #kesehatan   

Baca Juga