Arti Kedutan Kelopak Mata Kanan Atas dan Penjelasan Medisnya (Dok.wolipop)

Arti Kedutan Kelopak Mata Kanan Atas dan Penjelasan Medisnya

Juni | Kesehatan | 01-07-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Banyak orang mungkin sering mengalami kedutan kelopak mata kanan atas. Di Indonesia, sebagian orang mempercayai primbon atau mitos bahwa kedutan merupakan pertanda seseorang akan mengalami kebahagiaan atau mendapatkan rezeki di masa yang akan datang.

Kedutan mata kanan atas terus menerus tentu akan sangat mengganggu. Secara medis, istilah kedutan disebut sebagai lid myokymia atau kejang-kejang yang terjadi diluar kendali kita.

Namun, Anda juga tak perlu khawatir, karena hal tersebut bukanlah sesuatu yang berbahaya.

Lalu, sebenarnya apa arti kedutan kelopak mata kanan atas? Dan bagaimana penjelasan medisnya? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Arti Kedutan Kelopak Mata Kanan Atas Menurut Medis

Secara medis, kedutan sudut mata kanan atas merupakan sebuah kejang di otot kelopak mata yang tidak dapat terkontrol arau repetitif. Kedutan dapat hilang dengan sendirinya dalam hitungan menit.

Layaknya kedutan di are tubuh yang lainnya, kedutan pada kelopak mata kanan atas juga tidak dapat diprediksi. Kedutan bisa saja terjadi berulang-ulang dalam seminggu atau bahkan berbulan-bulan.

Umumnya, kedutan mata kanan tidak menimbulkan rasa sakit dan juga tidak berbahaya, namun bisa saja terasa mengganggu. Kedutan juga cenderung tidak berkembang menjadi suatu kelainan pergerakan lainnya atau dikelompokkan sebagai penyakit saraf.

Penyebab Kedutan Kelopak Mata Kanan Atas Menurut Medis

Tahukah kamu bahwa kedutan pada mata dapat terjadi tanpa alasan yang jelas. Diketahui bahwa pada umumnya tidak ada tanda kedutan kelopak mata kanan atas. Namun, berikut ini dijelaskan beberapa hal yang dapat memicu kedutan menjadi semakin buruk, antara lain:

1. Stres

Beberapa kebiasaan buruk seperti stres dan kurang tidur dapat menjadi pemicu semakin parahnya kedutan pada mata. Untuk mengatasinya, kamu dapat mencoba metode relaksasi seperti yoga yang dapat membantu mengelola stres dan memperbaiki kualitas tidur.

2. Mata Kering

Kondisi ini sering terjadi pada orang berusia diatas 50 tahun. Kondisi mata kering juga menjadi pemicu terjadinya mata berkedut. Jika kamu mengalaminya, maka sebaiknya kamu menjalani pemeriksaan mata agar dokter bisa mengevaluasi dan memberikan penanganan yang tepat.

3. Ketegangan Mata

Orang yang menghabiskan sebagian besar waktunya di depan layar kerap mengalami ketegangan mata, yang akhirnya menyebabkan kelopak mata berkedut.

Untuk mencegahnya, kamu dapat mengikuti aturan 20-20-20 yang berarti setiap 20 menit waktu layar, alihkan pandangan ke objek yang berjarak 20 meter selama 20 detik.

4. Pola Makan yang Buruk

Kekurangan asupan nutrisi penting seperti magnesium dapat menyebabkan kejang kelopak mata. Tak hanya itu, kebiasaan minum kafein dalam jumlah yang berlebihan juga bisa menyebabkan kelopak mata berkedut.

Itulah informasi seputar kedutan kelopak mata kanan atas. Jika kamu mengalami kedutan terus menerus dalam jangka waktu yang panjang, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter ya.

Tag : #mata    #primbon    #kesehatan    #arti kedutan mata    #penyebab kedutan mata   

Baca Juga