Krim Temulawak salah satu produk kecantikan yang terbukti mengandung merkuri

BPOM Rilis Daftar Produk Kosmetik Mengandung Merkuri, Cek Selengkapnya

rini | Kesehatan | 19-11-2021

PARBOABOA, Jakarta - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Indonesia kembali mengeluarkan daftar produk kosmetik yang terbukti mengandung merkuri.

Merkuri merupakan senyawa kimia yang dilarang penggunaannya dalam produk kecantikan, namun masih banyak produsen yang sengaja menambahkan zat kimia tersebut ke dalam produknya.

Merkuri dijadikan sebagai salah satu bahan untuk memutihkan kulit karena mampu menghambat pembentukan melanin, sehingga bisa membuat kulit tampak lebih cerah dalam waktu singkat. Hasilnya memang instan, namun dampaknya bagi kesehatan tidak bisa disepelekan.

Cara paling mudah untuk mengetahui sebuah produk mengandung merkuri atau tidak, dapat dilakukan dengan pengecekan nomor BPOM.

Karena di Indonesia produk kecantikan bermerkuri dilarang peredarannya, biasanya produk yang mengandung zat tersebut tidak terdaftar di BPOM. Namun untuk memastikan kandungan merkuri dalam sebuah produk kecantikan memang memerlukan hasil uji lab yang valid.

Masyarakat perlu meningkatkan kehati-hatian saat membeli produk kecantikan, agar jangan sampai tidak sengaja menggunakan produk mengandung zat berbahaya tersebut.

Melalui unggahan Instagram di akun @bpom_ri, Bpom melakukan pemetaan data kerawanan kejahatan produk kosmetika bermerkuri di Indonesia. Pemetaan tersebut dilakukan melalui beberapa tahapan yakni mengidentifikasi nama produk kosmetika yang mengandung merkuri berdasarkan Public Warning BPOM tahun 2003 – 2020 serta data Sistem Informasi Pelaporan Terpadu (SIPT) 2.0 BPOM tahun 2017 – 2019.

Setelah itu dilakukan identifikasi produk kosmetika yang mengandung merkuri pada data kerawanan kejahatan yang dilaporkan oleh Balai Besar/Balai/Loka POM pada periode 1 Januari 2018 – 15 September 2020 dan diperoleh beberapa produk kosmetika mengandung merkuri yang paling banyak beredar di Indonesia.

Berikut daftar produk kosmetik bermerkuri di Indonesia menurut rilis BPOM:

1. Temulawak New Day & Night Cream; Beauty Whitening Cream – Night

2. Natural 99 Vitamin E

3. HN

4. SP Special UV Whitening Cream

5. Pemutih Dokter**

6. Diamond Cream

7. Ling Zhi Vitamin E

8. Night Cream SJ Sin Jung

9. Tabitha Daily Cream & Nightly Cream

Tag : gaya hidup sehat, produk bermerkuri, merkuri, produk bermerkuri, bpom, kesehatan

Berita Terkait