Manfaat kunyit (SHUTTERSTOCK/NATTHAPOL SIRIDECH)

7 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh

Martha | Kesehatan | 30-12-2021

PARBOABOA - Kunyit merupakan rempah-rempah serta menjadi obat tradisional asli dari Asia Tenggara. Kunyit biasanya digunakan sebagai bumbu dapur dan pewarna alami disetiap makanan.

Aroma, rasa dan warna yang dihasilkan dari kunyit dapat memberikan keunikan cita rasa pada berbagai makanan.

Ternyata kandungan yang terdapat dalam kunyit ada kurkumin kimiawi yang bermanfaat mengurangi penyakit seperti sakit maag, radang usus, meredakan stres, dan gangguan kesehatan lainnya.

Dari pada makin penasaran yuk simak 7 manfaat kunyit dibawah ini.

1. Senyawa antiinflamasi

Manfaat yang pertama adalah kunyit memiliki sifat antiinflamasi yang kuat. Kurkumin dalam kunyit merupakan zat bioaktif yang melawan peradangan.

Jika kalian mengabaikan peradangan bisa menjadi masalah kronis yang menyerang jaringan tubuh jadi harus ditangani dengan cepat.

2. Meningkatkan antioksidan

Antioksidan yang ada pada kunyit dapat menetralkan radikal bebas karena struktur kimia yang dimilikinya.

3. Menurunkan risiko penyakit jantung

Manfaat utama yang ada didalam kunyit ternyata dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan meningkatkan fungsi endotelium yang merupakan lapisan pembuluh darah.

4. Mencegah kanker

Kunyit juga bermanfaat dalam pengobatan kanker yang dapat mempengaruhi pertumbuhan, perkembangan, dan penyebaran kanker pada tingkat molekuler.

5. Meningkatkan fungsi otak

Kunyit mampu meningkatkan kadar hormon pertumbuhan yang berfungsi di otak sehingga efektif untuk meningkatkan fungsi otak dan menurunkan risiko penyakit otak. Selain itu, kunyit juga dapat meningkatkan memori hingga meningkatkan kecerdasan.

6. Mencegah penyakit Alzheimer

Peradangan kerusakan oksidatif berperan dalam penyakit Alzheimer, dan kurkumin dapat mengatasi keduanya.

Selain itu kurkumin mampu membantu membersihkan penumpukan protein atau plak amiloid yang merupakan ciri utama Alzheimer.

7. Merangsang cairan empedu

Zat kurkumin dapat merangsang dinding kantong empedu untuk mengeluarkan empedu sehingga pencernaan lebih baik. Namun, konsumsi berlebih dapat menyebabkan kekosongan kantong empedu.

Ternyata manfaat dari mengonsumsi kunyit juga banyak, jadi bagi kalian sering-seringlah mengonsumsi kunyit agar kesehatan tubuh kita terjaga. Itulah beberapa manfaat dari kunyit, semoga bermanfaat!

Tag : #kunyit    #rempah    #obat    #kesehatan   

Baca Juga