Self Healing (Bincangkata)

Apa Artinya Self Healing? Berikut Penjelasannya

Sarah | Kesehatan | 23-06-2022

PARBOABOA - Jika belakangan ini kamu sering merasa lelah karena kesehatan mental yang semakin buruk, self healing adalah solusi yang paling tepat. Self healing merupakan suatu penyembuhan luka diri, luka batin maupun mental yang diakibatkan oleh berbagai hal.

Self healing menjadi salah satu hal yang sangat populer dan ramai diperbincangkan oleh para muda mudi. Terutama bagi mereka yang mengalami putus cinta, hehe.

Lalu sebenarnya, apa artinya self healing? Bagaimana self healing terbaik yang dapat dilakukan? Bingung yah? Berikut penjelasannya!

Arti Self Healing

Self healing artinya suatu proses yang hanya melibatkan diri kamu sendiri untuk memulihkan luka batin ataupun kesehatan mental buruk yang sedang kamu alami.

Tujuan dari self healing adalah agar kamu lebih memahami dirimu sendiri, menerima ketidaksempurnaan, dan menciptakan pikiran positif dari kejadian yang kamu alami.

Keberhasilan proses self healing nantinya akan membawa kamu menjadi pribadi yang lebih kuat saat menghadapi berbagai rintangan, kegagalan, dan trauma di masa lampau.

Alasan Melakukan Self Healing

Setelah mengetahui arti dari self healing, kini saatnya kamu mengetahui alasan-alasan mengapa seseorang perlu melakukan self healing. Berikut alasannya.

1. Menjaga Kesehatan Mental dan Fisik

Self healing dilakukan untuk menjaga kesehatan mental dan kesehatan fisik yang lebih baik. Salah satunya adalah berolahraga. Dengan berolahraga secara teratur maka akan membuat diri kamu secara tidak langsung memperoleh manfaat bagi kesehatan fisik.

2. Mampu Mengendalikan Pikiran dan Emosi          

Pada dasarnya menahan stress, trauma, dan tekanan tidaklah baik untuk tubuh karena akan mengakibatkan emosi yang tidak stabil. Hal ini akan berdampak negatif pada sistem kekebalan tubuh yang berguna untuk menjaga keseimbangan dan kesehatan tubuh.

Maka dari itu, melalui self healing, kita akan belajar untuk lebih mengontrol diri, pikiran dan emosi agar terhindar dari segala macam kecemasan serta luka batin.

Caranya dengan mengubah pola pikir dan terapkan perasaan positif, lebih bersyukur serta fokus untuk mencapai mimpi.

3. Tidak Sulit untuk Dilakukan

Proses self healing sebetulnya tidaklah sulit untuk dilakukan. Hal yang paling penting adalah kemauan dalam diri kamu untuk lepas dari segala tekanan dan perasaan sedih yang menghantui.

Terdapat beberapa contoh self healing yang bisa kamu lakukan, seperti berdialog dengan diri sendiri, membuat jarak fisik sejenak, biarkan emosi negatif mengalir, dan lain sebagainya.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan berbagai kegiatan positif seperti mendengarkan membaca buku, mendengarkan musik, travelling, dan banyak lagi.

Rekomendasi Buku Self Healing

1.Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat - Mark Manson

Buat kamu yang mudah overthinking, merasa cemas, dan merasa takut, maka kamu perlu baca buku yang ditulis oleh Mark Manson ini.

Buku ini akan mengajari kamu bagaimana cara untuk bersikap bodo amat dalam menentukan apa yang tidak perlu kamu pedulikan. Mark Manson juga mengangkat fenomena-fenomena zaman kini yang bikin kamu makin merasa relate. Ia memberikan banyak tips untuk mendapatkan kebahagiaan dan hidup yang lebih baik.

2. Merawat Luka Batin - Dr. Jiemi Ardian

Luka batin bisa hadir tanpa kita sadari. Layaknya luka fisik, batin yang terluka juga harus dirawat dan disembuhkan, loh! Namun, banyak yang tidak tahu bagaimana cara merawat luka batin. Salah satu caranya adalah dengan memiliki pola pikir yang tepat.

Buku yang ditulis oleh Dr. Jiemi Ardian ini mengajak kmau lebih mengenal depresi dan gangguan jiwa lainnya. Beliau membahas lengkap mengenai depresi, baik dari definisi, penyebab, dampak, hingga penyembuhan.

Buku ini juga menyinggung mitos-mitos tentang gangguan jiwa yang masih banyak dipercayai masyarakat. Lebih lanjut, kita akan diajak untuk ikut menghadapi isu ini. Buku ini perlu dibaca oleh siapa saja, terutama bagi mereka yang ingin lebih mengetahui penjelasan tentang depresi, mereka yang ingin mendampingi orang dengan depresi, atau para penyintas depresi.

3. Berani Tidak Disukai - Ichiro Kisimi & Fumitake Koga

Terlalu memikirkan kata orang lain hingga membuat kamu tidak percaya diri? Buku ini sangat cocok buat kamu. Buku ini akan mengajari kamu cara menentukan arah hidup, bebas dari belenggu trauma masa lalu, dan beban ekspektasi orang lain.

Ada banyak pelajaran penting yang akan kamu terima dari buku ini. Seperti, memaafkan diri sendiri dan menyingkirkan hal-hal yang tidak penting dari pikiran.

Nah, itulah seputar penjelasan mengenai arti self healing hingga alasan untuk melakukannya. Bagi kamu yang sedang sedih atau stres, segera lakukan self healing guna menghindari berbagai masalah kesehatan.

Tag : #self healing    #penyembuhan diri    #kesehatan    #psikologi    #liburan    #rekomendasi buku self healing   

Baca Juga