Ilustrasi Buah dengan Protein Tertinggi (Foto:peopletalkpeople.com)

7 Buah dengan Protein Tertinggi yang Baik untuk Kekebalan Tubuh

Ester | Kesehatan | 03-10-2022

PARBOABOA – Protein adalah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk tubuh manusia. Protein bekerja sebagian senyawa yang menghasilkan enzim dan hormon, memperbaiki sel, meningkatkan kekebalan tubuh, dan lain sebagainya.

Hal itu tentu menjadi alasan kuat mengapa senyawa yang satu ini sangat diperlukan di dalam tubuh manusia. Meski demikian, kebutuhan jumlah protein setiap orang berbeda-beda tergantung usia hingga jenis kelaminnya.

Namun, protein tetap menjadi salah satu kandungan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah banyak. Untuk itu, setiap orang diharapkan dapat mengonsumsi makanan-makanan dengan kadar protein yang tinggi.

Untuk mendapatkan asupan protein, kamu dapat mengambilnya dari buah-buahan yang dikenal dengan protein tingginya.

Seperti yang kita ketahui, ada banyak buah yang memiliki protein tertinggi saat ini. Apa sajakah itu? Berikut kami berikan rekomendasi buah dengan protein tertinggi untuk kamu konsumsi setiap harinya guna memenuhi asupan harian kamu.

1. Jambu Biji

Buah pertama yang dikenal dengan kadar protein tertingginya adalah jambu biji. Selain dikenal dengan kandungan kolagen dan vitamin C nya, ternyata jambu biji juga kaya akan protein. Kandungan protein dalam buah ini dapat menyediakan energi bagi tubuh selama beraktivitas.

Selain itu, terdapat pula kandungan serat yang mampu membuat perut kenyang lebih lama dan kandungan kalsium dan fosfor untuk menjaga kesehatan tulang.

2. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah dengan kandungan protein tertinggi. Buah yang satu ini memiliki 0,9 gram protein per 100 gram alpukat. Kandungan protein ini dapat digunakan oleh tubuh untuk memperbaiki jaringan tulang dan membangun otot tubuh.

Selain protein tinggi, alpukat juga memiliki nutrisi lainnya seperti vitamin B3 untuk menjaga kesehatan sel saraf, natrium untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh, serta kalium yang mampu mencegah kenaikan tekanan darah.

3. Nangka

Buah dengan protein tertinggi selanjutnya adalah nangka. Buah yang satu ini dikenal memiliki kandungan protein sebanyak 1,2 gram per 100 gram nangka. Protein dalam nangka ini mampu memperbaiki sel layaknya fungsi protein pada umumnya, serta mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Tidak hanya protein tinggi, nangka juga mengandung banyak nutrisi lainnya seperti kalium, zing, vitamin C, betakaroten, dan tembaga yang mampu mendukung produksi sel darah merah.

4. Kiwi

Selanjutnya adalah Kiwi. Dikenal dengan salah satu buah protein tertinggi, kiwi mampu menjadi asupan yang baik saat tubuh melakukan aktivitas enzimatik, kekebalan tubuh, pensinyalan sel, dan kontraksi otot.

Kiwi juga mengandung nutrisi lainnya seperti zat besi yang dapat memproduksi sel darah merah, vitamin K untuk membantu proses pembekuan darah pada luka, serta kalsium yang baik untuk kepadatan tulang.

5. Melon

Buah dengan kandungan protein tertinggi selanjutnya adalah melon. Melon memiliki kandungan protein 06, gram per 100 gramnnya. Selain proteinnya yang tinggi, melon juga memiliki kandungan nutrisi lainnya yang baik untuk tubuh.

Beberapa diantaranya adalah kalium, kalsium, fosfor, dan juga serat. Tidak heran mengapa banyak orang cukup sering mengonsumsi melon saat menjalani proses diet.

6. Aprikot

Pernahkah kamu mendengar buah aprikot? Aprikot adalah salah satu buah dengan kandungan protein tertinggi yang mampu menyediakan hampur 2,2 gram protein per irisan buahnya. Meski kadar proteinnya tinggi, aprikot memiliki kalori rendah dan cocok dikonsumsi saat menjalani program diet.

Selain kaya akan protein, aprikot juga memiliki nutrisi lainnya seperti vitamin A, Vitamin C, vitamin E, kalium, seng dan lain sebagainya.

7. Pisang

Pisang merupakan salah satu buah dengan protein tertinggi. Di dalam pisang terdapat 1,6 gram yang baik sekali untuk tubuh. Selain itu, pisang juga memiliki nutrisi lain seperti vitamin B6, vitamin C, karbohidrat kompleks, serta potasium.

Lewat banyaknya kandungan tersebut, pisang diketahui sangat baik untuk menjaga sistem kardiovaskular dan memelihara saraf.

Nah, itulah 7 buah dengan protein tertinggi yang baik untuk tubuh. Semoga ulasan kami dapat bermanfaat untuk kamu dan selamat mencoba!

Tag : #buah    #protein    #kesehatan    #nutrisi    #jambu biji    #melon    #pisang    #kiwi   

Baca Juga