Manfaat Kopi Hitam Setiap Hari (Foto: Parboaboa/ Lamsari)

5 Manfaat Secangkir Kopi Hitam bagi Kesehatan, Salah Satunya Menurunkan Berat Badan

Sari | Kesehatan | 29-08-2022

PARBOABOA, Pematang Siantar – Minum kopi hitam menjadi cara terbaik untuk mencegah kantuk di tengah padatnya aktivitas. Minuman yang digemari di seluruh penjuru dunia ini, memang mengandung kafein yang dikenal dapat membuat tubuh lebih berenergi dan bersemangat.

Tahukan kamu bahwa secangkir kopi hitam bisa mendatangkan manfaat untuk kesehatan? sejumlah penelitian telah membuktikannya. Jika dikonsumsi secukupnya, kamu akan merasakan benefit untuk tubuhmu.

Dikutip dari Halodoc, berikut 5 manfaat secangkir kopi hitam bagi kesehatan:

1. Menjaga Fungsi Otak

Rutin minum secangkir kopi hitam akan membantu mencegah penurunkan fungsi otak. Sebuah penelitian menunjukkan, minuman ini bisa menurunkan risiko Alzheimer hingga demensia. Karena kandungan  kopi hitam disebut juga bisa memperlambat penurunkan fungsi otak akibat dari bertambahnya usia.

2. Menurunkan Berat Badan

Bagi kamu yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan, konsumsi kopi hitam tanpa gula bisa membantu. Sebab, kandungan kafein dalam kopi hitam bisa meningkatkan metabolisme dan mempercepat pembakaran lemak.

Bukan berarti hanya dengan meminum kopi hitam lantas berat badan akan turun. Ahli diet Diane Vitzthum menekankan bahwa, kamu tetap harus menjalani program untuk menurunkan berat badan, karena kopi hanya mendukung untuk dalam elemen gaya hidup.

3. Kemampuan Mengingat jadi Lebih Baik

Secangkir kopi hitam setiap hari akan membantu untuk melindungi otak. Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa kopi hitam mencegah penyakit Alzheimer juga Parkinson. Selanjutnya dampak baik yang dirasakan adalah membantu menguatkan daya ingat.

"Kita selalu tahu bahwa kafein punya efek meningkatkan kognitif, tapi terutama pada menguatkan kemampuan mengingat dan membuatnya tidak mudah dilupakan belum diteliti secara detail pada manusia. Kami melaporkan efeknya untuk pertama kali spesifik pada kafein dalam mengurangi lupa lebih dari 24 jam," kata Michael Yassa, asisten profesor ilmu otak dan psikologi di Johns Hopkins University, mengutip dari laman Johns Hopkins University.

4. Menyehatkan Pencernaan

Sebagian orang akan cenderung merasakan dorongan hebat untuk buang air besar (BAB) setelah meminum kopi hitam. Mengapa bisa terjadi? Karena kafein sendiri mampu merangsang pergerakan otot di usus sehingga akan membantu melancarkan pembuangan.

"Penelitian telah menunjukkan bahwa kopi dapat mengurangi risiko pankreatitis, batu empedu dan penyakit kantong empedu," imbuh Lauri Wright, ahli gizi, mengutip dari Eat This, Not That!.

5. Mengurangi Risiko Penyakit Liver

Manfaat kopi hitam selanjutnya adalah melindungi organ hati atau liver. Ahli gizi, Elizabeth Spencer menyebut, konsumsi secara moderat (1-4 cangkir per hari) membantu liver melawan sirosis yang berkaitan dengan konsumsi alkohol, perlemakan hati yang tidak berhubungan dengan konsumsi alkohol, kanker hati dan hepatitis C.

"Pertumbuhan jaringan parut yang mengarah ke fibrosis hati diperlambat oleh produksi bahan kimia yang disebut paraxanthine. Paraxanthine diproduksi ketika tubuh mencerna kafein pada kopi, membuat peminum kopi memiliki risiko 84 persen lebih rendah terkena penyakit sirosis. Setidaknya 2-3 cangkir kopi kaya antioksidan dapat mengurangi 38 persen risiko terkena kanker hati," jelasnya.

Tag : #kopi    #kopi hitam    #kesehatan    #manfaat kopi hitam    #menurunkan berat badan    #diet    #alzheimer    

Baca Juga