Ilustrasi Jenis buah-buahan (sunflowords.com)

Berikut Buah yang Dianjurkan dan Baik Dikonsumsi Saat Sahur dan Berbuka Puasa

Dimas | Kesehatan | 05-04-2022

PARBOABOA -Tak sedikit orang yang mengalami rasa lemas pada tubuh saat menjalani ibadah puasa. Salah satu penyebab lemas saat puasa, bisa jadi karena kurang menjaga asupan makanan sehat, seperti buah-buahan.

Perlu Kamu ketahui, selain rasa yang enak dan lezat, buah-buahan juga tawarkan banyak manfaat bagi tubuh saat berpuasa, seperti membantu menjaga tubuh agar tetap terhidrasi, merasa kenyang lebih lama, membantu menjaga kebugaran tubuh serta mampu menjaga stamina.

Maka dari itu, berikut ini merupakan buah yang dianjurkan dan baik dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa.

Buah yang dianjurkan saat sahur

Pisang

Rekomendasi buah pertama adalah pisang. Dilansir dari laman halodoc.com, buah ini bisa menjadi alternatif bagi kamu yang memiliki riwayat penyakit maag namun tetap ingin berpuasa.

Pisang juga diketahui memiliki kandungan kalori dan karbohidrat yang cukup banyak. Hal tersebut tentunya akan sangat membantu Kamu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama berpuasa.

Apel

Apel konon merupakan buah yang kaya serat. Maka, bila kamu mengonsumsi buah ini, rasa lapar bisa ditekan. Vitamin di dalam apel pun dikatakan dapat mengontrol kadar kolesterol di dalam darah.

Mangga

Hampir mirip dengan apel, buah mangga adalah buah yang kaya serat dan vitamin. Di samping itu, mangga juga memiliki rasa yang enak dan pastinya cocok dijadikan sumber energi tambahan selama berpuasa.

Pepaya

Alasan pepaya dianjurkan untuk dikonsumsi, karena pepaya memiliki serat dan vitamin yang berguna untuk melancarkan sistem pencernaan pada tubuh.

Alpukat

Alpukat merupakan Salah satu buah yang terkenal memiliki serat dan kandungan lemak yang mampu stabilkan kolesterol. Selain itu, alpukat sendiri bisa diolah menjadi banyak minuman yang bisa disantap saat sahur.

Buah yang Dianjurkan Saat Buka Puasa

Kurma

Kurma adalah kudapan yang disunahkan Agama Islam ketika berbuka puasa. Dan setelah diteliti, ternyata kurma juga memiliki kandungan gula di dalamnya yang mudah dicerna oleh tubuh.

Anggur

Anggur memiliki kadar gula dan serat yang baik. Cocok dimakan untuk mempersiapkan sistem organ pencernaan sebelum kamu menyantap makanan lain.

Semangka

Semangka memiliki kandungan air dan elektrolit di atas 90 persen. Maka dari itu, setelah mengonsumsi buah semangka tubuh akan menjadi lebih segar

Tak ayal, jika semangka menjadi makanan ideal bagi kamu untuk berbuka puasa.

Buah Naga

Kandungan vitamin A dan C di dalamnya, cocok untuk penuhi pasokan vitamin dan nutrisi tubuh setelah seharian berpuasa.

Selain baik dimakan saat buka, ia juga dapat dikonsumsi sebagai makanan untuk sahur.

Pisang

Melansir buku Jus Buah & Sahur Peningkat Daya Tahan Tubuh (2020) dari Tuti Soenardi, buah pisang mengandung kadar gula yang cepat diserap tubuh untuk menjadi sumber tenaga. Pisang juga sumber kalium yang sangat penting untuk menjaga fungsi sel di dalam tubuh. Khasiat ini bermanfaat dalam menjaga kesehatan fungsi otot dan saraf.

Tak hanya itu, pisang juga kaya akan vitamin B6, kalsium, folat, zat besi, seng, dan serat pektin yang dapat membantu tubuh melakukan proses detoksifikasi.

Tak heran, bila ia sangat direkomendasikan menjadi makanan pendamping saat buka puasa dan sahur.

Itulah seputar informasi yang bisa kamu dapatkan terkait buah-buahan yang dianjurkan dan baik dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa.

Tag : #buah    #berpuasa    #kesehatan    #ramadhan    #sahur    #berbuka puasa   

Baca Juga