Manfaat Air Hangat Untuk Tubuh (Dok:Lifestyle Okezone)

7 Manfaat Minum Air Hangat Yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Ester | Kesehatan | 02-06-2022

PARBOABOA – Siapa sangka jika air hangat biasa memiliki manfaat yang melimpah untuk tubuh. Di bawah ini Parboaboa sudah merangkum 7 manfaat minum air hangat untuk tubuh yang jarang diketahui oleh banyak orang.

Bagi sebagian orang, air putih hanyalah air biasa yang umum kita konsumsi saat merasa haus. Padahal peran air putih sangat penting di dalam tubuh kita.

Kemenkes RI mengatakan, kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda. Untuk orang dewasa, mengonsumsi air putih yang baik setiap harinya adalah delapan gelas per hari dengan ukuran gelas 230 ml atau 2 Liter per harinya.

Untuk itu, kita dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan caira di dalam tubuh kita untuk menghindari gejala dehidrasi.

Tidak hanya dari minuman yang kita minum, namun makanan yang kita makan juga dapat memberi asupan cairan tambahan di dalam tubuh kita sekitar 20%. Cairan tersebut berasal dari beberapa makanan utama seperti buah dan sayur, misalnya bayam, semangka, rambutan yang memang mengandung kadar air yang banyak.

Namun, kebanyakan orang percaya bahwa akan lebih bermanfaat lagi jika kita mengonsumsi air minum dalam kondisi hangat. Mengapa demikian?

Menurut The Health Site, Dr Gowthaman, Ayurvedacharya dan CEO rVita, meminum air hangat setelah makan akan sangat baik untuk kesehatan dibandingkan dengan minum air dingin. Apa sajakah manfaat tersebut? Berikut kami berikan ulasannya.

Manfaat Air Hangat untuk Tubuh

1. Membersihkan Saluran Pencernaan

Minum air hangat di pagi hari ternyata mampu membersihkan saluran pencernaan. Secara ilmiah, tubuh mampu mengeluarkan racun dengan sendirinya pada malam hari. Racun-racun tersebut dapat dikelaurkan dalam bentuk keringat.

Namun, dengan bantuan air hangat di pagi hari sisa-sisa racun yang tertinggi di malam hari dapat dibatn keluar. Sehingga, tubuh akan lebih segar dan benar-benar bersih di pagi hari.

2. Mampu Mengatasi Sembelit

Seperti yang kita ketahui, jika kita kekurangan cairan di dalam tubuh, tubuh kita akan mengalami dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti sembelit atau konstipasi. Untuk itu, dengan meminum air hangat secara tuin terlebih di pagi hari, kondisi tersebut dapat diatasi.

Hal itu dikarenakan, air putih hangat dapat membuat konsentrasi tinja lebih lunak dan membantu pergerakan usus. Jadi tinja akan lebih mudah untuk dikeluarkan. Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi air hangat dipagi hari untuk meningkatkan Kesehatan.

3. Mengatasi Nyeri

Manfaat air hangat selanjutnya adalah dapat meredakan nyeri saat sedang datang bulan. Air hangat juga dipercaya dapat meringankan sakit kepala jika dikonsumsi dengan rutin.

Selain kedua hal itu, manfaat minum air putih hangat juga adalah dapat meredakan kram otot. Sebab, air hangat mampu merelaksasikan oto dan mengurangi rasa sakit di dalam otot.

4. Menurunkan Berat Badan

Untuk kamu yang sedang menjalani program diet, penting sekali program dietmu disertai dengan mengonsumsi air putih hangat untuk membantu proses menurunkan berat badan. Air hangat dapat membantu penyerapan nutrisi di dalam tubuh lebih baik dan menjaga tubuh untuk kenyang lebih lama.

5. Mencegah Penuaan Dini

Salah satu manfaat air hangat sebelum tidur yang paling terkenal adalah dapat mencegah penuuan dini. Air hangat dipercaya dapat menjaga keelatisitas sel kulit wajah. Hal ini tentu berpengaruh pada proses anti aging di dalam kulit.

6. Meringankan Gejala Stress

Manfaat air hangat selanjutnya adalah mampu meringankan gejala stress. Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, air hangat dapat merelaksasikan otot tubuh atau bagian tubuh lainnya. Hal itu berlaku juga untuk merelaksasikan otot syaraf.

7. Meredakan Flu dan Batuk

Manfaat air hangat yang umum diketahui banyak orang saat ini adalah dapat meredaan flu dan batuk. Sebab, air hangat dipercaya mampu membantu hidung dan tenggorokan lebih lega lagi. Tentu hal itu membuat tidur atau kondisi tubuh kita lebih nyaman.

Nah, itulah 7 manfaat minum air hangat yang jarang diketahui banyak orang. Pastikan kalian meminum air hangat dengan suhu yang pas yaitu 54-71 derajat Celcius. Semoga ulasan kami dapat membantu dan selamat mencoba!

Tag : #air hangat    #manfaat air hangat    #kesehatan    #air putih    #kemenkes ri   

Baca Juga