Pengidap Penyakit Terlangka di Dunia Progeria (Foto:25hournews.com)

5 Penyakit Terlangka di Dunia, Ada yang Seperti Zombie Hidup

Ester | Kesehatan | 20-09-2022

PARBOABOA – Melihat perkembangan zaman saat ini, sudah banyak sekali penyakit-penyakit baru yang ditemukan oleh dokter dan ahli kesehatan. Untuk mengetahui hal itu, di bawah ini kami akan memberikan ulasan mengenai penyakit terlangka di dunia yang dapat menambah wawasan kamu.

Tahukah kamu, ada beberapa penyakit baru yang telah ditemukan oleh para ahli kesehatan dan dokter namun tidak memiliki obat atau penangkal. Jika menyebut penyakit yang tidak dapat disembuhkan, mungkin banyak dari kita yang akan memikirkan penyakit AIDS.

Namun, sebenarnya bukan hanya AIDS saja yang tidak memiliki obat untuk disembuhkan. Ada banyak penyakit terlangka di dunia yang mampu membuat tenaga kesehatan kebingungan untuk mengatasinya karena tidak memiliki obat untuk menyembuhkannya.

Selain tidak memiliki obat, penyakit-penykit terlangka itu pun mampu merubah penderitanya tampak berbeda dari manusia biasa.

Penyakit terlangka apa sajakah itu? Berikut kami berikan daftar penyakit terlangka di dunia yang belum memiliki obat sama sekali.

1. Progeria

Penyakit terlangka di dunia yang pertama adalah progeria. Progeria adalah salah satu penyakit yang mampu membuat penderitanya tampak seperti umut 80 tahun di usianya yang masih menginjak 2 tahun. Setiap penderita progeria memiliki ciri mata menonjol, hidung tipis dengan ujung berparuh, bibir tipis, dagu kecil, dan telinga yang agak mencuat.

Selain itu, penyakit ini juga mampu membuat penderitanya mengalami gejala layaknya lansia, seperti rambut rontok atau menipis, beruban, kulit kendur, dan lain sebagianya. Penyakit ini disebabkan oleh kecacatan genetik.

Sejauh ini, diketahui hanya ada 48 anak di seluruh dunia yang mampu tumuh dewasa dengan kondisi ini. Sebab, rata-rata anak yang terlahir dengan penyakit progeria hanya akan bertahan hidup kurang lebih 13 tahun.

2. Stone Man’s Disease

Dalam istilah medis, Stone Man’s Disease disebut sebagai Fibrodysplasia Ossificans Progressiva (FOP). Penyakit terlangka di dunia ini merupakan kondisi genetik yang sangat menyakitkan dan mampu membuat lumpuh.

Stone Man’s Disease adalah sebuah kondisi dimana adanya pertumbuhan tulang baru menggantikan otot, tendon, ligament, dan jaringan ikat lainnya yang harusnya tidak ditumbuhi oleh tulang. Penyakit ini disebabkan oleh mutasi genetik pada sistem imun tubuh untuk memperbaiki luka.

Kondisi ini sendiri mampu membuat penderitanya seperti patung kaku dan lumpuh. Hingga kini, belum ada pengobatan efektif yang dapat menyembuhkan penyakit terlangka di dunia ini. Tercatat ada 800 kasus yang mengalami FOP di dunia.

3. Xeroderma Pigmentosum

Xeroderma Pigmentosum merupakan salah satu penyaki terlangka di dunia yang membuat penderitanya sensitif akan sinar matahari. Seperti yang kita ketahui, setiap manusia membutuhkan setidaknya vitamin D dari sinar matahari untuk Kesehatan.

Namun, terdapat sekitar 1 juta orang yang mengalami Xeroderma Pigmentosum (XP) dan membuat mereka harus terlindungi dari sinar matahari. Jika mereka terkena sinar ini, maka mereka akan mengalami sunburn ekstrem atau kerusakan kulit ynag parah.

Xeroderma Pigmentosum merupakan salah satu jenis gangguan yang dikenal sebagai porfiria. Kondisi ini disebabkan oleh mutase enzim langka dan membuat kulit tidak dapat memulihkan dirinya sendiri karena terpapar sinar UV. Hal ini menyebabkan penderitanya layak vampire yang tidak dapat terkena sinar matahari bahkan beresiko terkena kanker kulit.

4. Cotard’s Delusion

Cotard’s Delusion adalah salah sati gangguan mental terlangka dimana setiap penderitanya dapat meyakini dirinya bahwa ia adalah seorang zombie. Sindrom Mayat Berjalan ini membuat penderitanya yakin bahwa mereka sudah mati, namun dapat hidup kembali akrena alasannya yang tidak masuk akal.

Biasanya, alasan-alasan yang dikeluarkan oleh penderita Cotard’s delusion ini adalah, ia merasa semua darah dalam tubuhnya terkuras habis, rohnya diambil setan, atau bahkan organ tubuhnya sudah diambil.

Tidak jarang dari pengidap sindrom ini mengklaim dapat mencium dagingnya sendiri yang membusuk atau merasakan ada belatung merayap dikulitnya. Diduga, Cotard’s delusion muncul karena adanya gangguan di area otak yang bekerja sebagai pengela dan penghubung emosi dengan wajah, termasuk wajah mereka sendiri.

5. Alien Hand

Sindrom tangan alien merupakan sebuah penyakit terlangka yang mampu membuat penderitanya tidak dapat menggerakan tangannya sendiri. Sindrom ini dapat membuat tangan memiliki kehidupan sendiri di luar tubuh induknya.

Para peneliti mempercayai bahwa sindrom ini adalah efek samping dari operasi otak atau pemisahan fungsi area lobus otak. Selain itu, sindrom ini juga dipercaya dapat terjadi karena adanya cedera otak.

Sayangnya, sindrom tangan alien ini tidak memiliki penangkal. Namun pengidap dapat diberikan sesuatu untuk selalu digenggap oleh tangan untuk membuatnya berhenti bergerak sementara waktu.

Nah, itulah 5 penyaki terlangka di dunia yang dapat menambah wawasan kamu. Semoga ulasan kami dapat bermanfaat dan selamat membaca!

Tag : #penyakit    #terlangka    #kesehatan    #teraneh    #pengobatan    #zombie   

Baca Juga